Rabu, 08 Mei 2013

INDONESIA KELUAR DARI PBB

INDONESIA KELUAR DARI PBB

Ivan Taniputera
8 Mei 2012




Judul: Indonesia Keluar Dari P.B.B
Penerbit: Jajasan Pustaka Nasional, Djakarta
Jumlah halaman: 14

Buku ini berisikan pidato atau amat Presiden Sukarno (Bung Karno) saat berlangsungnya rapat umum Panitia Nasional Anti Pangkalan Militer Asing dan mensukseskan Dwikora di Istora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 7 Januari 1965. Pada bagian pembukaan pidatonya, Bung Karno menjelaskan alasan mengapa Indonesia keluar dari PBB:

"Saja sungguh amat bergembira dapat menghadiri rapat umum jang diadakan oleh Panitya Nasional Anti Pangkalan Militer Asing, apalagi sesudah saja mendengar resolusi jang dibatjakan tadi oleh Ibu Utami Suryadarma. Saja mengutjapkan banjak terimakasih dan saja amat bergembira bahwa ternjata seluruh Rakjat Indonesia membenarkan komando saja, keluar dari P.B.B. jah, maka sekarang, Saudara-saudara, tanggal 7 Djanuari 1965 djam setengah sebelas malam, saja menjatakan sebagai berikut: manakala komando saja beberapa hari jang lalu berbunji : "Dijkalau "Malaysia" mendjadi anggota daripada Dewan Keamanan P.B.B, maka saja komandokan Indonesia keluar dari P.B.B."; maka sekarang oleh karena ternjata "Malaysia" didjadikan anggota daripada Dewan Keamanan PBB, saja njatakan : Indonesia keluar dari PBB!" (halaman 7)

Selanjutnya Beliau menegaskan pula:

"Saudara-saudara, bukan lagi mendjadi anggota P.B.B. Mari kita berdiri diatas kaki kita sendiri. Djikalau kita memang satu bangsa jang merdeka dan memang kita adalah satu bangsa jang merdeka, mari kita berdiri diatas kaki sendiri."

Bagi yang berminat fotokopi silakan ivan_taniputera@yahoo.com

1 komentar:

  1. Moment yg sangat mendebarkan, g kbayang jika saya lahir di jaman itu seberapa besar rasa nasionalisme, cinta tanah air rakyat indonesia pada bumi pertiwi.

    BalasHapus