Kamis, 13 Maret 2025

PUSTAKA SUCI HAKIKAT ASALI MENTARI DAN REMBULAN YANG DISABDAKAN MAHADEWA TAISHANG (ZHONGHUA DAOZANG 772 atau ZHENGTONG DAOZANG 656)

 PUSTAKA SUCI  HAKIKAT ASALI MENTARI DAN REMBULAN YANG DISABDAKAN MAHADEWA TAISHANG

太上日月混元經

Tàishàng rìyuè hùnyuán jīng

 

Zhonghua Daozang 772

Zhengtong Daozang 656

 

Diterjemahkan dari bahasa Mandarin ke dalam bahasa Indonesia oleh Ivan Taniputera.

Jasa pahala terjemahan ini dilimpahkan pada Empat Permata.

Dilarang menyebarluaskan sebagian atau seluruh terjemahan ini tanpa seizin penerjemah. Jika telah mendapatkan izin untuk disebarluaskan maka tidak boleh menambah atau mengurangi apa pun yang terdapat di terjemahan ini dari awal sampai akhir, dan linknya harus tetap dicantumkan. Tidak boleh mengubah apa pun sebagaimana yang tercantum di sini. Mengambil tanpa izin berarti mencuri dan akan menjerumuskan pada karma buruk (akusala karma) serta alam-alam penderitaan. Kita hendaknya tidak merendahkan diri kita sendiri sebagai pencuri.

 Kritik dan saran membangun untuk kesempurnaan terjemahan diterima dengan senang hati.

 Naskah berbahasa Mandarin diambil dari ctext.org. 

.

乾坤坎離,剛柔配合,四者相包,謂之稟籥。二四三五一,天地之精。二八之數,相應天符,會于鼎中,鼎為天地,為神室。乾坤為明堂,藥物為日月,為夫妻,故為君臣。陰陽節候,其火隨爻之動,漸契於四時,合於陰陽。五行相剋,更為父母。春秋既分,刑德並會。是以黃鍾建子,陽左至巳。蘿賓建午,陰右至亥。從一至九數終,即復更始也。炎火既張,嬰兒聲悲,昇降奔突,屢欲翔飛,兢兢惕惕,戒慎不虧,謹於動靜。若夫君驕臣佞,賞罰不中,義璣失度,寒暑不時,災害自生。若君聖臣正,天地清寧,日月炳煥,道黑隆昌,王化太平,寒暑順律,斗樞應節,五行八卦,庶事修明,銖兩既克,已諧剛柔,調節候矣,無失時矣。玄輝五色,變化無常,霏霏微微,形奪皎雪,凝霜狎獵,魚鱗闌干,鐘乳結華,巉巖玲瓏銅柱。陰陽得配,恬澹相處,雲則從龍,風則從虎,影之隨形,響之應聲。水性潤下,火氣炎上,天地坎離,自然之狀。魂定魄凝,氣貫秋霜,昏昏混沌,南北不分,排陰立陽,從一至九,先白後黃,赤黑表裹,色變更紫,光華赫然,九轉純陽,五方黑足,歸彼厚土,而成還丹。流形金石,致火一年,志士服食,金砂九還,須臾變化,風馳霧散,百骸九竅,四肢五臟,搜索陰黑,乃立正陽。如冰之解而歸太玄昧者,何知遇則不迷。若宿蘊機性,則自契真理,志節堅貞,或當曉悟。性蒙意拙,懷疑不信,蓋積殃深厚,厚終不聞。昭昭之義,不可欺誣。學者悟之,蹟予志焉。

Qiánkūn kǎn lí, gāng róu pèihé, sì zhě xiāng bāo, wèi zhī bǐng yuè. Èrsìsānwǔyī, tiāndì zhī jīng. Èrbā zhī shù, xiāngyìng tiān fú, huì yú dǐng zhōng, dǐng wéi tiāndì, wèi shén shì. Qiánkūn wéi míngtáng, yàowù wèi rì yuè, wèi fūqī, gù wèi jūnchén. Yīnyáng jié hòu, qí huǒ suí yáo zhī dòng, jiàn qì yú sì shí, hé yú yīnyáng. Wǔháng xiāngkēi, gèng wèi fùmǔ. Chūnqiū jì fēn, xíng dé bìng huì. Shì yǐ huángzhōngjiàn zǐ, yáng zuǒ zhì sì. Rui bīn jiàn wǔ, yīn yòu zhì hài. Cóng yīzhì jiǔ shù zhōng, jí fù gēngshǐ yě. Yán huǒ jì zhāng, yīng'ér shēng bēi, shēngjiàng bēntū, lǚ yù xiáng fēi, jīng jīng tì tì, jiè shèn bù kuī, jǐn yú dòngjìng. Ruò fú jūn jiāo chén nìng, shǎngfá bù zhòng, yì jī shī dù, hánshǔ bù shí, zāihài zìshēng. Ruòjūn shèng chén zhèng, tiāndì qīng níng, rì yuè bǐng huàn, dào hēi lóngchāng, wáng huà tàipíng, hánshǔ shùn lǜ, dòu shū yīng jié, wǔxing bāguà, shù shì xiūmíng, zhū liǎng jì kè, yǐ xié gāng róu, tiáojié hòu yǐ, wú shī shí yǐ. Xuán huī wǔsè, biànhuà wúcháng, fēifēi wéiwéi, xíng duó jiǎo xuě, níng shuāng xiá liè, yúlín lángān, zhōng rǔ jiéhuá, chán yán línglóng tóng zhù. Yīnyáng dé pèi, tián dàn xiāngchǔ, yún zé cóng lóng, fēng zé cóng hǔ, yǐng zhī suí xíng, xiǎng zhī yìngshēng. Shuǐxìng rùn xià, huǒqì yánshàng, tiāndì kǎn lí, zìrán zhī zhuàng. Hún dìng pò níng, qì guàn qiūshuāng, hūn hūn hùndùn, nánběi bù fēn, pái yīn lì yáng, cóng yīzhì jiǔ, xiān bái hòu huáng, chì hēi biǎo guǒ, sè biàngēng zǐ, guānghuá hèrán, jiǔ zhuǎn chún yáng, wǔ fāng hēi zú, guī bǐ hòu tǔ, ér chéng hái dān. Liú xíng jīnshí, zhì huǒ yī nián, zhìshì fú shí, jīnshā jiǔ hái, xūyú biànhuà, fēng chí wùsàn, bǎi hái jiǔ qiào, sìzhī wǔzàng, sōusuǒ yīn hēi, nǎi lìzhèng yáng. Rú bīng zhī jiě ér guī tài xuán mèi zhě, hé zhīyù zé bù mí. Ruò sù yùn jī xìng, zé zì qì zhēnlǐ, zhì jié jiānzhēn, huò dāng xiǎo wù. Xìng méng yì zhuō, huáiyí bùxìn, gài jī yāng shēnhòu, hòu zhōng bù wén. Zhāozhāo zhī yì, bùkě qī wū. Xuézhě wùzhī, jī yǔ zhì yān.

[Trigram] Qián, Kūn, Kǎn, dan Lí, keras dan lembut berpadu dengan selaras, keempatnya saling mencakupi satu sama lain, disebut kealamian. Angka-angka  2, 4, 3, 5, dan 1 merupakan intisari langit beserta bumi. Angka-angka 2 dan 8, berkaitan dengan penanda langit, berkumpul dalam bejana berkaki tiga (dǐng), bejana berkaki tiga merupakan langit dan bumi, selaku ruang kedewaan. Qián dan Kūn merupakan aula gemilang (aula tengah suatu istana), bahan obat-obatan adalah mentari beserta rembulan, merupakan suami istri, karenanya disebut penguasa dan bawahan.Yin serta Yang, dan musim-musim dalam setahun, api (energi panas) mengikuti pergerakan yáo, secara bertahap selaras dengan empat musim, serta sesuai dengan Yin dan Yang. Lima unsur saling mengalahkan, [tetapi juga] berubah saling menjadi ayah dan ibu. Musim semi beserta musim gugur sudah ada bagiannya [masing-masing], hukuman dan pahala berpadu secara selaras. Oleh karena itu, nada huángzhōng (bulan kesebelas penanggalan China) dijumpai pada [Cabang Bumi] , Yang bergerak ke kiri dan tiba pada [Cabang Bumi] . Nada ruibin (bulan kelima penanggalan China) dijumpai pada [Cabang Bumi] , Yin bergerak ke kanan sampai ke [Cabang Bumi] Hài. Dari angka 1 sampai 9, siklus perhitungannya telah paripurna, sehingga kembali lagi ke awal. Api telah berkobar dengan dashyat, bayi mengeluarkan suara kesedihannya, bergerak naik turun dengan pesat, seringkali ingin membumbung ke atas, sangat ditakuti dan menimbulkan rasa hormat, bersikap waspada serta jangan lengah, bersikap waspada baik saat diam maupun bergerak. Apabila penguasa berlaku tinggi hati dan bawahan merupakan para penjilat, pelimpahan anugerah beserta hukuman menjadi tidak adil, keadilan menjadi sirna, musim dingin dan panas tidak lagi hadir tepat waktu, musibah serta marabahaya dengan sendirinya akan muncul. Jika penguasa berlaku suci dan bawahan bertindak benar, maka langit beserta bumi akan jernih dan damai, mentari serta rembulan bersinar gemilang, Jalan Kebenaran (Dào) menjadi bertumbuh, raja akan menghadirkan kedamaian agung, musim dingin dan panas akan selaras dengan hukum [alam], bintang gantang akan bergerak sesuai musimnya, lima unsur beserta delapan trigram dan semua hal menjadi gemilang, anak timbangan zhū serta liǎng dipergunakan dengan jujur, kekerasan beserta kelembutan diterapkan secara selaras, perubahan musim tidak akan meleset dari waktunya. Kegemilangan misterius panca warna, senantiasa berubah, salju-salju yang berjatuhan dalam bentuk butiran-butiran kecil, tampil laksana salju putih berkilau, membeku di padang, [laksana] sisik ikan kering, stalaktit beserta bunga pada musimnya, dan tiang tembaga permata nan bagaikan bebatuan karang. Yin dan Yang berpadu, saling bernaung dengan tenang serta damai, awan mematuhi naga, angin mematuhi harimau, bayangan adalah mengikuti wujudnya, dan gema mengikuti suaranya. Hakikat air adalah mengalir ke bawah. Hakikat api adalah menyala ke atas. Langit dan Bumi beserta [trigram] Kǎn, dan, berada dalam kealamiannya. Hún ditetapkan menyatu dengan, menembus kebekuan musim gugur, debu-debu menimbulkan kekeruhan, selatan beserta utara tiada terpisah, membariskan Yin dan menegakkan Yang, dari satu sampai sembilan, diawali dari warna putih dan diakhiri dengan warna kuning, merah serta hitam menyelimuti permukaannya, warna berubah menjadi ungu, bunga cahaya bersinar gemilang, sembilan putaran menjadi Yang nan murni, lima arah kaki hitam, kembali ke tanah, dan menyempurnakan pil [kedewaan]. Mengalirkan batu keemasan, menghadirkan api selama setahun, kaum terpelajar menghendaki pakaian beserta makanan, pasir emas kembali sembilan kali, berubah dengan sekejap, angin berhembus kencang dan kabut tercerai berai, seratus tulang serta sembilan lubang tubuh, empat anggota gerak tubuh dan lima organ dalam, mencari Yin nan gelap dan menegakkan Yang nan benar. Laksana es mencair serta kembali ke keadaan kemisteriusan agung, apa yang diketahui dan berpadu dengan aturan tidak akan menimbulkan kebingungan. Jika bernaung pada hakikat rahasia nan mendalam, maka aturan tersebut akan mengungkapkan prinsip kebenaran, dan membangkitkan tekad kuat, dimana mereka barangkali akan merealisasi pemahaman. Bagi yang diliputi ketidaktahuan beserta keraguan dan tidak menaruh keyakinan, maka pada akhirnya mereka tiada akan pernah mendengarnya. Kebenaran yang teramat gemilang, tidak dapat dipalsukan. Pelajari dan renungkanlah, Aku akan meninggalkan warisan di sini."