Minggu, 19 Juni 2011

Buku Riwayat Chen Yuanguang (Kai Zhang Sheng Wang)

Buku Riwayat Chen Yuanguang (Kai Zhang Sheng Wang)


Judul buku: Kai Zhang Sheng Wang: Wei Hui Gong- Semarang
(dalam bentuk cerita bergambar dwi bahasa).

...

Cerita Ringkas

Chen Yuan Guang (657-711) lahir di Guang Zhou Shi di propinsi He Nan pada jaman dinasti Tang. Sejak umur 13 ikut sang ayah yang panglima perang menumpas gerombolan pengacau di propinsi Fu Jian. Selama puluhan tahun tentara kerajaan Tang membabat dan membrantas anasir-anasir jahat yang mengganggu keamanan, akhirnya dapat menguasai kekacauan yang selama berkembang di wilayah Min (Fu Jian) dan Yue (Guang Dong). atas perintah pihak istana pada Chui Gong tahun kedua (686 Masehi) membangun dan mendirikan Zhang Zhou. Chen Yuan Guang adalah walikota pertama kota itu, selama bertahun-tahun menata kota, hasilnya luar biasa, kemajuan iptek yang sudah berkembang di Zhong Yuan, budaya murni kakek moyang, teknik persawahan dan irigasi, menjadikan daerah yang awalnya terbelakang meningkat lebih maju dan merata, keamanan terjamin, kehidupan masyarakat tenteram, antar suku hidup rukun, keselarasan hidup yang terus ditingkatkan menjadi pupuk dasar kemajuan kota Chang Zhou.

Sepanjang hidup panglima Chen Yuang Guang menghadapi banyak hambatan dan rintangan, kondisi yang serba sulit justru menjadi tantangan dan mengobarkan jiwa kepahlawanan. Ibarat membabat hutan menggugurkan gunung membuka kota, pahalanya tak terhapus sampai kapan saja. Adalah generasi penerusnya menganugerahkan sebutan kehormatan kepadanya "Kai Zhang Sheng Wang" (Raja Agung Pendiri Zhang Zhou). Kebesaran panglima Chen Yuanguang takkan pernah dilupakan orang, namanya akan tetap harum di lembar sejarah sepanjang abad.

Berikut ini adalah cuplikan gambar dari buku itu:


Buku yang sangat bagus bagi mereka yang ingin mengenal perjuangan Kai Zhang Sheng Wang dalam menentramkan daerah selatan. Semoga generasi muda dapat meneladani perjuangan Beliau. Semoga bermanfaat.