Jumat, 30 November 2012

RUMUS MENGHITUNG XIU HARI INI FORMULA TO DEFINE TODAY'S XIU


RUMUS MENGHITUNG XIU HARI INI
FORMULA TO DEFINE TODAY'S XIU

Bilingual edition

Ivan Taniputera
1 Desember 2012

Perhitungan Xiu dipergunakan menghitung hari baik dan buruk. Xiu yang berjumlah 28 itu sebenarnya adalah konstelasi-konstelasi bintang. Menurut almanak Tionghoa, masing-masing hari memiliki xiu-nya sendiri-sendiri. Kita dapat mengetahui Xiu dengan melihat pada almanak atau Tongshu. Meskipun demikian, jika tak mempunyai almanak, kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

Xiu calculation is one method to define good and bad days according to Chinese tradition. The 28 Xiu is actually star constelations. According to Chinese calendar system, each day has its own xiu. We can know the today's Xiu from traditional Chinese almanac or Tongshu. But, I have composed the following formula to define today's Xiu, so if we don't have traditional Chinese almanac, we still can use this formula.


Caranya tidaklah sulit, tetapi harus menghitung dengan teliti. Patokannya adalah tanggal 1 Januari 2010. Hitung ada berapa hari hingga sehari sebelum tanggal yang dimaksud, dan tambahkan dua. Bagi hasilnya dengan 28, dan sisanya adalah xiu hari tersebut.

The formula is not difficult, but you should do the calculation carefully to avoid any mistakes.  Count how many day elapsed between January 1st, 2010 and one day before the calculated day. Add two days. The result should be divided by 28. The rest is Xiu belongs to that day.

1.角 (Jiăo, Hokkian (H): Kak)
2.亢 (Kàng, H: Kong)
3.氐 (Dĭ H: Tie)
4.房 (Fáng, H: Pong)
5.心 (Xīn, H: Sim)
6.尾 (Wěi, H: Bhie)
7.箕 (Jī, H: Kie)
8.斗 (Dǒu, H; Tauw)
9.牛 (Niú, H: Goe)
10.女 (Nǚ, H: Lie)
11.虛 (Xū, H: Hie)
12.危 (Wēi, H: Gwi)
13.室 (Shì, H: Sit)
14.壁 (Bì, H: Pek)
15.奎 (Kuí, H: Ke)
16.婁 (Lóu, H: Lo)
17.胃 (Wèi, H: Whi)
18.昴 (Mǎo, H: Bauw)
19.畢 (Bì, H: Pit)
20.觜 (Zī, H: Tjoeij)
21.參 (Shēn, H: Som)
22.井 (Jǐng, H: Tjeng)
23.鬼 (Guǐ, H: Koei)
24.柳 (Liǔ, H: Lioe)
25.星 (Xīng, H: Seng)
26.張 (Zhāng, H: Tiang atau Thio)
27.翼 (Yì, H: Ek)
28.軫 (Zhěn, H: Tjin)

 
Sebagai contoh, hari ini tanggal 2 November 2012. Berarti dari tanggal 1 Januari 2010 hingga tanggal 1 November 2012 telah ada 1036 hari, ditambah dua menjadi 1038. Lalu 1038 dibagi 28 hasilnya 37 sisa 2. Maka Xiu hari ini adalah xiu no-2, yakni Kang.

For exampe, today is November 2nd, 2012. It means that between January 1st, 2010 and November 1st, 2012 there are 1036 days, plus 2, equals 1038. We divide 1038 by 28, equals 37 and the rest is 2. It means that today's Xiiu is the Xiu number 2 (Kang).
 
Hitungnya adalah sebagai berikut, tahun 2010 ada 365 hari, 2011 ada 365 hari, 2012 hingga 1 November 2012 ada 306 hari. Kalau dijumlah adalah 1036. Ingat 2012 adalah kabisat. Cukup mudah bukan?

The calculation is as following. Year 2010 has 365 days, 2011 has 365 days, 2012 until November 1st 2012 there are 306 days; totally 1036 days. Remember 2012 is leap year. It is quite easy, isn't it?


http://www.facebook.com/notes/ivan-taniputera/rumus-menghitung-xiu-hari-ini-formula-to-define-todays-xiu/10151338783921942

Hikayat dan Riwayat Y.M. Tianshang Shengmu (天上聖母)

Hikayat dan Riwayat Y.M. Tianshang Shengmu (天上聖母)

Ivan Taniputera
30 November 2012




Saya baru saja mendapatkan buku yang sangat bagus mengenai hikayat dan riwayat Y.M. Tianshang Shengmu. Buku dikeluarkan oleh Tempat Ibadah Seng Bo Kiong, Bitung. Hanya saja tanpa nama pengarang dan juga tanpa angka tahun. Meskipun demikian, pada halaman 7, disebutkan bahwa penyuntingnya bernama Liu Bing, yang dilakukan di ruang baca Haishan, Oktober, 1999. Buku ini berjumlah 162 halaman.

SILSILAH Y.M. TIANSHANG SHENGMU

Pada halaman 3 dituturkan mengenai silsilah Y.M. Tianshang Shengmu yang memiliki nama kecil Lin Mo. Leluhur Beliau adalah seorang tokoh bernama Lin Yun, yang lulus ujian negara pada tahun Zhenyuan ke-4 (788), yakni semasa pemerintahan Dinasti Tang. Lin Yun pertama kali menjabat sebagai juru tulis dan kemudian dipindah-tugaskan ke departemen Libu yang mengurusi masalah ritual, pendidikan, dan kebudayaan). Beliau kemudian diserahi jabatan sebagai Cishi (kepala daerah tingkat 1). Putera ketiga Lin Yun bernama Lin Yuan, menjabat sebagai jijiu (direktur protokoler), yang dinaungi oleh Guozijian (lembaga pendidikan sekolah). Putera ketiga Lin Yuan bernama Lin Yu, hidup pada masa Lima Kerajaan (907-960), dan menjabat sebagai  walilkota di Fujian.  Lin Yu memiliki putera bernama Baoji, yang menjabat sebagai komandan tentara kerajaan pada tahun Xiande ke-1 (954). Lin Fu, putera Baoji menjabat sebagai zongguan (sekretaris daerah) di Fujian. Lin Weique, putera Linfu menjawab sebagai xunjian, hingga awal dinasti Song. Lin Weique menikah dengan seorang wanita bermarga Wang dan melahirkan Lin Mo, pada tanggal 23 bulan 3, tahun 960. Dengan demikian silsilah Beliau dapat diringkaskan sebagai berikut:

(1)Lin Yun==>(2)Lin Yuan==>L(3)Lin Yu==>(4)Baoji==>(5)Lin Fu==>(6)Lin Weique==>(7)Lin Mo.

Dengan demikian, Lin Mo merupakan generasi ketujuh dari Lin Yun.

KELAHIRAN MAZU TIANSHANG SHENGMU

Dituturkan di halaman 1-4.

Beliau dilahirkan dalam nuansa yang penuh keajaiban pada tanggal 23 bulan 3 (penanggalan lunar), tahun Jian long pertama (960), semasa pemerintahan dinasti Song. Ayah Beliau, Lin Weique, merupakan petugas patroli laut. Karena semenjak dilahirkan hingga genap satu bulan tidak pernah menangis, maka Beliau lalu dinamai Mo, yang berarti "diam." Nama kecil Beliau adalah Moniang atau Mozhi.
Konon, sebelum Beliau dilahirkan, terdapat siluman-siluman laut yang mengganas di bawah pimpinan Yangong. Dua orang anak buah siluman itu yang terutama adalah Mata Seribu Li dan Telinga Seribu Li. Siluman-siluman ini menyengsarakan penduduk di sekitar Teluk Meizhou. Para penduduk tidak dapat berbuat apa-apa, selain berdoa minta pertolongan Langit.  Dewa Gunung Jinguishan melaporkan perihal keganasan siluman itu pada Kaisar Pualam melalui perantaraan Dewa Bumi (Tudigong). Guanyin (觀音) Busa lantas menitahkan agar siswanya bernama Putri Naga (龍女 Longnu) agar turun ke dunia menertibkan keadaan.
Lin Weique ketika itu telah berhenti menjadi tentara dan memilih profesi sebagai nelayan. Pasangan suami isteri Lin ini gemar berbuat amal. Mereka sebenarnya telah mempunyai satu putera dan lima puteri. Sebagai nelayan, mereka kerap menghadapi bencana di laut. Oleh karena itu, agar silsilah keluarga mereka tidak terputus, pasangan suami isteri Lin ini secara teratur memanjatkan doa pada Guanyin, agar dikaruniai seorang putera lagi. Suatu malam, isteri Lin bermimpi menyaksikan Guanyin yang dapat membawa pil kristal agar diminum oleh Nyonya Lin. Guanyin mengatakan bahwa keluarga mereka akan menjadi mulia karena banyak beramal. Tak berama lama Nyonya Lin mengandung.
Di hari yang ditentukan para dewa bersiap mengamankan kelahiran Puteri Naga ke dunia. formasi altar konstelasi tujuh bintang nampak di langit. Para dewa pengawal telah siap berbaris. Pada tanggal 23 bulan 3 terjadilah kelahiran yang ajaib itu. Pada jam You (酉), yakni antara pukul 17.00-19.00). Langit berubah warna menjadi keunguan, bumi bergetar, dan gunung bergoncang. Nampak seberkas sinar merah menyorot masuk ke kamar tempat Lin Mo dilahirkan dari arah barat laut. Keharuman merebak di mana-mana.

MASA MUDA

Halaman 5-13

Semenjak kecil, Lin Mo telah memperlihatkan dirinya sebagai seorang anak yang cerdas. Apabila kelima kakaknya gemar makan daging dan ikan, Lin Mo lebih suka makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Sewaktu menuntut ilmu dari seorang guru bernama Guo yang khusus diundang oleh keluargannya, dengan mudah Beliau memahami seluruh pelajaran yang diberikan. Suatu ketika, guru Guo mengatakan pada Lin Weique bahwa semua pelajaran sudah diberikan, dan ia tak memiliki bahan lagi yang dapat diajarkan. Putera tunggalnya yang bernama Lin Hongyi telah menyelesaikan pelajaran liujing atau enam pustakanya. Sementara itu, Lin Mo telah mempelajari pustaka-pustaka Konfusianisme dan Buddhisme. Kini guru Guo hendak pulang ke kampung halamannya karena berjangkit wabah, dan cucunya merupakan salah satu yang terkena wabah tersebut. Kala itu usia Lin Mo telah menginjak 13 tahun. Malangnya, sewaktu tiba di kampung halamannya, guru Guo turut diserang wabah dan ia mengirim surat mengabarkan hal itu. Disampaikannya pada keluarga Lin agar mereka mencari guru baru, mengingat kondisi kesehatannya tak memungkinkan ia untuk kembali.
Lin Mo dan kakaknya, Hongyi merasa cemas dengan keadaan guru mereka dan meminta izin agar diperkenankan menengok guru Guo. Ibu mereka sangat mendukung hal itu dan bahkan mengutus seorang tabib berpengalaman menyertai mereka.
Di tengah jalan, rombongan mereka bertemu seorang bhikshu bernama Xuantong yang menawarkan hendak mengajari berbagai ilmu gaib pada Lin Mo, karena ia kelak ditakdirkan menjadi orang besar.


PERTOLONGAN DAN PERLINDUNGAN YANG DIBERIKAN TIANSHANG SHENGMU

Setelah mempelajari bertapa dan mempelajari ilmu, Lin Mo kerap melakukan berbagai keajaiban. Ia juga berniat menaklukkan para siluman yang mengganas di laut. Ketika itu, Lin Mo memiliki cermin pusaka tembaga yang dapat menjawab setiap pertanyaannya. Menurut cermin pusakanya itu, agar dapat menaklukkan para siluman Lin Mo harus membuat dulu sepasang alat pwa pwee berbentuk biji kacang terbuat dari besi. Lin Mo dan teman-temannya segera pergi mengunjungi seorang tukang pandai besi dan minta dibuatkan sepasang alat pwa-pwee tersebut. Ketika itu tukang besi belum memiliki matras atau cetakannya. Lin Mo mengatakan bahwa matrasnya adalah tangannya sendiri. Tukang besi terkesima mendengarnya dan pertamanya ia menolak. Tetapi akhirnya ia memenuhi keinginan Lin Mo dan menuangkan cairan besi ke tangan gadis kecil tersebut. Ajaibnya, Lin Mo membentuk cairan besi itu seolah tanah liat, sehingga terciptakan sepasang alat pwa pwee dari besi.  Pada halaman 22 dimuat sajak mengenai asal usul alat pwa pwee tersebut:

Mazu membuat dadu undi (maksudnya alat pwa pwee-penulis) di tangan.
Semua informasi diketahui setelah diundi.
Perintah Guanyin untuk diciptakan.
Diwariskan generasi ke generasi.

Dengan alat pwa pwee saktinya itu, Lin Mo menaklukkan para siluman yang dipimpin Yangong beserta Mata Seribu Li dan Telinga Seribu Li.  Lin Mo mengeluarkan alat pwa pweenya itu dan melemparkannya yang lalu berubah menjadi dua buah bukit kecil. Mata Seribu Li dan Telinga Seribu ditindih oleh gunung itu (halaman 43). Akhirnya para siluman yang telah dikalahkan menjadi pengikut Lin Mo.

Banyak sekali riwayat pertolongan yang diberikan oleh Lin Mo, seperti menolong menyeberangkan pengungsi ke Penghu (halaman 55) dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Pada tanggal 8 bulan 9 tahun 987, konon Lin Mo naik kembali ke surga dengan diiringi oleh upacara kebesaran dan keagungan. Kuil Lin Mo (Mazu) yang tertua bernama Meizhou Zumiao (Kuil Leluhur di Meizhou)-halaman 73.

Pada tahun Xuanhe ke-5 (1123), seorang pejabat kerajaan bernama Lu Yundi diutus oleh kaisar dinasti Song ke Korea. Di tengah jalan kapalnya dihantam oleh badai. Tiba-tiba muncul Mazu yang mengenakan pakaian kebesaran berwarna merah menolong mereka hingga selamat. Lu Yundi melaporkan hal itu padda kaisar, yang lantas melimpahkan gelar penghormatan pertama pada Mazu. Demikian pula para kaisar dan dinasti berikutnya, terus menganugerahkan gelar kehormatan pada Beliau (halaman 78-80).

Pertolongan Beliau lainnya adalah:

1.Menyirnakan wabah penyakit pada tahun Shaoxing ke-25 (1155), halaman 81-84.
2.Menghalau balatentara Jin yang menyerang dinasti Song Selatan pada tahun Kaixi pertama (1205), halaman 85-88.
3.Melindungi Zhenghe dalam perjalanan muhibahnya, halaman 104-105.
4,Melindungi duta dinasti Qing ke Kepulauan Okinawa, pada tahun Kangxi ke-22 (1683). halaman 139-141.
5.Perang Tujuh hari Tujuh Malam di Penghu, yang terjadi pada tahun Kangxi ke-22 (1683).
Dan masih banyak lagi keajaiban dan pertolongan lainnya yang telah diberikan oleh Lin Mo, yang juga dikenal sebagai Mazu atau Tianshang Shengmu. Beliau kini dikenal sebagai dewi pelindung para nelayan.

Ini merupakan buku yang sangat berharga bagi mereka yang ingin mengenal lebih jauh mengenai dewi Mazu atau khazanah dewa-dewi Tiongkok. Bagi yang berminat dipersilakan menghubungi 0816658902.

Rabu, 28 November 2012

PEKERJAAN BERDASARKAN LIMA UNSUR OCCUPATIONS AND FIVE ELEMENTS (WUXING)


PEKERJAAN BERDASARKAN LIMA UNSUR
OCCUPATIONS AND FIVE ELEMENTS (WUXING)
.

Ivan Taniputera
29 November 2012
.



Berikut ini saya akan menguraikan pemilihan bidang pekerjaan berdasarkan lima unsur dalam metafisika Tiongkok, karena banyak yang memerlukannya.

PEKERJAAN BERUNSUR KAYU.

Kata kunci: Keras, bertumbuh ke atas, mengajarkan sesuatu, teliti, mencatat.

1.Tukang kayu atau kusen.
Ini sudah jelas karena langsung berhubungan dengan kayu.
2.Kontraktor.
Berkaitan dengan pembangunan rumah yang juga banyak berhubungan dengan kayu.
3.Perusahaan pengangkutan atau pengiriman.
Banyak melibatkan peti atau kemasan yang terbuat dari kayu atau kertas.
4.Perkebunan.
Banyak berhubungan dengan tanaman yang berunsur kayu.
5.Tour, travel, atau pariwisata; termasuk pemandu wisata (guide).
Saya pertama-tama mencoba memikirkan mengapa bidang ini dimasukkan dalam unsur kayu. Setelah saya pikir-pikir kemungkinan karena pariwisata itu berkaitan dengan melihat-lihat pemandangan yang banyak ditumbuhi pepohonan. Jadi digolongkan sebagai elemen kayu.
6.Guru dan pendidik
Bidang pengajaran banyak membutuhkan buku dan papan tulis. Buku terbuat dari kertas yang berbahan baku kayu; sedangkan papan tulis juga bahan bakunya kayu.
7.Toko kertas, toko buku, perpustakaan, persewaan buku, penerbitan buku.
Kertas bahan bakunya adalah kayu.
8.Pabrik triplek atau kayu lapis
Sudah jelas bahwa ini berkaitan dengan kayu.
9.Toko obat herbal.
Bahan bakunya terbuat dari tumbuh-tumbuhan atau daun-daunan, sehingga jelas sekali ada kaitannya dengan kayu.
10.Toko perabotan (furniture) dan perkakas dari kayu.
Sudah jelas bahwa ini berkaitan dengan kayu.
11.Pewarna makanan.
Pada zaman dahulu pewarna makanan dibuat dari tumbuh-tumbuhan. Misalnya warna kuning dari kunyit, warna hijau dari daun pandan, dan lain sebagainya. Jadi erat kaitannya dengan elemen kayu.
12.Fitness center atau sentra kebugaran.
Barangkali karena sentra kebugaran melatih tubuh atau otot, sehingga diidentikkan dengan elemen kayu.
13.Alat musik klasik.
Bahannya banyak terbuat dari kayu.
14.Kursus bela diri dan olah ragawan
Peralatan yang dipakai dalam bela diri banyak terbuat dari kayu, misalnya tongkat, dan lain sebagainya. Selain itu juga melatih otot dan tubuh.
15. Perdagangan dan distribusi.
Barangkali karena jenis usaha ini banyak membutuhkan pencatatan dan ketelitian, sehingga dimasukkan elemen kayu. Pencatatan itu membutuhkan  kertas, sehingga dianggap berelemen kayu.
16.Operatur telepon.
Belum jelas mengapa digolongkan ke dalam elemen kayu.
17.Dokter spesialis hati atau liver
Hati atau liver diwakili elemen kayu.

PEKERJAAN BERUNSUR API

Kata kunci: panas, bercahaya, semangat, energik, menyala-nyala, hingar bingar.

1.Tukang las atau reparasi alat-alat listrik
Bidang pengelasan memerlukan panas dan listrik juga digolongkan sebagai api, karena dapat menghasilkan panas.
2.Periklanan
Iklan punya sifat menarik perhatian kita, sehingga digolongkan sebagai elemen api. Seolah iklan itu adalah sesuatu yang sanggup "menyalakan" perhatian orang lain.
3.Asuransi.
Asuransi adalah menangani berbagai risiko, termasuk bahaya kebakaran. Selain itu dalam menjual asuransi kita harus mengeluarkan kata-kata yang berapi-api.
4.Pengecoran logam.
Banyak memerlukan panas dan api.
5.Fotografi dan studio foto
Termasuk juga elemen api, karena dalam foto menggunakan cahaya.
6.Bisnis hiburan atau entertaimnent, termasuk bar serta diskotik
Membutuhkan sesuatu yang energik, sebagai salah satu kualitas elemen api.
7.Dokter spesialis jantung.
Jantung diwakili oleh elemen api.
8.Toko Serba Ada atau supermarket.
Mungkin karena toko semacam ini selalu hingar bingar, sebagai salah satu kualitas elemen api.
9.Restoran, katering, dan toko atau perusahaan roti
Memasak makanan membutuhkan api.
10.Kosmetika.
Karena kosmetika dapat membuat wajah kita menjadi "bercahaya."
11.Toko alat-alat listrik.
Ini sudah jelas karena listrik juga dianggap "api modern."
12.Industri kain.
Tidak jelas mengapa kain digolongkan sebagai api.
13.Industri film dan bioskop
Film dan bioskop sama dengan fotografi, sebenarnya adalah permainan cahaya atau optik. Cahaya adalah salah satu kualitas elemen api.
14.Programer komputer
Komputer disebut tiannau dalam bahasa Mandarin atau secara harafiah berarti "otak listrik." Listrik adalah "api modern."
15.Penyanyi.
Mungkin karena dapat membangkitkan atau menyalakan semangat, maka digolongkan ke dalam elemen api.
16.Pemain akrobat dan sirkus
Pekerjaan yang energetik, penuh semangat, dan hingar bingar. Kualitas api.
17.Public relation (PR).
Mungkin harus berhadapan dengan orang lain dan menampilkan semangat atau energetik.

PEKERJAAN BERUNSUR TANAH

Kata kunci: mendukung, menyokong, membumi, kuno, konservatif., menyimpan. agama.

1.Batu-batuan
Batu merupakan diambil dari tanah.
2.Toko atau pabrik semen.
Semen berbentuk seperti pasir, seingga digolongkan sebagai elemen tanah.
3.Pergudangan.
Menyimpan sesuatu, sehingga dikaitkan dengan elemen tanah.
4.Pedagang kelontong.
Sifatnya yang membumi dan konservatif, kualitas-kualitas elemen tanah.
5.Pertamanan
Berkaitan dengan tanah.
6.Pertanian
Adalah pengolahan tanah.
7.Hasil bumi, misalnya palawija, dan lain-lain.
Palawija dihasilkan oleh tanah.
8.Pekerja sosial
Sifatnya mendukung dan menyokong orang lain, kualitas-kualitas elemen tanah.
9.Dokter spesialis kandungan.
Karena kandungan adalah "menyimpan" sesuatu, yakni janin, sehingga digolongkan sebagai tanah.
10.Barang antik
Barang antik sifatnya kuno dan juga digali dari tanah.
11.Bidang keagamaan, termasuk tempat ibadah, dan lain sebagainya.
Agama merupakan pendukung dan penyokong bagi kerohanian seseorang, sehingga dimasukkan elemen tanah.
12.Kasir
Tidak jelas mengapa kasir digolongkan sebagai elemen tanah, mungkin karena ia yang menyimpan uang.
13.Pemakaman dan layanan kematian.
Pemakamanan tentu saja memerlukan tanah.
14.Koperasi
Tidak jelas mengapa koperasi dimasukkan ke dalam elemen tanah. Mungkin karena sifatnya  yang membumi.

PEKERJAAN BERUNSUR LOGAM

Kata kunci: materialistis, perang, berhubungan dengan uang, untung-rugi. menjaga ketertiban.

1.Pandai besi dan industri peralatan dari besi.
Sudah jelas karena berhubungan dengan besi atau logam.
2.Perbankan dan valuta asing.
Sudah jelas karena perbankan dan valuta asing berhubungan dengan uang.
3.Persenjataan.
Sudah jelas karena senjatan terbuat dari logam.
4.Pabrik dengan mesin-mesin besar.
Mesin terbuar dari logam.
5.Tentara, polisi, dan satpam.
Semua profesi di atas bertugas menjaga ketertiban.
6.Dokter spesialis paru-paru dan gigi.
Organ-organ di atas diwakili oleh elemen logam.
7.Toko besi
Sudah jelas karena besi adalah logam.
8.Toko emas
Sudah jelas karena emas adalah logam.
9.Sekolah hukum
Karena bertugas menjaga ketertiban.
10.Hardware Computer.
Banyak terbuat dari logam.
11.Perhotelan dan tempat peristirahatan.
Tidak jelas mengapa digolongkan sebagai logam.
12.Bursa Saham.
Berkaitan dengan keuangan.

PEKERJAAN BERUNSUR AIR

Kata kunci: Cair, mengalir, gerakan, transparan atau tembus pandang, dingin.

1.Perlengkapan kamar mandi, seperti kran, ledeng, bathtub, dan lain-lain.
Orang mandi dengan air, sehingga segala sesuatu yang ada hubungan kamar mandi pasti dihubungkan dengan air.
2.Minuman atau air minum dalam kemasan, termasuk air minum isi ulang.
Sudah jelas berhubungan dengan air.
3.Perikanan.
Ikan hidup di air, sehingga pekerjaan ini termasuk unsur air.
4.Cafe atau kedai minum.
Sudah pasti banyak berhubungan dengan air.
5.Pelayaran dan perkapalan.
Sudah jelas bahwa kapal berlayar di atas air.
6.Aquarium atau pembuatan kolam ikan.
Sudah jelas bahwa dalam akuarium pasti ada airnya.
7.Pabrik es.
Es merupakan air yang dibekukan.
8.Toko kristal.
Kristal mempunyai sifat tembus pandang, seperti air.
9.Toko kaca.
Kaca juga tembus pandang, sehingga termasuk unsur air.
10.Peralatan pancing
Sudah jelas bahwa pancing digunakan menangkap ikan yang hidup di air.
11.Dokter spesialis kelamin dan THT.
Merupakan organ-organ yang ada hubungan dengan elemen air.
12.Pelari
Terdapat unsur gerakan di sini, sehingga dikaitkan denga air.
13.Transportasi
Karena adanya unsur gerakan.
14.Toko atau industri plastik
Plastik merupakan sesuatu yang tembus pandang atau bening. Juga pembuatannya harus dicairkan dulu.
15.Bahan-bahan kimia.
Karena banyak bahan kimia yang berbentuk cair.
16.Redaktur.
Tidak jelas mengapa redaktur dihubungkan dengan elemen air.

URAIAN TAMBAHAN:

Masih banyak bidang pekerjaan yang belum dimasukkan dalam kelima unsur di atas. Namun dalam menganalisasnya kita harus menelaah elemen dan karakteristik apakah yang terlibat dalam pekerjaan itu. Sebagai contoh adalah akuntan. Memang benar bahwa bidang akuntansi menangani keuangan. Namun jika akutansi dimasukkan dalam elemen logam nampaknya kurang tepat, karena akuntan tidak berhubungan langsung dengan uang, melainkan lebih ke arah pencatatan dan juga membutuhkan ketelitian, karena itu akuntan lebih tepat dikaitkan dengan elemen kayu. Begitu pula dalam menganalisa jenis-jenis pekerjaan lainnya.

Untuk artikel-artikel menarik lainnya silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ 



BIMBINGAN BELAJAR: KUNCI ANAK ANDA MENUJU SUKSES




Kami dengan gembira memberikan bimbingan belajar bagi siswa SD-SMP-SMU di Kota Semarang. Ada pun mata pelajarannya adalah:

  • MATEMATIKA
  • FISIKA
  • KIMIA
  • BAHASA INGGRIS
  • AKUNTANSI

Kami berpengalaman mengajar siswa-siswa sekolah favorit dan internasional.

Hubungi: Ivan (0816658902)
Email: ivan_taniputera@yahoo.com.

Senin, 26 November 2012

Talismans in Chinese Buddhist Tradition (Tradisi Pembuatan Hu Pada Buddhisme Tiongkok)


Talismans in Chinese Buddhist Tradition (Tradisi Pembuatan Hu Pada Buddhisme Tiongkok)

Ivan Taniputera
27 November 2012

Tradisi pembuatan hu (符 = fu) masih banyak belum dikenal oleh umat Buddha. Kebanyakan mengatakan bahwa di dalam Agama Buddha tidak ada hu. Hal ini mungkin benar jika yang dimaksud adalah kanon Pali, namun kita sebenarnya dapat menjumpainya dalam kanon Buddhist Mahayana.

Talisman tradition is still unknown by many Buddhists. Mostly of them think that talismans can not be found in Buddhism. This is may be true by Pali Canon, but we actually can found them in Mahayana Buddhist canon.

Pada beberapa naskah yang disebut "sutra-sutra dharani" (陀羅尼經), Buddha mengajarkan para siswanya agar menuliskan mantra-mantra tertentu dan menaruhnya dalam stupa sebagai obyek pemujaan atau membawanya sebagai semacam jimat.

In some texts which so called "dharani sutras" (陀羅尼經), Buddha taught his disciples to write down any mantras and put them in a stupa as veneration object or take them as talismans.

Contoh pertama yang akan kita bahas adalah Sutra DharaniUsnisavijaya ( 佛頂尊勝陀羅尼經).Disebutkan bahwa jika kita menuliskan Dharani ini dan menaruhnya pada sebuah panji tinggi, gunung, atau bangunan tinggi, setiap makhluk hidup yang melihat Dharani tersebut, terkena bayangannya, atau tertimpa butiran-butiran debu yang berasal darinya, segenap karma buruk mereka akan dimurnikan, serta tak akan pernah mundur lagi dari jalan menuju Penerangan Sempurna.

The first example that we will discuss is Usnisavijaya Dharani Sutra ( 佛頂尊勝陀羅尼經).  It is said that if we write this Dharani and put it on the top of a tall banner, mountain, or high structure, every sentient beings who see the dharani, befallen by its shadow, or befallen by its dust particles, will be purified from their evil karma and will never regress from the path to perfect enlightenment.



Lebih jauh lagi dalam Sutra Dharani Marici ((佛說摩利支天陀羅尼咒經) - Taisho Tripaka 1256), disebutkan bahwa jika kita menuliskan Dharani Marici, menaruhnya pada rambut atau baju, dan membawanya ke manapun pergi, maka Dharani tersebut akan sanggup melindungi kita dari kemalangan apapun.

Moreover, in the Marici Dharani Sutra (佛說摩利支天陀羅尼咒經) - Taisho Tripaka 1256, it is said that if we write Marici Dharani, put it in our hair or cloth, and take it everywhere, then this Dharani can protect us from any calamities.

Pada Sutra Kekuatan Adikodrati Ucchusma Yang Sanggup Menghentikan Ratusan Perubahan, kita dapat menjumpai beberapa hu:
Ini the Sutra of Ucchusma on the Supernatural Power That Stops Hundreds of Transformations, we can find some talismans:

Sumber gambar: The Quintessence of Secret (Esoteric) Buddhism by Trieu Phuoc (Duc Quy).

Menurut sutra yang disebutkan di atas, hu ini dapat melimpahkan pengetahuan dan kebijaksanaan, namun kita hendaknya juga melafalkan dharani-nya 1.000 kali.
According to above mentioned Sutra, this seal can bestow us knowledge and wisdom, but we should recite also the dharani 1.000 times.


Sumber gambar: The Quintessence of Secret (Esoteric) Buddhism by Trieu Phuoc (Duc Quy)

Hu dapat membuat orang yang melihat praktisi merasa bergembira dan juga melindungi dari penderitaan.
This seal can make people happy who see the practioner and also protect from miseries.

Hu yang nampak pada gambar di atas memperlihatkan pengaruh Tiongkok.
Seals which are pictured above clearly shown Chinese influence.

Bukti-bukti di atas memperlihatkan bahwa ilmu hu juga ada dalam kanon Buddhisme Mahayana, khususnya bagian Tantrayana.
These facts show us that talisman tradition can also be found in Mahayana Buddhist canon especialy, Tantric Buddhism.

Di samping itu, di kalangan rakyat terdapat pula hu bernuansa Buddhis.
Besides that, within folktradition we can find also talismans which represent Buddhist influence:



Tiga tanda di bagian atas fu (nomor 1) melambangkan Triratna atau Tiga Permata (Buddha, Dharma, dan Sangha).  Di bagian tengah fu dapat kita saksikan transliterasi bahasa Tionghua mantra Avalokitesvara (Om mani padme hum ), yang berbunyi: an ma ni ba mi hong. Fu di atas merupakan fu Avalokitesvara (Guanyin) guna menolak berbagai mara bahaya. dimana penggunaannya dengan cara dibakar dan abunya dicampur dengan air serta diminum.

Three mark signs (number 1)  in the upper part of talisman represent Triple Jewels (Buddha, Dharma, and Sangha). In the middle part we can notice the transliteration of Avalokitesvara mantra (Om mani padme hum)-an ma ni ba mi hong. This is a talisman of Avalokitesvara (Guanyin) for protection toward any calamities. It should be burnt, mixed with water, and to be drunk.


Ini adalah hu tujuh Buddha melimpahkan keselamatan. Kita dapat memperhatikan adanya aksara 唵 (an or Om), aspek yang sangat penting dalam mantra Buddhis atau Hindu. Selain itu, kita dapat pula menyaksikan tujuh aksara 佛 (fo) yang berarti Buddha.

This is a talisman of seven Buddhas bestowing safety. We can notice the character 唵 (an or Om), the very important element in Buddhist an Hindu mantras. We can see also seven 佛 (fo or Buddha) characters.

TAMBAHAN
ADDITION

Sebagai bahan perbandingan, saya akan mengulas pula hu yang dijumpai di Muangthai. Sebagaimana yang sebagian besar di antara kita ketahui, bangsa Thai merupakan penganut Buddhisme Theravada.

As comparison, I will also discuss some talismans which can be found in Thailand. As mostly of us know, Thai people are adherents of Theravada Buddhist tradition.


Hu jenis ini digambarkan pada secarik kain kuning dan ditulis dengan tinta merah. Gunanya adalah mendatangkan keberuntungan dan kemakmuran. Kita dapat menyaksikan gambar Bhikkhu Sivali (nomor 2). Gambar Mogallana dan Sariputta (nomor 3) beserta dewi-dewi bumi dan langit (nomor 4).

This kind of amulet is drawn on a piece of yellow cloth and written by red ink. The function is to bring luck and wealth. We can see the picture of Bhikkhu Sivali (number 2). Pictures of Mogallana and Sariputta (number 2), and earth and sky goddeses (number 4).

Kita dapat pula menjumpai beberapa hu Thai lainnya sebagai berikut:
We can also found some kind of Thai Talismans as following:


Sumber/ Source: Short Notes of Religious Articles (vol 2) halaman 74

Amulet ini berasal dari Kuil Wat Khun Phien Yankonporn, Propinsi Sukphan, Muangthai. Gambar seperti kura-kura pada bagian bawah Buddha melambangkan Dewa Khun Phien yang diyakini sanggup menganugerahkan kemakmuran.

This amulet originated from Wat Kun Phien Yankonporn Temple, Sukphan Province, Thailand. The picture like tortoise under Buddha represents God Khun Phien who is believed can bestow wealth.


Sumber/ Source: Short Notes of Religious Articles (vol 2) halaman 73

Amulet ini berasal dari Kuil Wat Charkrapoon di Bangkok. Pada bagian tengah amulet ini tergambar Brahma yang juga dikenal sebagai Phra-pom dalam bahasa Muangthai. Simbol-simbol yang berada di sekeliling Brahma melambangkan lima unsur, yakni logam, kayu, air, api, dan tanah; atau hendak menyatakan bahwa Brahma adalah penguasa bagi kelima unsur tersebut.

This amulet is originated from Wat Charkrapoon Temple in Bangkok. Brahma who is also known by Phra-pom in Thai language potrayed in the middle. Symbolisms around Brahma represent five elements: metal, wood, water, fire, and earth. This means that Brahma is the lord of 5 elements.

Sumber/ Source: Short Notes of Religious Articles (vol 2) halaman 72.

Hu ini berasal dari Kuil Thanompaching, Propinsi Wong Khai, Muangthai Timur Laut. Diyakini pula bahwa hu ini dapat menghindarkan sabotase terhadap usaha kita.

This amulet is originated from Thanompaching Temple, Wong Khai Provice, North East Thailand. It is believed that this talisman can protect our bussiness from sabotage.

Silakan kunjungi pula/ please visit: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/

Rabu, 14 November 2012

RITUAL CISWA (TOLAK BALA) DALAM PRAKTIKNYA


RITUAL CISWA (TOLAK BALA) DALAM PRAKTIKNYA

Ivan Taniputera
14 November 2012




Kali ini saya akan menguraikan mengenai praktik ritual ciswa atau tolak bala. Pada artikel ini, saya tidak akan menguraikan falsafahnya terlalu banyak, melainkan akan memaparkannya seolah-olah sebagai seorang pengamat yang baik saja. Terlebih dahulu saya akan menguraikan terlebih dahulu perlengkapan-perlengkapan yang digunakan. Pertama-tama adalah orang-orangan kertas, yang ditujukan sebagai pengganti tubuh kita. Pada orang-orangan kertas tersebut akan dikenakan pakaian lama kita.

Lalu terdapat pula semacam panggung yang memiliki empat gerbang. Masing-masing gerbang itu dijaga oleh malaikat kepala sapi dan muka kuda (牛頭馬面). Lalu dibagian tengahnya terdapat semacam sumur dan tangga-tanggaan. Pada dasar sumur terdapat orang-orangan dari kertas, yang juga melambangkan diri kita. Malaikat kepala sapi dan muka kuda yang berdiri di setiap gerbang empat penjuru tersebut dimaksudkan agar tidak ada kejahatan yang dapat menimpa kita. Segenap orang jahat akan menyingkir jauh dan tak dapat melaksanakan niatnya. Selanjutnya, uang-uangan yang digantungkan itu merupakan harapan agar kita hidup makmur.

Setelah berlangsungnya upacara doa dan persujudan, orang-orangan yang ada di dasar sumur pada panggung empat penjuru tadi diambil, dengan sebelumnya menyebutkan nama kita sendiri. Seolah-olah kita kita memanggil diri kita sendiri ke luar dari sumur. Orang-orangan kertas tadi kita ambil dan bawa menapaki anak tangga pada tangga-tanggaan. Lalu didudukkan pada tepi panggung. Artinya kita telah lepas dari segenap permasalahan.

Sesajian yang dipergunakan dalam persembahyangan biasanya adalah kue-kue, buah, dan masakan sayuranis. Sesudah upacara tolak bala selesai, maka segenap perlengkapan ritual tadi dibakar. Ini menandakan bahwa segenap harapan kita telah dikabulkan.

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Fengshui, Astrologi, Bazi, Ziweidoushu, metafisika dan lain-lain sebagainya silakan bergabung dengan:

https://www.facebook.com/groups/339499392807581/



Selasa, 13 November 2012

FENGSHUI RUMAH ANGKER: MENENTUKAN JENIS HANTU DI RUMAH ANGKER


FENGSHUI RUMAH ANGKER: MENENTUKAN JENIS HANTU DI RUMAH ANGKER

Ivan Taniputera
12 November 2012

Sebelum mengawali pembahasan ini, saya akan memperkenalkan dulu dua jenis bagua, yang disebut bagua awal (xiantian bagua) dan bagua  belakangan (houtian bagua) . Adapun susunan bagua awal (Xiantian bagua) adalah sebagai berikut:




Sedangkan susunan bagua belakangan (Houtian bagua) adalah sebagai berikut:



Jika digambarkan dalam bentuk diagram akan menjadi:




Kita tidak akan mengulas lebih jauh mengenai asal usul dan seluk beluk bagua ini, karena tak relevan dengan pembasan kita. Agar jelas kita kelak akan langsung menerapkannya pada berbagai kasus. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengaitkan masing-masing gua di atas dengan hantu yang ada berdasarkan sektor. Hubungannya adalah sebagai berikut:

1.Ayah, hantunya adalah pria tua atau kakek-kakek.
2.Putera sulung, hantunya adalah pria yang berusia kurang lebih 40-50 an.
3.Putera tengah, hantunya adalah pria remaja atau pemuda.
4.Putera bungsu, hantunya adalah anak kecil laki-laki.
5.Ibu, hantunya adalah wanita tua atau nenek-nenek.
6.Puteri sulung, hantunya adalah wanita yang berusia kurang lebih 40-50 an.
7.Puteri tengah, hantunya adalah wanita remaja atau pemudi.
8.Puteri bungsu, hantunya adalah anak kecil perempuan.

Caranya adalah menentukan sektor mana yang berhantu di sebuah rumah, dan mencocokkan apakah hantunya sesuai dengan tabel di atas. Adapun bagua yang digunakan adalah kedua-duanya. Ada yang cocok dengan bagua awal dan ada pula yang cocok dengan bagua belakangan

Denah yang diberikan akan digambar ulang dan disederhanakan. Segenap rincian tidak akan ditampilkan dengan alasan privacy. Nama-nama responden juga tidak akan disebutkan. Saya mengucapkan banyak terima kasih pada para responden yang telah berpartisipasi pada penelitian ini.

RESPONDEN 1

Denah rumahnya (telah disederhanakan dan semua rincian letak ruangan tidak ditampilkan) adalah sebagai berikut:




Responden satu memberikan keterangan sebagai berikut:

1.Di kamar mandi terdapat hantu wanita berambut panjang
2.Di ruang makan tidak jelas hantunya apa.
3.Di ruang TV, hantunya  wanita yang kelihatan sedang berputar-putar di sekitar trampolin depan TV.
4.Di bangunan belakang, termasuk garasi dan kantor semua hantunya pria. Ada yang badannya besar sekali. Hantu berbadan besar ini dahulu lokasinya ada di depan, sekarang pindah ke belakang.

Ulasan:

Jika diperhatikan denah di atas, maka kamar mandinya, termasuk dalam sektor Xun (tenggara) yang dilambangkan dengan puteri tertua, maka hantunya adalah wanita berambut panjang, sehingga sesuai dengan rumusan di atas. Di ruang TV, jatuh pada sektor Li (selatan), yang dilambangkan dengan puteri tengah, maka hantunya juga wanita. Nampaknya ini adalah wanita remaja. Sesuai pula dengan rumusan di atas, hantu pada bagian belakang, yakni sektor Kan (utara), hantunya juga semuanya pria. Selain itu, bagian belakang rumah juga ditempati oleh sektor Gen dan Qian. Dengan demikian, rumah ini menggunakan bagua belakangan (houtian bagua). Hantu orang tinggi besar yang awalnya di bagian depan, tetapi pindah ke utara, karena medan energi yang sesuai baginya memang di bagian belakang rumah tersebut.


RESPONDEN 2

Tidak menyertakan denah. Sehingga tidak disertakan gambar denahnya. Responden 2 memberikan keterangan sebagai berikut:

1.Rumah menghadap ke timur.
2.Di bagian selatan sering ada hantu anak kecil bermain dan tertawa seperti mengobrol tidak jelas pada tengah malam.
3.Di bagian barat daya sering ada hantu nenek-nenek tapi sudah lama pergi.
4.Di kamar di bagian barat dan barat laut yg sering datang biasanya perempuan, dan sekelebat bayangan yang tidak diketahui jenisnya.
5.Di kamar bawah bagian selatan juga pernah ada sesosok perempuan yang tiba-tiba duduk diatas kasur. Di timur laut terdapat hantu perempuan yang oleh orang disebut kuntilanak, yang mendirikan bulu roma. Hantu ini terkadang mengeluarkan suara.

Ulasan:

Hantu anak-anak yang bermain dan tertawa di bagian selatan tidak diketahui apakah laki-laki atau perempuan. Namun kalau mengingat lokasinya di selatan, yakni sektor Li, maka kemungkinan itu adalah hantu perempuan remaja. Di barat daya, yang seharusnya adalah sektor Qian, yang dilambangkan dengan ayah, jadi energinya tidak sesuai dengan hantu nenek-nenek tersebut, sehingga ia akhirnya pergi. Sektor barat dan barat laut, masing-masing diduduki oleh Dui dan Kun, yang masing-masing dilambangkan sebagai puteri bungsu dan ibu. Dengan demikian, tak mengherankan jika hantunya adalah perempuan. Kamar bagian selatan, terletak pada sektor Li, yang dilambangkan dengan puteri tengah; maka hantunya juga wanita muda. Berdasarkan analisa di atas, maka rumah ini nampaknya sesuai dengan bagua belakangan (houtian bagua)

RESPONDEN 3

Denah rumahnya (sudah disederhanakan dan segenap rincian tidak ditampilkan) adalah sebagai berikut:




Keterangan yang diperoleh dari responden 3 adalah sebagai berikut:

1.Di bagian kamar mandi terdapat dua orang hantu, yakni hantu pria tinggi dan cebol.
2.Responden pernah menyaksikan wanita muda berbaju putih, seperti kakak perempuan responden, sehingga dikira adalah kakak perempuannya sendiri.
3.Terdengar suara-suara di tangga.
4.Terdapat sumur dan tempat angker.

Ulasan:

Karena bentuk tanah responden 3 tidak beraturan, maka penentuan titik pusatnya adalah dengan membagi tanah menjadi dua daerah persegi panjang, yang masing-masing ditentukan dulu titik pusatnya. Lalu ditarik garis antara dua titik pusat tersebut. Titik tengah garis itu dianggap sebagai titik pusat rumah secara keseluruhan. Kamar mandi nampaknya terletak pada perbatasan antara barat dan barat laut. Berbeda dengan dua contoh di atas, nampaknya rumah ini lebih cocok menggunakan bagua awal (xiantian bagua). Karena terletak di daerah perbatasan antara sektor Kan dan Gen (menurut bagua awal). maka hantunya ada dua orang pria, yang satu tinggi dan yang satunya lagi cebol. Hantu yang tinggi mungkin melambangkan putera tengah dan putera bungsu. Mengenai wanita berbaju putih yang ada di living room, lokasinya tidak cocok, karena living room terletak di bagian barat daya atau sektor Gen. Namun nampaknya penampakan itu hanya sekali saja, sehingga hantu tersebut tidak menetap di sana. Barangkali karena pembagian energinya yang tidak sesuai.

Demikianlah hasil penelitian di atas. Mengapa ada rumah yang "berhantu" dan "tidak berhantu"? Barangkali untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu menelaah diagram bazi, ziweidoushu, dan astrologi masing-masing. Hal ini dapat menjadi bahan penelitian lebih lanjut. Selain itu, penelitian ini juga masih menimbulkan pertanyaan. Mengapa ada rumah yang menggunakan xiantian bagua dan houtian bagua? Semoga penelitian Fengshui sebagai warisan budaya ini dapat terus berlanjut.

Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Fengshui, Astrologi, Bazi, Ziweidoushu, metafisika, dan lain-lain silakan bergabung dengan:

https://www.facebook.com/groups/339499392807581/


Jumat, 09 November 2012

Awal Kebudayaan Baca Tulis di Tiongkok?

Awal Kebudayaan Baca Tulis di Tiongkok?

Ivan Taniputera
9 November 2012

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai peninggalan goresan tanda-tanda pada bejana keramik dan kepingan-kepingan tanah liat yang ditemukan di Banpo serta Jiangzhai. Usia peninggalan ini adalah kurang lebih 5000 SM.



Terdapat goresan-goresan tanda pada bagian tepi bejana keramik dan biasanya telah digoreskan atau dicapkan sebelum proses pembakaran. Tanda-tanda ini muncul sendirian dan sebagian ada yang ditampilkan secara berulang-ulang di beberapa bagian bejana. Berdasarkan penelitian pada benda-benda peninggalan di Banpo, dalam 112 kasus telah ditemukan 22 jenis tanda.
Kendati demikian, maknanya belum diketahui. Hanya saja tanda-tanda tersebut menampilkan kesamaan ukuran maupun tampilan, sehingga mencerminkan adanya sistematika tertentu. Kemungkinan tanda-tanda itu merupakan upaya menyeragamkan simbol mengenai suatu gagasan atau pertistiwa tertentu.
Menurut Kwang-chih Chang tanda-tanda tersebut barangkali merupakan penanda bagi produsen ataupun pemiliknya. Masih diperlukan penelitian lebih jauh guna mengungkapkan hal ini.

Sumber: Brinker, Helmut & Goepper, Roger. Kunstschaetze aus China: 5000 v. Chr. bis 900 n. Chr. Neuere archaeologische Funde aus der Volksrepublik China, Kunsthaus Zuerich, 1980, halaman 6.

Rabu, 07 November 2012

MENGAPA OBAMA BISA MEMENANGKAN PEMILIHAN PRESIDEN AMERIKA SERIKAT: ANALISA BERDASARKAN ASTROLOGI BARAT & TIMUR


MENGAPA OBAMA BISA MEMENANGKAN PEMILIHAN PRESIDEN AMERIKA SERIKAT: ANALISA BERDASARKAN ASTROLOGI BARAT & TIMUR

Ivan Taniputera
7 November 2012

Obama sedang bersaing ketat dalam pemilihan umum yang digelar di Negeri Paman Sam. Apakah Obama dapat memenangkan pemilihan umum tersebut? Kita akan mencoba melakukan analisa berdasarkan astrologi, bazi, dan ziweidoushu.

A.ANALISA BERDASARKAN ASTROLOGI BARAT

Catatan: Dalam astrologi kita hanya mempertimbangkan orb (penyimpangan) di bawah 4 derajat.

Saya mendapatkan data kelahiran Obama dari http://www.astro.com/astro-databank/Obama,_Barack.

Kita akan menelaah apakah data tersebut dapat dipergunakan. Bagan astrologis kelahiran Obama adalah sebagai berikut:



Pada bagan tersebut di rumah keempat (latar belakang keluarga) terdapat Bulan (ibu) yang square dengan Pluto. Ini menandakan indikasi yang kurang baik bagi hubungan orang tua Obama. Adanya Bulan di rumah keempat mengindikasikan bahwa Obama akan lebih banyak dipelihara ibunya. Lalu terdapat beberapa aspek lagi sebagai berikut:

1.Fortuna di rumah sepuluh (pekerjaan).
2.Yupiter (rumah 12) square dengan Neptunus di rumah (9).
3.Merkurius (rumah 6) square dengan Neptunus di rumah (3).
Terjadi T-Square yang melibatkan Merkurius-Yupiter dan Neptunus sebagai channeling planet.
4.Aquarius Rising.

Ini berarti bahwa pribadi yang bersangkutan akan membutuhkan popularitas dalam pekerjaannya. Semasa kecil akan terpaksa mengadakan perjalanan jauh menyeberang lautan (Neptunus) dan berpindah-pindah tempat kediaman. Dalam menjalankan pekerjaannya akan banyak didera oleh permasalahan-permasalahan yang memusingkan pikiran. Jika sudah mendapatkan permasalahan akan cenderung menemukan pelarian diri ke dalam khayalan atau sesuatu yang tidak umum. Pemecahan terhadap juga umumnya tidak konvensional.
Dalam kehidupan juga akan memperlihatkan banyak gejolak dan perubahan yang tiba-tiba (Aquarius Rising). Hal ini juga akan mewarnai pekerjaan pribadi yang bersangkutan, akan banyak gejolak, perubahan dan kejutan.
Berdasarkan analisa di atas, data kelahiran tersebut dapat dipakai.

Lalu bagaimanakah kondisi astrologi Obama saat ini?

Menurut hemat saya ada yang perlu diperhatikan:

Matahari Natal Obama sedang square dengan matahari transit dengan orb yang masih cukup kecil, yakni kurang lebih 3 derajat. Ini indikasi yang kurang baik, dan dalam astrologi Timur dikenal sebagai salah satu chong atau pertentangan. Citra diri sedang turun dan ada pihak-pihak yang dahulunya mendukung Obama akan mengarahkan dukungannya pada lawan.
Planet penguasa Rising Sign Obama (Aquarius) ada dua, yakni Saturnus dan Uranus.

Uranus trine Mars.

Rumah kesepuluh signnya adalah Scorpio dan Sagitarius, dengan masing-masing Mars & Yupiter sebagai penguasanya.

Yupiter Square Saturnus (Transit).-aspek negatif.
Yupiter Sextile Merkurius (Transit).-apsek positif.
Mars Semisextime Bulan (Transit)-aspek positif.

Venus (penguasa rumah ketiga) di rumah kelima mendapatkan trine dari Saturnus dan Neptunus (Transit)-aspek positif.
Venus (penguaa rumah ketiga) di rumah kelima mendapatkan square dari Uranus-asepek negatif.

Merkurius di rumah keenam mendapatkan trine dari Merkurius (Transit)

Berdasarkan data-data di atas, kita menyimpulkan bahwa persaingan kali ini akan ketat. Saturnus melambangkan kaum konservatif, sehingga Obama akan memancing ketidak-sukaan kaum konservatif. Mereka merupakan kelompok yang menentang Obama dalam pemilihan umum kali ini. Namun, Obama nampaknya juga masih mempunyai cadangan pengaruh-pengaruh planet yang baik. Ia masih akan menarik para pemilih setianya. Oleh karena itu, Obama masih dapat meraih kemenangan tipis. Yang patut diwaspadai adalah Venus yang Square Uranus. Dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tak terduga sebelumnya atau sesuatu yang mengejutkan.

Kini kita akan beralih pada Mitt Romney.

Data kelahiran Romney diperoleh dari: http://www.astro.com/astro-databank/Romney,_Mitt



Berdasarkan bagan kelahiran di atas, Mick Romney merupakan sosok yang memiliki banyak relasi, sehingga dapat meningkatkan popularitasnya. Fortuna juga terdapat di rumah kesepuluh (pekerjaan). Meskipun merupakan sosok yang memiliki hubungan relasi baik dengan banyak orang, namun ia susah menjalin kedekatan dengan orang lain. Ia merupakan sosok yang memancing perhatian orang lain. Romney merupakan sosok yang tidak dapat diam berpangku tangan saja. Meskipun demikian, dibanding Obama, masa kecil Mick Romney jauh lebih baik.

Bagaimana kondisi peruntungan Mitt Romney.

Rising sign Mitt Romney adalah Gemini, dengan planet penguasanya adalah Merkurius. Merkurius mendapatkan trine dari Matahari, tetapi pada saat bersamaan Merkurius mendapatkan Square dari Yupiter. Artinya, meskipun memperoleh banyak dukungan dan kepopuleran, namun dukungan tersebut belum bisa membawa Mick Romney pada kedudukan tertinggi.
Yupiter (penguasa rumah kesepuluh, lambang pekerjaan) tidak mendapatkan aspek positif sama sekali. Yupiter Square Moon dan Neptunus. Selain itu Yupiter juga Semisquare Venus. Oleh karena itu, barangkali susah bagi Romney untuk mendapatkan "pekerjaan" atau kedudukan sebagai presiden.

KESIMPULAN:

Meskipun mengalamai persaingan yang ketat berdasarkan analisa astrologi, maka Obama masih akan mengungguli Romney. Untuk menimbang mana yang lebih besar peluangnya kita perlu mempertimbangkan planet penguasa Ascendant, planet-planet dalam yang dipunyai masing-masing kandidat, planet penguasa rumah kesepuluh, dan juga aspek transit dengan planet terkait; sebagaimana yang kita lakukan dalam analisa di atas.

B.ANALISA BERDASARKAN ASTROLOGI TIMUR

ZIWEIDOUSHU

Sekarang kita akan beralih terlebih dahulu pada Ziweiodoushu:

Berikut ini adalah diagram Ziweidoushu milik Obama:


Minggong (sektor Inti atau Jiwa) pada diagram kelahiran Ziweidoushu Obama tidak memiliki bintang utama. Pengaruhnya ada beberapa macam:
1.Semenjak kecil sudah berpisah dengan kedua atau salah satu orang tua.
2.Orangnya gampang terpengaruh dan susah memiliki kemantapan pikiran.
Dalam hal ini maka pengaruh nyatanya adalah poin pertama, karena orang tuanya bercerai.
Oleh karena tidak ada bintang utama maka harus meminjam dari sektor seberangnya, yang terdapat bintang Tianji dan Jumen yang bertransformasi menjadi hualu. Juga terdapat bintang Lucun. Bintang Lucun meskipun dapat diartikan sebagai bintang keuangan, namun terjepit oleh Qinyang dan Tuoluo. Ini berarti bahwa kehidupan Obama dalam mencapai keberhasilan tidak akan mudah. Ia akan mendapatkan gangguan dari orang-orang yang iri. Tianji adalah bintang yang melambangkan pergerakan. Ini juga merupakan bintang kepandaian. Berpadu dengan Jumen yang melambangkan perkataan dan bertransformasi menjadi hualu. Jumen melambangkan mulut atau perkataan, sedangkan hualu adalah transformasi keuangan. Ini menandakan bahwa keberhasilan dapat dicapai melalui kepandaian berkata-kata. Oleh karena itu, sebenarnya pribadi yang bersangkutan juga cocok menjadi sales atau tenaga penjualan, karena pandai memengaruhi orang lain dengan perkataannya.
Pada sektor karier terdapat Taiyang dan Taiyin. Gabungan Taiyang dan Taiyin ini bagus sekali, apalagi Taiyang mengalami transformasi menjadi huaquan atau transformasi kekuasaan.
Kita kembali pada sektor Inti atau Jiwa. Di situ terdapat bintang Feilian, yang dapat diartikan sebagai gosip. Ini menandakan bahwa Obama akan sering mendapatkan serangan gosip atau isu-isu tidak menyenangkan.

Obama mulai terpilih menjadi presiden pada saat dekade usia 46-55. Dengan demikian, sektor keuangan lantas menjadi sektor jiwa dekade. Pada sektor itu terdapat bintang Tianliang. Yang patut diingat Tianliang ini bukan bintang keuangan. Tianliang tidak bagus mengalami transformasi hualu atau keuangan. Orang yang Tianliang menjadi hualu, meskipun hualu merupakan bintang keuangan, maka justru akan mengalami kesulitan keuangan. Itulah sebabnya, semasa pemerintahan Obama, Amerika dilanda krisis moneter. Namun sektor jiwanya tersorot oleh Taiyang huaquan (transformasi kekuasaan) dan Taiyin. Oleh karenanya, Obama dapat memenangkan jabatan sebagai presiden. Masa dekade ini, kebetulan akan berakhir pada usia 55 tahun, yang kebetulan juga bertepatakan dengan masa akhir jabatan kedua Obama.
Dekade usia 46-55 akan memicu Taiyin menjadi huake, ini akan menyoroti sektor jiwa dekade. Huake merupakan transformasi kemashyuran, sehingga sangat mendukung popularitas Obama.

Berikut ini adalah diagram Ziweidoushu milik Romney:


Pada minggong (sektor inti atau jiwa) dalam diagram kelahiran Ziweidoushu milik Romney terdapat bintang Lianzhen dan Tianfu. Bintang Tianfu adalah bintang perbendaharaan keuangan, sehingga menjadikan seseorang teliti dalam hal keuangan. Tetapi ia merupakan sosok yang terlampau hati-hati dan cenderung konservatif. Namun, adanya bintang Lianzhen yang gemar kesibukan dapat mengurangi kekonservatifan Lianzhen. Sehingga paduan kedua bintang ini sangat menguntungkan bagi para pebisnis. Yakni gabungan antara kehati-hatian  dan keberanian. Merupakan orang yang memiliki pergaulan luas dan juga menyukai kejujuran.
Sebenarnya pada sektor jiwa Romney juga mendapat sorotan bintang-bintang asmara, namun pada sektor jiwanya juga terdapat bintang Tianxing. Bintang ini merupakan bintang pengendalian diri, sehingga dapat melemahkan pengaruh bintang-bintang asmara tersebut. Dengan demikian, tidak menjadikan Romney menjadi penggemar wanita.
Pada sektor kekayaan Romney terdapat bintang Tiantong yang menjadi huaquan dan juga Jumen menjadi huaji. Bintang Tiantong bagus bertransformasi menjadi huaquan karena akan menghilangkan kelesuan dan kemalasannya dalam mengumpulkan kekayaan (bintang Tiantong adalah bintang ketenangan atau kemalasan). Bintang ini justru bagus jika bergabung dengan bintang buruk atau bintang yang bertransformasi malapetaka, seperti Jumen menjadi huaji. Oleh karena itu, kombinasi sangat baik bagi pebisnis.
Oleh karena itu, berdasarkan analisa di atas kita boleh menyimpulkan bahwa Romney lebih cocok sebagai pebisnis dan bukannya politikus. Dia akan lebih banyak menuai keberhasilan sebagai pebisnis, namun kalau menempuh jalur politik kelihatan kurang mendapatkan hasil maksimal.


BAZI


Kita akan menelaah Obama terlebih dahulu.


Elemen diri atau Day Master Obama adalah tanah. Di sini terjadi kelebihan elemen tanah. Oleh karenanya, elemen yang diperlukan dalam diagram Bazi Obama adalah kayu yang merupakan Zhengguan atau Qisha. Oleh karenanya, dari diagram Bazi ini sudah jelas bahwa Obama lebih cocok mengambil jalur kekuasaan, yakni sebagai politikus. Ini didukung pula oleh adanya logam dalam diagram Bazi. Kekayaan akan diperoleh melalui popularitas atau nama baik. Meskipun demikian agar Zhengguan atau Qisha bisa berkembang maka dibutuhkan elemen air. Di sini air tidak ada dalam diagram Bazi Obama. Dengan demikian harus mengandalkan pilar dekade atau pilar tahun berjalan (liunian). Kebetulan tahun 2012 ini adalah naga air, sehingga membantu Obama memenangkan kembali pemilihan presiden.
Uniknya terjadi peperangan batang langit antara Yi dan Xin serta liuchong antara Chou-Wei di pilar bulan dan tahun. Pilar bulan melambangkan orang tua, sehingga adanya perang yang melibatkan batang langit maupun cabang bumi ini mengakibatkan perceraian orang tua; sesuatu yang juga diindikasikan baik dalam astrologi Barat dan Ziweidoushu.
Saat ini, menurut Bazi, Obama memasuki dekade 2010-2020, yang diduduki oleh Gengyin, yakni logam dan kayu. Keduanya merupakan elemen yang dibutuhkan oleh Obama. Oleh sebab itu, akan memperkuat popularitas Obama. Kepemimpinan ini akan dicitrakan oleh kelembutan dan kehalusan.

Kini kita lanjutkan dengan Romney:


Elemen diri Romney adalah logam. Di sini logam sudah sangat lemah, namun jika kita menambah logam dan elemen-elemen yang menjadi sahabat bagi logam, maka sistim justru akan rusak. Oleh karenanya, air, api, dan kayu merupakan elemen yang dibutuhkan oleh Romney. Di antara semua itu, yang terbaik adalah kayu sebagai Zhengcai atau Piancai. Keduanya merupakan simbol kekayaan. Dengan demikian, ini menegaskan bahwa lebih baik jika Romney menempuh jalur kekayaan atau pebisnis. Merupakan orang yang pandai dalam mengelola kekayaan dan aset-asetnya.
Sekarang Romney memasuki dekade 2009-2019, yang diduduki oleh Bingshen. Shen merupakan logam, sehingga bukan mereka elemen yang baik bagi Romney. Apalagi dalam diagram Bazi Romney telah ada Yin dan Shi. jika bertemu dengan Shen, maka terbentuklah konfigurasi hukuman Yin-Si-Shen. Ini tentu saja bukan indikasi yang baik. Kendati demikan Bing merupakan elemen yang baik bagi Romney, yang melambangkan kekuasaan. Oleh karenanya, Romney tetap merupakan pesaing ketat Obama. Kendati demikian, kondisi keberuntungan Romney berdasarkan Bazi masih kalah dibanding Obama.

Demikianlah upaya menganalisa kemenangan Obama berdasarkan astrologi Barat dan Timur. Uniknya terdapat keserupaan dalam analisa berdasarkan kedua metoda tersebut.

Minggu, 04 November 2012

SERIAL LIPUTAN KELENTENG: KUNJUNGAN KE KELENTENG HOK AN BIO (福安廟 Mandarin: Fuan Miao), GUBUG, KABUPATEN GROBOGAN, JAWA TENGAH


SERIAL LIPUTAN KELENTENG: KUNJUNGAN KE KELENTENG HOK AN BIO (福安廟 Mandarin: Fuan Miao), GUBUG, KABUPATEN GROBOGAN, JAWA TENGAH

Ivan Taniputera
4 November 2012

Pada hari ini saya mengunjungi Kelenteng Hok An Bio (福安廟, Mandarin: Fuan Miao) di Gubug, Kabupaten Grobogan. Adapun bangunan tampak depan kelenteng seperti gambar di bawah ini:



Sedangkan bagian ruang utamanya adalah seperti gambar di bawah ini:


Dewata-dewata yang dipuja di ruang utama antara lain adalah:

Di bagian depan terhadap Zhongtan Yuanshuai, lalu di belakangnya terdapat altar Hok Tek Tjin Sin (Fude Zhenshen).
Di bagian sampingnya terdapat altar:
Kwan Te Ya
Sam Po Tay Djien
Kiu Tian Ming Tjiauw
dan lain-lain.



Rupang Dewa Kiu Tian Ming Tjiauw



Rupang Dewa Zhongtan Yuanshuai.

Sedangkan di bagian samping kanan terdapat ruang altar bagi Trinabi, yakni Buddha, Laozi, dan Kongzi. Ada pula altar bagi Dewa Jing Cui Co Soe Kong.
Di bagian samping kanan terdapat ruang altar bagi Avalokitesvara (Guanyin Busa). Selain itu masih ada pula altar bagi Tee Bo (Mandarin: Dimu).

Menurut penuturan dari penjaga bio yang menarik di sini adalah altar bagi Avalokitesvara Bodhisattva, dulunya dipergunakan sebagai altar bagi Yesus dan Bunda Maria. Namun kedua rupang tersebut kini telah dipindahkan ke Gua Maria Kerep.
Kelenteng ini tidak begitu besar, dan waktu saya berkunjung ke sana dalam keadaan sepi.

Jumat, 02 November 2012

Dua Puluh Delapan Rasi Bintang Tiongkok (二十八宿圖) Untuk Mencari Hari Baik


Dua Puluh Delapan Rasi Bintang Tiongkok (二十八宿圖) Untuk Mencari Hari Baik

Ivan Taniputera
2 November 2012

Terobati sudah kerinduan saya memiliki buku mengenai 28 rasi bintang Tiongkok yang salah satunya dipergunakan mencari hari baik. Akhirnya saya mendapatkan juga buku berjudul "Dji Tjap Pat Sioe Toh (二十八宿圖)" karya Tan Tjeng Tiauw, diterbitkan oleh G. Kolff & Co. Batavia, 1902. Dengan demikian buku ini telah berusia 110 tahun.




Di dalamnya diuraikan perhitungan hari baik berdasarkan 28 rasi bintang (宿) yang disebut xiu dalam bahasa Mandarin ini. Di dalamnya terdapat pula gambar dewa-dewa penguasa masing-masing xiu.




Sebelumnya perlu dijelaskan terlebih dahulu apa saja 28 rasi bintang atau Xiu itu:

1.角 (Jiăo, Hokkian (H): Kak)
2.亢 (Kàng, H: Kong)
3.氐 (Dĭ H: Tie)
4.房 (Fáng, H: Pong)
5.心 (Xīn, H: Sim)
6.尾 (Wěi, H: Bhie)
7.箕 (Jī, H: Kie)
8.斗 (Dǒu, H; Tauw)
9.牛 (Niú, H: Goe)
10.女 (Nǚ, H: Lie)
11.虛 (Xū, H: Hie)
12.危 (Wēi, H: Gwi)
13.室 (Shì, H: Sit)
14.壁 (Bì, H: Pek)
15.奎 (Kuí, H: Ke)
16.婁 (Lóu, H: Lo)
17.胃 (Wèi, H: Whi)
18.昴 (Mǎo, H: Bauw)
19.畢 (Bì, H: Pit)
20.觜 (Zī, H: Tjoeij)
21.參 (Shēn, H: Som)
22.井 (Jǐng, H: Tjeng)
23.鬼 (Guǐ, H: Koei)
24.柳 (Liǔ, H: Lioe)
25.星 (Xīng, H: Seng)
26.張 (Zhāng, H: Tiang atau Thio)
27.翼 (Yì, H: Ek)
28.軫 (Zhěn, H: Tjin)

Berdasarkan metoda perhitungan ini, satu xiu menguasai satu hari secara bergiliran.

Rasi-rasi bintang ini memiliki kemiripan dengan Nakshatra dalam astrologi India. Berikut ini adalah gambar peta langit perbandingan antara Xiu dan Nakshatra:





Pada buku tersebut diuraikan pula hari-hari yang dikuasai masing-masing xiu itu baik dan buruk bagi kegiatan apa saja. Sebagai contoh, mari kita ikuti xiu nomor satu yang disebut 角 (Jiăo atau Kak dalam bahasa Hokkian):

Ka.1
Bintang "Kak" bintang selamat.
Soewatoe bintang berhasil amat,
Dagang sawah beroleh nihmat,
Anak mantoe djadi terhormat.

Ka.2
Bikin djodo kerdja mengawinken,
Anak beroentoeng dapet di lahirken,
Perkara examen jang di apalken,
Ketemoe radja tamba di poedjiken.

Ka.3
Melainken mengoeboer ada terlarang,
Sipatnja apas di oendjoek terang,
Lamanya tiga tahon dateng menyerang,
Penjakit samper tijlakain orang.

Ka.4
Begitoe poen bikin tanah koeboeran,
Kerdja bong dengen oekoeran,
Sipatnja apas bawa onaran,
Djiwa emaoet bikin kepiran.

Tegasnja:
Baik boewat berdagang, kerdja sawah, kerdja mengawinken, lamat toendangan, dan bikin oedjihan (examen).

Sebagai penutup akan saya uraikan bagaimana menentukan xiu masing-masing hari

Caranya tidaklah sulit, tetapi harus menghitung dengan teliti. Patokannya adalah tanggal 1 Januari 2010. Hitung ada berapa hari hingga sehari sebelum tanggal yang dimaksud, dan tambahkan dua. Bagi hasilnya dengan 28, dan sisanya adalah xiu hari tersebut.

Sebagai contoh, hari ini tanggal 2 November 2012. Berarti dari tanggal 1 Januari 2010 hingga tanggal 1 November 2012 telah ada 1036 hari, ditambah dua menjadi 1038. Lalu 1038 dibagi 2 hasilnya 37 sisa 2. Maka Xiu hari ini adalah xiu no-2, yakni Kang.

Hitungnya adalah sebagai berikut, tahun 2010 ada 365 hari, 2011 ada 365 hari, 2012 hingga 1 November 2012 ada 306 hari. Kalau dijumlah adalah 1036. Ingat 2012 adalah kabisat. Cukup mudah bukan?


Buku yang ditulis dalam bahasa Melayu Tionghoa ini sangat cocok dimiliki mereka yang menggemari khususnya astrologi dan metafisika Tiongkok. Bagi yang berminat fotokopi silakan hubungi 0816658902.