Minggu, 29 Januari 2017

APAKAH JURUSAN TEKNIK MESIN ITU?

APAKAH JURUSAN TEKNIK MESIN ITU?
.
Ivan Taniputera.
29 Januari 2017
.
Sebentar lagi siswa kelas XII akan menghadapi Ujian Nasional (UN). Setelah itu, sebagian dari mereka ada yang melanjutkan kuliah atau langsung bekerja. Bagi yang ingin melanjutkan kuliah seringkali dilanda kebingungan dalam memilih jurusan. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi mengenai jurusan teknik mesin.
.
Pertama-tama saya akan membahas mengenai jurusan teknik mesin secara umum. Banyak orang salah mengira bahwa dengan mengikuti jurusan teknik mesin, mereka akan piawai dalam memperbaiki atau mereparasi mesin. Ini adalah pandangan yang keliru. Sebenarnya, jurusan teknik mesin sedikit sekali hubungannya dengan memperbaiki mesin. Meskipun demikian, tentu saja ilmu yang diperoleh dari kuliah teknik mesin sedikit banyak akan tetap bermanfaat jika kelak dalam dunia kerja kita diminta menangani perbaikan mesin. Namun jurusan teknik mesin tidak secara khusus mengajarkan bagaimana memperbaiki suatu mesin atau perkakas.
.
Lalu apakah yang dipelajari pada jurusan teknik mesin? Mata kuliah-mata kuliah dasar yang dipelajari pada jurusan teknik mesin di berbagai universitas dan negara mungkin saja berbeda. Tetapi terdapat berbagai mata kuliah yang umum dipelajari oleh mahasiswa teknik mesin di mana pun mereka menuntut ilmu.
.
Pertama-tama adalah mata kuliah matematika dan fisika. Oleh karenanya, bagi yang ingin melanjutkan studi teknik mesin, harus mempunyai dasar matematika dan fisika yang kuat selama duduk di bangku SMU. Bidang yang dipelajari dalam matematika adalah terutama kalkulus, seperti diferensial dan integral. Jadi semasa masih di bangku SMU perkuat pemahaman diferensial beserta integral. Bidang yang dipelajari dalam fisika umumnya adalah fisika dasar; meliputi mekanika, gelombang, optik, dan lain sebagainya.
.
Selanjutnya terdapat mata kuliah mekanika teknik. Sebenarnya ini merupakan bagian fisika. Mekanika teknik antara lain membahas mengenai kesetimbangan benda tegar; termasuk gaya-gaya yang bekerja pada suatu sistim. Sebagai contoh, Anda diberikan sebuah rangka baja dan diminta menghitung berapa besar gaya yang bekerja pada masing-masing bagiannya. Kemudian terdapat kinematika dan dinamika benda tegar, mekanika getaran, mekanika fluida, dan masih banyak lagi lainnya. Tujuannya agar Anda mengetahui gaya dan momen apakah yang bekerja pada suatu sistim. Dengan demikian, pengetahuan ini dapat dipergunakan dalam perhitungan kekuatan bahan yang akan dibahas lebih mendalam pada mata kuliah elemen mesin.
.
Karena Anda mengikuti jurusan teknik mesin, maka tentu saja yang menjadi “menu” khusus jurusan ini salah satunya adalah elemen mesin. Dari namanya kita mengetahui bahwa mata kuliah ini mempelajari mengenai elemen-elemen mesin, seperti toleransi, baut, roda gigi, pasak, gelindingan (Inggris: bearing; Jerman: Waelzlager), rantai, dan lain sebagainya. Anda akan diajarkan mengenai fungsi dan juga perhitungan kekuatannya.
.
Masih ada lagi tentang hidrolika dan pneumatika. Anda mungkin pernah melihat mesin backhoe yang dipergunakan membersihkan sungai. Mesin backhoe bekerjanya sangat tergantung pada sistim hidrolika. Jadi serok pada mesin tersebut dapat bergerak karena sistim hidrolika. Contoh lain adalah alat pengangkat pada bengkel cuci mobil. Di bangku SMU, tentunya Anda sudah mengenal rumus F1/A1 = F2/A2. Ini adalah rumus dasar hidrolika. Pneumatika sebenarnya mirip dengan hidrolika. Bedanya adalah hidrolika bekerja dengan oli, sedangkan pneumatika dengan bantuan udara. Pneumatika banyak dipergunakan dalam dunia otomatisasi dan robotika.
.
Satu lagi "menu" utama jurusan teknik mesin yang sangat penting adalah menggambar teknik. Syarat utamanya adalah kita harus dapat menuangkan gambar tiga dimensi menjadi dua dimensi. Kita harus mengetahui bagaimana aturan-aturan dalam gambar teknik yang berlaku secara internasional. Jadi, kalau kita membuat gambar mesin, maka gambar itu harus dapat dibaca di seluruh dunia. Tentu saja, “menggambar” di sini bukan dalam artian seni lukis. Jadi, jangan keliru dengan menyatakan, “Saya pandai menggambar, maka saya akan memilih jurusan teknik mesin.” Menggambar teknik berbeda jauh dengan seni lukis. Yang dipentingkan dalam gambar teknik bukan keindahan, melainkan orang dapat memahami gambar Anda dan juga keakurasian gambar tersebut. Meskipun demikian, sekarang sudah banyak piranti lunak yang dapat membantu Anda menggambar teknik.
.
Ilmu bahan juga diajarkan pada jurusan teknik mesin. Anda akan mempelajari mengenai struktur berbagai jenis logam dan juga bagaimana perubahannya sewaktu mendapat perlakuan panas. Anda juga akan belajar mengenai berbagai metoda masinisasi, seperti bubut, frais, sekrap, mengebor, las, dan lain sebagainya. Metoda masinisasi ini dipergunakan dalam membuat berbagai elemen mesin. Jadi, setiap elemen mesin itu harus dibuat melalui proses masinisasi yang tepat. Oleh karenanya, mata kuliah ilmu bahan dan masinisasi ini terkait erat. Sebelum merancang suatu elemen mesin, Anda harus menentukan bahan dan juga cara pembuatan (metoda masinisasi) yang tepat. Ibaratnya adalah seperti Anda membuat suatu jenis masakan. Pertama-tama, Anda menyiapkan bahan-bahan makanannya terlebih dahulu dan sesudah itu mengolahnya dengan cara yang tepat.
.
Masih ada lagi mata kuliah termodinamika, yakni segala sesuatu mengenai panas atau kalor. Anda tentu pernah menerima pelajaran termodinamika ini yang menjadi bagian fisika sewaktu duduk di bangku SMU. Kini Anda akan belajar lebih dalam mengenainya. Anda akan mengenal bagaimana cara kerja mesin mobil dan juga turbin pembangkit listrik.
.
Sebenarnya pada tingkat dasar, masih terdapat mata kuliah-mata kuliah lain, seperti dasar-dasar elektronika dan komputer.
.
Jadi, tujuan kuliah teknik mesin sebenarnya adalah memperkenalkan landasan teoritis bekerjanya suatu sistim atau mesin. Jika kita ingin mengangkat benda seberat sekian, berapakah daya motor yang dibutuhkan? Mengapa kita memerlukan roda gigi dengan ukuran sekian? Kita juga akan sanggup merancang suatu mesin atau perkakas bagi keperluan tertentu. Dengan demikian, kuliah pada jurusan teknik mesin tidak ada hubungannya dengan reparasi atau perbaikan; melainkan lebih ke arah landasan keilmuan dalam memahami cara bekerja suatu mesin atau bagaimana merancangnya.
.
Kita sudah sedikit mengenal garis besar jurusan teknik mesin. Apakah Anda tertarik?