Sabtu, 05 November 2011

Bermain dengan Numerologi

Bermain Dengan Numerologi
Ivan Taniputera
4 November 2011


Numerologi adalah semacam metoda mengetahui kepribadian seseorang berdasarkan nama atau tanggal lahirnya. Jika nama yang dijadikan acuan, maka masing-masing huruf yang menyusun nama seseorang akan dijadikan angka, dan setelah itu dijumlahkan dengan aturan serta rumus tertentu. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan menggunakan tanggal lahir sebagai acuan. Saya akan memaparkan metoda yang relatif mudah dalam mengenali kepribadian Anda.
Dalam buku karya Karen J. David berjudul I’ve Got Your Number!: Using the Secrets of Numerology to Shape Your Life, caranya adalah sebagai berikut. Susun tahun, bulan dan tanggal kelahiran Anda sebagai berikut. Misalnya Anda dilahirkan tanggal 8 Juli 1970. Susun dan jumlahkan sebagai berikut:
1970
07
8
-------- +
1985
Anda dapatkan angka 1985. Jumlahkan lagi: 1 + 9 + 8 + 5. Anda dapatkan 23. Jumlahkan kembali 2 + 3, dan mendapatkan 5. Lima inilah angka kelahiran atau birthpath Anda. Secara ringkas kata kunci bagi masing-masing angka kelahiran adalah sebagai berikut:
SATU
Rasa kepemimpinan yang kuat. Dambaan yang besar terhadap kebebasan. Berjuang mewujudkan gagasannya dengan semangat luar biasa dan terkadang berlebihan. Bisa ditinggalkan oleh rekan atau kawan jika terlalu menonjolkan keakuan Anda.
DUA
Punya jiwa sensitif, tetapi terkadang suka ditutup-tutupi. Lebih menonjolkan diplomasi ketimbang paksaan. Anda cenderung mencari harmoni dan lebih suka bekerja sama. Kelemahannya, bisa susah mengambil keputusan, karena mengedepankan harmoni, sehingga berusaha memuaskan banyak pihak. Namun masing-masing pihak tentunya punya keinginan berbeda-beda, yang sulit dipuaskan bersamaan.

TIGA
Pandai berkata-kata dan bersilat lidah. Punya imajinasi yang kuat dan ini dipadukan dengan kemampuan Anda berkata-kata atau bercerita. Anda berbakat dalam musik, tulis menulis, atau seni.
EMPAT
Anda memiliki rasa tanggung jawab yang kuat. Terkadang rasa tanggung jawab yang kuat ini justru dapat menjadi musuh Anda, karena Anda didorong untuk memikul sesuatu terlampau berat. Anda punya loyalitas dan kemampuan bekerja keras, namun tidak mengetahui batasnya. Anda memiliki kedisiplinan dalam menjalankan tugas serta kewajiban Anda dan terkadang ingin menerapkannya pula pada orang yang Anda kasihi.
LIMA
Anda merupakan orang yang tidak suka dibelenggun oleh hal-hal konvensional, dan gemar menciptakan sesuatu yang berbeda dengan hal-hal biasa dianut orang lain. Anda gemar melakukan perjalanan, termasuk demi mencari jawaban bagi pertanyaan batin Anda. Kurang cocok melakukan pekerjaan yang rutin. Anda menghendaki warna-warni dalam pekerjaan Anda.
ENAM
Memiliki rasa kepedulian yang kuat terhadap sesama atau orang yang dikasihi. Mendambakan ikatan yang kuat dalam keluarga. Anda dapat menjadi sangat protektif terhadap orang-orang yang menjadi sasaran kepedulian Anda, dan ada kalanya bisa timbul keinginan memaksakan pandangan-pandangan Anda pada mereka. Anda punya kecenderungan mencurahkan sungguh-sungguh hidup Anda pada keluarga atau orang yang Anda kasihi.
TUJUH
Mementingkan intelektual dan penelaahan terhadap sesuatu. Anda merupakan orang yang gemar mengejar pengetahuan lebih mendalam terhadap sesuatu dan menelaahnya. Anda berusaha mencari jawaban bagi segala sesuatu yang menjadi misteri bagi orang lain. Konflik yang mungkin terjadi jika Anda tak menemukan jawabannya. Anda akan cenderung memercayainya bagitu saja. Padahal sisi lain dari pikiran Anda mendambakan pengetahuan yang melatar belakangi hal itu.
DELAPAN
Anda punya kemampuan yang baik dalam mengorganisasi sesuatu. Kelebihan Anda adalah sanggup memilah-milah mana yang bernilai dan tak bernilai. Anda piawai memanfaatkan uang dan sumber daya Anda dalam mewujudkan tujuan Anda.
SEMBILAN
Anda punya jiwa yang murah hati. Anda cocok bergaul dengan orang-orang yang berasal dari berbagai lapisan dan kalangan serta menyesuaikan diri dengan mereka. Meskipun demikian, Anda terkadang tidak sanggup melihat arah dan tujuan hidup Anda. Anda merupakan orang yang peduli terhadap karya-karya kemanusiaan.

Demikianlah makna angka-angka di atas secara ringkas. Tentu saja terdapat metoda yang lebih rumit dalam numerologi. Tulisan ini hanya sebagai pengantar saja. Para pembaca yang berminat dan ingin tahu lebih banyak mengenai numerologi disarankan membaca lebih jauh buku-buku dengan topik tersebut. Meskipun demikian, metoda metafisika apapun hendaknya diperlakukan secara bijak dan bukannya menjadi sasaran kepercayaan membuta. Para pembaca yang ingin ikut berpartisipasi pada riset ini boleh menerapkan metoda di atas pada tanggal kelahirannya sendiri dan memberikan komentar mengenai akurasinya.