Rabu, 16 Oktober 2019

CATATAN BEBERAPA TEMPAT ANGKER DI SEMARANG: GUNUNG PITIK DAN GUNUNG GOMBONG


CATATAN BEBERAPA TEMPAT ANGKER DI SEMARANG: GUNUNG PITIK DAN GUNUNG GOMBONG.
.
Ivan Taniputera.
16 Oktober 2019.
.
Catatan ini dibuat berdasarkan obrolan dengan seorang kenalan. Tujuannya adalah untuk melestarikan pengetahuan setempat saja. Kenalan itu kebetulan tinggal di kawasan Semarang bagian selatan. Ia menuturkan mengenai sebuah gunung bernama Gunung Pitik yang berada dekat tempat kediamannya. Pitik sendiri berarti “ayam” dan gunung tersebut diberi nama seperti itu karena dahulu di sana banyak terdapat ayam hutan. Konon dahulu tempat itu terkenal angker dan banyak dihuni makhluk halus, sehingga tidak banyak orang berani ke sana. Tetapi kini sudah ramai dan menjadi obyek wisata. Sejujurnya, saya sendiri baru pertama kali mendengar mengenai Gunung Pitik.
.
Selanjutnya, disebutkan pula bahwa di sebelah Gunung Pitik terdapat gunung lain yang bernama Gunung Gombong. Saya mencoba menggambar peta sebagai berikut.
.
.
Gunung Gombong ini menurut penduduk setempat juga dikenal angker. Saya mencoba mencari letak Gunung Gombong di peta, tetapi tidak menemukannya. Oleh karenanya pada peta di atas saya hanya memperkirakan letaknya saja.
.
Di Gunung Gombong terdapat sumur keramat yang konon dihuni oleh harimau putih. Zaman dahulu terdapat orang yang melihat harimau putih terjun ke dalam sumur. Meskipun demikian, setelah dilihat ke dalam sumur ternyata tidak ada apa-apa. Di dekat Gunung Gombong juga terdapat sungai yang disebut Kali Gombong. Masih menurut penuturan kenalan tersebut barangsiapa yang memancing di sana dan memperoleh ikan kocolan, maka artinya tidak lama kemudian ia akan menemui musibah. Saya mencoba mencari informasi lebih jauh tentang ikan tersebut di wikipedia. Ternyata ikan kocolan itu merupakan nama lain ikan gabus (Channa striata). Selain itu, konon terdapat pula pohon beringin yang angker.
.
Demikian sekelumit catatan mengenai tempat angker di Semarang. Saya sendiri belum pernah mengunjungi Gunung Pitik dan Gunung Gombong. Jika tidak dituturkan oleh kenalan tersebut saya mungkin tidak akan mengetahuinya. Bagi para pembaca yang hendak menambahkan informasi mengenai Gunung Pitik dan Gunung Gombong silakan menghubungi saya.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . . . . . . .
.
.
PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.