Kamis, 06 Oktober 2016

KISAH TAXI HANTU DI THAILAND

KISAH TAXI HANTU DI THAILAND
.
Ivan Taniputera.
6 Oktober 2016.
.



.
Baru-baru ini salah seorang sahabat mengisahkan pengalamannya dalam mencegat taxi di Thailand. Ia mengatakan bahwa saat malam hari mendapatkan taxi di Thailand sungguh sulit. Meski ia melihat taxinya sedang tidak mengangkut penumpang, tetapi pengemudi taxi menolak berhenti. Barangkali hal tersebut diakibatkan oleh masalah keamanan. Mungkin supir taxi merasa khawatir mengangkut penumpang dari tempat-tempat sepi atau rawan.
.
Meski mungkin sekali hal tersebut diakibatkan oleh masalah keamanan semata, namun saya teringat pengalaman saya mengunjungi Thailand pada tahun 1999 atau tujuh belas tahun lampau. Saat itu, saya merasa tidak begitu sulit mendapatkan taxi; namun saya memang tidak pernah pergi malam hari.
.
Pada kesempatan tersebut, salah seorang pengemudi taxi menuturkan pada saya apa yang disebut taxi hantu. Kebetulan ia menguasai bahasa Inggris dengan cukup baik, walaupun logat pengucapannya terkadang membuat saya sedikit bingung. Pembicaraan sesungguhnya diawali sewaktu saya menanyakan gambar-gambar jimat yang ditempelkan pada mobil tersebut. Ia menceritakan bahwa orang Thailand sangat percaya pada hal-hal gaib. Para pengemudi taxi juga sering mendapatkan penampakan makhluk halus saat bekerja di malam hari. Itulah sebabnya mereka memasang gambar jimat. Namun pembicaraan akhirnya beralih pada fenomena yang dinamakan “taxi hantu.” Ini adalah nama sejenis ilmu kekayaan gaib (Jawa: pesugihan) dengan bantuan makhluk halus, yang khusus dipraktikkan para pengemudi taxi di sana.
.
Praktik ilmu kekayaan itu adalah dengan mengangkut makhluk halus. Pengemudi taxi yang mempraktikkan pesugihan jenis ini melalukan ritual tertentu. Kemungkinan tujuannya adalah mengundang makhluk halus. Setelah makhluk halus itu diyakini datang, ia lalu menjalankan taxinya hingga sejauh jarak atau tempat tertentu. Tentu saja, orang awam yang tidak dapat menyaksikan keberadaan makhluk halus akan melihatnya sebagai taxi kosong atau tidak berpenumpang. Sewaktu mengangkut makhluk halus tersebut, ia tidak boleh berhenti mengangkut penumpang lain. Jadi, tidak berbeda dengan mengangkut penumpang manusia. Apabila sudah ada penumpang yang menaiki taxi tersebut, maka tidak ada orang lain yang boleh menumpang lagi. Hal yang sama juga berlaku dengan penumpang berupa makhluk halus. Meski taxi nampak kosong, ia tidak mau berhenti jika dipanggil, dan terus saja melaju. Konon, makhluk halus itu dipercaya akan memberikan rejeki padanya.
.
Ia menambahkan lagi, bahwa sebenarnya hal ini sangat jarang sekali diceritakan pada para penumpang, karena khawatir mereka ketakutan. Hanya saja, mungkin karena mengetahui bahwa saya orang asing, maka ia meriwayatkan hal tersebut pada saya. Ritualnya pun sangat rahasia. Karena sifatnya yang rahasia tersebut, kemungkinan sangat sulit mengetahui mengenainya. Apabila Anda mengunjungi Thailand, maka boleh mencoba menelisik keberadaan ritual taxi hantu tersebut. Jikalau beruntung, kemungkinan Anda akan mendapatkan informasi mengenainya.
.
Saya tidak tahu apakah fenomena ini masih ada atau tidak di Thailand sekarang. Barangkali apa yang dialami kawan saya itu memang tidak ada hubungannya dengan taxi pengangkut hantu tersebut.
.
Di negara kita, sebenarnya terdapat ritual yang mirip dengan taxi hantu di atas. Saya pernah mendengar bahwa saat pertunjukkan film ada beberapa kursi yang dikosongkan. Pada hotel-hotel tertentu, konon juga ada kamar-kamar yang sengaja tidak disewakan pada pengunjung. Semua itu, katanya diperuntukkan bagi para makhluk halus agar mereka tidak menganggu atau menimbulkan hal-hal tidak diinginkan.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . . .




PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.