Rabu, 12 April 2017

RAMALAN UNIK BERDASARKAN 24 TITIK KEDUDUKAN MATAHARI (JIE) MENURUT PENANGGALAN CHINA

RAMALAN UNIK BERDASARKAN 24 TITIK KEDUDUKAN MATAHARI (JIE) MENURUT PENANGGALAN CHINA.
.
Ivan Taniputera.
26 Maret 2017.
.




.
Pada kesempatan kali ini, saya ingin memaparkan mengenai ramalan berdasarkan 24 titik kedudukan Matahari. Adapun kedua puluh empat titik ini dikenal sebagai 24 Jieqi (二十四節氣) dalam bahasa Mandarin, yang mewakili 24 titik sebagaimana dilalui matahari selama setahun. Saya sudah memeriksa di internet dan mendapati bahwa belum ada yang menulis mengenai ramalan ini. Oleh karenanya, saya lalu berniat menyarikannya ke dalam bahasa Indonesia dengan didasari sejilid pustaka ramalan kuno berbahasa Mandarin.
.
Ramalan ini cukup sederhana. Anda hanya memerlukan tanggal lahir saja. Sebagai contoh, jika Anda terlahir pada tanggal 21 Februari, maka itu termasuk Xiaohan. Anda tinggal memeriksa ramalan bagi kelahiran Xiaohan.
.
Ramalan ini sangat bermanfaat dalam mengenali baik kelebihan maupun kelemahan hidup Anda. Dengan demikian, Anda dapat memahami apa yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki dalam kehidupan Anda. Agar dapat menaburkan manfaat bagi sebanyak mungkin orang, maka setelah membacanya, disarankan setelah membacanya, Anda membagikan (share) tulisan ini pada rekan-rekan Anda. Keberuntungan akan menjadi milik Anda. Namun jika Anda mementingkan diri sendiri, maka kesedihan dan kemalangan akan menjadi milik Anda selamanya. Sesungguhnya, orang yang mementingkan diri sendiri atau egois adalah orang paling menyedihkan dan malang di muka bumi ini. Marilah kita kembangkan sikap altruistik.
.
1. DONGZHI (5 Februari-18 Februari)
.
Anda merupakan orang yang menjunjung tinggi idealisme. Artinya, Anda mendasari segenap pandangan hidup dan tindakan Anda berdasarkan suatu prinsip yang Anda anut. Hal ini ada sisi baik dan buruknya. Apabila prinsip yang Anda anut itu baik, maka Anda akan menjadi orang yang baik. Sebaliknya, jika prinsip itu buruk, maka daya rusaknya juga akan dashyat. Meskipun demikian, secara umum Anda adalah orang yang menjunjung tinggi kemanusiaan- baik dalam tataran luas maupun sempit. Tetapi hal ini janganlah dianggap sebagai sesuatu yang sepenuhnya baik. Terdapat pula sisi baik dan buruknya. Jika Anda mempelajari sejarah, maka bahkan diktaktor yang paling kejam pun, kemungkinan segenap tindakannya didasari oleh niat menyelamatkan dunia atau bangsanya. Kendati demikian, pada dasarnya Anda lebih mengedepankan bujukan yang halus ketimbang paksaan dalam mewujudkan tindakan Anda. Anda merupakan orang yang mempunyai tujuan-tujuan baik. Namun ingat bahwa yang disebut “baik” pun bersifat relatif. Sebagaimana yang telah diungkapkan di atas, para diktaktor paling kejam di muka bumi juga mungkin mendasari tindakannya atas sesuatu yang dianggapnya baik. Dalam bekerja, uang bukanlah segalanya bagi Anda. Anda bersedia menerima gaji kecil asalkan itu dapat memuaskan idealisme Anda. Anda tidak dapat bekerja lama di suatu tempat yang tidak dapat memuaskan idealisme Anda. Kelemahan Anda lainnya adalah gemar menunda-nunda pekerjaan. Karena kecenderungan Anda pada idealisme, mungkin Anda menggemari pekerjaan sosial atau terkait politik.
.
2. XIAOHAN (19 Februari-5 Maret)
.
Anda merupakan orang yang setia, baik terhadap seseorang atau pandangan yang Anda kagumi. Kesetiaan ini juga bagaikan pedang bermata dua; artinya ada baik dan buruknya. Sisi buruknya, kesetiaan Anda itu berpeluang menjadi fanatisme membuta jikalau tidak dikendalikan dan tanpa disertai kebijaksanaan. Sebagai contoh, jika Anda sudah benar-benar yakin bahwa sesuatu itu layak diikuti, maka baginya Anda rela bekerja tanpa digaji sama sekali. Perbedaan dengan orang kelahiran Dongzhi, mereka masih mengharapkan gaji walau sedikit; sedangkan orang kelahiran Xiaohan bersedia tidak dibayar sama sekali. Kalau mereka sudah menjadi fanatik terhadap pandangan keliru, maka susah sekali mengajaknya kembali ke jalan yang benar. Bahkan tidak jarang mereka rela mati bagi keyakinannya. Sisi baiknya, jika hal tersebut didasari oleh kemanusiaan dan cinta kasih tulus, Anda benar-benar dapat menjadi pejuang kemanusiaan yang handal. Anda lebih mementingkan hati dibandingkan pikiran. Oleh karenanya, kurang cocok menjadi penegak hukum atau profesi terkait penegakan aturan, seperti bagian personalia, karena Anda mudah merasa kasihan pada orang lain. Akibatnya Anda akan bersifat kurang tegas. Anda mudah kasihan pada orang lain, kendati sesungguhnya orang itu tidak patut dikasihani. Anda lebih cocok menekuni pekerjaan yang berhubungan dengan banyak orang. Pekerjaan yang cocok bagi Anda adalah dokter atau pekerja medis; karena pekerjaan tersebut memerlukan kesetiaan dan pengabdian tulus bagi kemanusiaan-tanpa memedulikan kaya atau miskin. Pekerjaan terkait seni (seniman) juga cocok bagi Anda, karena agar menghasilkan suatu karya yang luar biasa, seorang seniman tidak boleh memikirkan uang.
.
3. DAHAN (6 Maret-20 Maret).
.
Anda merupakan orang yang hidup di dua kutub, yakni impian atau gagasan ideal Anda dan dunia nyata. Perbedaan dengan orang kelahiran Dongzhi dan Xiaohan adalah dalam hal hubungannya dengan dunia nyata. Orang kelahiran Dongzi dan Xiaohan biasanya hanya melihat sisi idealisme dan impian mereka saja, tanpa berupaya menghubungkannya dengan dunia nyata. Sebaliknya, orang kelahiran Dahan berupaya menjembatani antara keduanya. Kendati demikian, hal ini tidak selamanya mudah. Itulah sebabnya, orang kelahiran Dahan sering merasa terjebak di antara kedua kutub dan dilanda kebingungan dalam menentukan pilihan. Mereka terkadang sering bingung harus memilih yang mana dan merasa tertekan sewaktu kedua kutub itu tidak bisa diselaraskan. Sebagai contoh, Anda menginginkan pekerjaan yang sanggup mendukung harapan dan keinginan Anda, tetapi juga mengharapkan gaji besar. Padahal di dunia ini tidak ada sesuatu pun yang sepenuhnya memuaskan Anda. Anda harus mengorbankan salah satu. Sewaktu harus mengorbankan salah satu itulah Anda mungkin menghadapi kebimbangan besar dan tidak jarang tekanan batin kuat, sehingga tidak jarang Anda tidak bisa tidur berhari-hari memikirkan serta mempertimbangkannya. Sehubungan dengan pekerjaan yang cocok, maka Anda perlu mencari pekerjaan yang dapat menunjang harapan beserta impian Anda, namun juga memberikan pendapatan memuaskan. Pekerjaan semacam ini sangat banyak dan luas, sehingga tidak dapat disebutkan satu persatu dan bisa mencakup apa saja. Sebagai contoh adalah seorang pakar di suatu bidang yang digaji tinggi karena keahlian uniknya. Itulah sebabnya, orang kelahiran Dahan harus mendapatkan pendidikan tinggi dan mengembangkan suatu keahlian yang jarang atau tidak dimiliki orang lain. Tentunya pendidikan itu juga harus sesuai dengan gagasan ideal dan impiannya.
.
4. LICHUN (21 Maret-5 April)
.
Anda ingin menjadi yang pertama dan terutama dalam berbagai hal. Anda ingin menjadi pemenang dalam berbagai aspek kehidupan yang Anda tekuni. Anda mungkin kurang puas hanya mendapat peringkat kedua dan ingin menjadi yang pertama. Anda merupakan perintis bagi berbagai hal yang belum banyak ditekuni orang lain. Keinginan menjadi pemenang dalam segala hal ini baik dan buruknya. Jika Anda terlalu terobsesi menjadi pemenang dan gagal, maka Anda akan terjerumus ke dalam rasa patah semangat yang luar biasa. Anda merupakan orang yang gemar bekerja keras, namun kelemahannya bisa terjebak dalam pekerjaan Anda, sehingga mengabaikan aspek kehidupan lainnya. Anda merupakan orang yang sangat mementingkan karir. Sisi baiknya, Anda bisa mencapai keutamaan dalam pekerjaan atau karir Anda. Tetapi sisi buruknya, bisa kehilangan berbagai hal indah dalam hidup Anda. Anda merupakan orang yang sanggup memimpin orang lain; namun berbeda dengan orang kelahiran Dongzhi, Anda lebih menekankan perintah dan bukan bujukan. Anda merupakan orang yang kurang peka terhadap perasaan orang lain, sehingga berpeluang menyinggung mereka tanpa Anda sadari. Anda merupakan orang yang tegas, sehingga cocok menekuni pekerjaan yang memerlukan ketegasan, seperti kepala bagian personalia, polisi, hakim, pelatih, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga cocok menekuni bidang penjualan, karena agar dapat menjual sesuatu dengan baik butuh kegigihan dan semangat juang tinggi.
.
5. YUSHUI (6 April-20 April).
.
Pada masa muda, Anda merupakan orang yang menggemari petualangan dan juga akan berjuang keras mewujudkan segenap dambaan Anda. Anda menggemari berbagai tantangan dan segala sesuatu yang menyerempet bahaya. Tanpa tantangan dan petualangan hidup Anda serasa hampa atau tidak berarti. Namun, seiring bertambahnya usia, Anda akan makin tenang dan santai. Anda mulai akan memilih pekerjaan yang tenang dan tidak banyak gejolak. Dalam kehidupan ini, Anda akan mempunyai berbagai keinginan yang hendak diwujudkan, serta terdorong meraih kesuksesan. Tidak mengherankan jika memasuki usia pertengahan Anda sudah meraih beberapa pencapaian tertentu. Berbeda dengan orang kelahiran Dongzhi, Xiaohan, dan Dahan, dimana mereka terkadang masih berpegang pada idealisme atau impian yang tinggi, Anda merupakan orang yang realistis. Anda lebih mementingkan realita dan tidak suka bermimpi. Anda barangkali hanya sedikit mempunyai idealisme dan menanggapi segala sesuatu berdasarkan kenyataan yang ada. Pandangan Anda mungkin bisa berubah-ubah tergantung situasi dan kondisi. Anda merupakan orang yang piawai dalam menjadwalkan sesuatu agar selesai pada waktunya. Kelemahannya, karena semasa muda menggemari petualangan dan kegiatan menyerempet bahaya, maka bisa jadi Anda kurang menghargai kehidupan beserta segala sesuatu yang telah Anda miliki. Sebagai contoh, Anda mungkin tidak segan mengorbankan uang Anda bagi kegiatan-kegiatan yang sifatnya spekulatif. Dengan demikian, tidak mengherankan bahwa semasa muda kehidupan Anda akan jatuh bangun. Anda tidak akan meyakini sesuatu tanpa didasari bukti-bukti nyata atau ilmiah (jika hendak disebut idealisme, maka barangkali inilah salah satu di antara sedikit idealisme Anda). Hal ini juga ada baik dan buruknya. Sisi baiknya bisa menjadikan Anda obyektif, namun saat seseorang harus bertindak dan memberikan keputusan cepat, kemungkinan bukti-bukti nyata itu belum dapat diberikan. Padahal tanpa bukti-bukti semacam itu Anda tidak akan atau ragu dalam bertindak. Akibatnya, segala sesuatu mungkin sudah terlambat. Anda merupakan orang yang kreatif dan sanggup menghasilkan berbagai gagasan cemerlang baik dalam tataran besar maupun kecil. Karena mementingkan bukti-bukti ilmiah itu maka Anda cocok menjadi ilmuwan dan pengambil keputusan berdasarkan data-data yang ada.
.
6. JINGZHE (21 April-5 Mei)
.
Anda ingin menjadi orang yang dipercaya dan bertanggung jawab. Anda merupakan orang yang bersikap konservatif dan lebih suka menerapkan cara-cara lama serta aman. Sebagai contoh, dalam keuangan Anda kurang menyukai spekulasi. Anda lebih suka mendapatkan uang dengan cara yang aman. Bagi Anda meski lambat tidak masalah, yang penting selamat. Anda mengharapkan pemasukan yang mapan, yakni tiap bulan sudah ada hasil yang pasti. Oleh karenanya, Anda mungkin lebih suka bekerja dan berkarir di perusahaan orang lain. Kendati demikian, bukan berarti Anda tidak boleh membuka usaha sendiri. Apabila membuka usaha sendiri Anda juga cenderung bermain aman. Sebagai contoh, Anda tidak suka menyediakan barang terlampau banyak. Jika habis baru pesan lagi. Tentu saja, hal semacam ini juga ada sisi baik dan buruknya. Tidak ada di muka bumi ini yang baik 100 persen. Karena terlalu bermain aman, maka orang menganggap Anda terlalu penakut dan mungkin uang baru bisa terkumpul setelah usia pertengahan. Terdapat suatu kesombongan sewaktu Anda berhasil mencapai sesuatu yang Anda anggap berharga. Dengan kata lain, Anda mudah puas. Kelemahan lain adalah kurangnya keinginan menolong orang lain. Anda mungkin dianggap dingin dan tidak peduli oleh orang lain. Dalam mengerjakan sesuatu, Anda mungkin juga agak lambat. Sebagaimana yang telah diungkapkan di atas, barangkali semboyan Anda adalah “biar lambat asal selamat.” Anda juga tidak dapat memutuskan sesuatu dengan cepat dan kurang kelenturan (fleksibilitas) dalam menghadapi berbagai masalah. Karena menghendaki rasa aman, Anda juga kurang dapat menjadi pemimpin. Anda lebih suka menerima dan menjalankan perintah orang lain. Dengan demikian, Anda dapat menjadi pelaksana yang baik. Hal lain yang harus diperhatikan adalah, Anda mudah jatuh pada rasa malas yang berlebihan. Pekerjaan yang cocok bagi Anda adalah mempertahankan serta melestarikan sesuatu yang sudah ada. Dengan demikian, Anda boleh melamar bagian pemeliharaan (maintenance). Jika hendak bekerja sendiri, Anda boleh membuka bengkel pemeliharaan dan reparasi.
.
7. CHUNFEN (6 Mei-21 Mei).
.
Anda merupakan orang yang berpijak pada dua dunia. Pada satu sisi Anda ingin mengharapkan kemapanan namun pada sisi lain Anda juga mengharapkan kehidupan yang penuh perubahan dan tantangan. Anda mempunyai keinginan memahami pemikiran dan perasaan orang lain. Oleh karenanya, Anda mungkin gemar sekali mendiskusikan pendapat orang lain mengenai suatu hal; misalnya topik-topik yang menjadi tren saat itu. Dengan demikian, Anda cocok menjadi wartawan atau bidang relasi publik (public relation). Anda juga cocok menjadi peneliti pasar dan bekerja di lembaga jajak pendapat. Anda mungkin ingin mempunyai pekerjaan yang juga bernuansa petualangan. Kelemahan Anda adalah selalu tidak puas dan ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih menarik atau menantang menurut Anda. Oleh karenanya, Anda kemungkinan meninggalkan pekerjaan setengah jalan, tatkala menemukan hal lain yang lebih menarik perhatian Anda. Mungkin hingga usia pertengahan Anda sering berganti-ganti pekerjaan. Begitu pula dalam hal mencari pasangan hidup. Kemungkinan, Anda sulit membina suatu relasi serius yang bertahan lama, karena selalu ingin mencari pasangan hidup lebih baik. Dengan kata lain, Anda tidak mudah puas terhadap apa yang sudah Anda dapatkan. Kelemahan lain adalah malas bergerak jika tidak ada yang menggerakkan. Dengan demikian, dalam pekerjaan sulit bagi Anda dipercaya memegang jabatan yang memerlukan inisiatif pribadi, seperti manager, penyelia, dan lain sebagainya. Anda lebih cocok menjadi pelaksana. Pada dasarnya, Anda bukan merupakan orang yang idealis dan cenderung pragmatis. Artinya, pandangan yang Anda anut cenderung berubah-ubah, yakni selalu menyesuaikan dengan apa yang Anda anggap menguntungkan. Itulah sebabnya, mungkin orang lain menganggap Anda tidak punya pendirian.
.
8. QINGMING (22 Mei-6 Juni).
.
Anda merupakan yang selalu mempunyai rasa ingin tahu yang besar dan senantiasa haus akan pengetahuan. Namun kelemahannya adalah terdapat kecenderungan mempelajari terlalu banyak hal, sehingga mengakibatkan Anda bingung sendiri. Anda juga gemar berjalan-jalan, dimana hal tersebut juga dilandasi rasa ingin tahu yang kuat. Anda ingin menyaksikan dunia yang baru bagi Anda. Oleh karenanya, pekerjaan sebagai pemandu wisata atau biro perjalanan juga mungkin menarik perhatian Anda. Hanya saja, jika yang dikunjungi lokasi itu-itu juga, Anda pada akhirnya akan merasakan suatu kebosanan. Anda mungkin juga cocok menjadi pemandu wisata kuliner atau menulis blog tentangnya-tentu saja jika bidang kuliner menarik perhatian Anda. Intinya harus selalu ada penjelajahan terhadap ranah-ranah baru. Anda juga cocok menjadi peneliti terhadap hal-hal baru yang belum diungkapkan. Anda juga mungkin gemar menjelajah dunia maya. Orang mungkin akan menganggap Anda cocok diajak bicara apa saja. Sebaliknya, Anda juga gemar menimba pengetahuan dari orang lain, termasuk yang baru dikenal sekalipun. Jika berjumpa orang baru, Anda mungkin akan “mewawancarainya” sebanyak mungkin. Dalam bekerja Anda mungkin kurang begitu suka diawasi dan tidak menyukai terlalu banyak aturan. Meskipun demikian, Anda mungkin gemar memaksakan aturan Anda pada orang lain. Anda tidak menyukai sesuatu yang terlampau serius dan gemar bercanda. Kelemahannya, orang lain barangkali akan menganggap Anda tidak dapat diajak berbicara serius. Anda juga orang yang gemar menekuni hobi Anda dan dapat menjadikan hobi tersebut mata pencaharian.
.
9. GUYU (7 Juni-21 Juni)
.
Sewaktu masih muda Anda merupakan orang yang kurang serius baik dalam belajar maupun bekerja, tetapi hal tersebut akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Anda merupakan orang yang berjiwa bebas dan tidak mau dibebani oleh berbagai tanggung jawab. Itulah sebabnya, pernikahan juga akan terlambat. Anda malas menikah pada usia muda karena itu dirasa membebani Anda. Anda merupakan orang yang menggemari pujian. Kelebihan Anda adalah sanggup berpikir cepat. Oleh karenanya, Anda cocok menjadi perumus strategi jitu. Biasanya terdapat pula kepandaian dalam berhitung. Kemungkinan Anda juga menggemari permainan yang memerlukan pemikiran cepat, seperti catur. Anda juga cocok menjadi perantara atau penengah antara kedua belah pihak. Dengan demikian, Anda juga cocok menjadi pedagang perantara. Kelemahan Anda yang utama adalah gemar lari dari tanggung jawab. Hal ini dapat menimbulkan masalah besar bagi Anda. Bila tidak berhati-hati, berpeluang pula mengakibatkan tuntutan di pengadilan. Selain itu, Anda juga kurang cocok menjalani pekerjaan rutin.
.
10. LIXIA (22 Juni-6 Juli).
.
Kunci kebahagiaan dalam kehidupan Anda adalah rasa dibutuhkan oleh lingkungan sekitar Anda. Jadi, Anda akan merasakan kesedihan luar biasa tatkala tidak lagi merasa dibutuhkan. Sebagai contoh, bila bekerja pada orang lain dan Anda rasa tidak berguna lagi maka Anda mungkin lebih memilih mengundurkan diri saja. Hal ini berlaku pula di tengah keluarga dan masyarakat. Intinya adalah Anda harus merasa dianggap berharga oleh orang lain. Anda mungkin merasa senang tatkala ada orang meminta bantuan Anda. Motivasi utamanya tentu saja bukan uang, melainkan demi mendapatkan rasa dibutuhkan oleh orang lain. Saat mengikuti suatu kegiatan, Anda sebenarnya kurang suka hanya menjadi penonton saja. Anda lebih suka dilibatkan pada acara tersebut. Mungkin Anda ingin menjadi panitia atau pengurus bagi acara tersebut. Tentu saja, segala sesuatu ada sisi baik dan buruknya. Keinginan agar selalu dibutuhkan orang lain itu pada gilirannya juga membuat Anda sibuk sendiri dan dilanda kebingungan saat hendak memilih mana yang hendak didahulukan. Misalkan dalam sehari ada puluhan orang yang meminta bantuan Anda, maka Anda tentu akan merasa bingung dan menjadi sangat sibuk. Akibatnya, Anda mungkin kekurangan waktu bagi diri Anda sendiri. Karena kesibukan itu, Anda juga berpeluang mengabaikan beberapa permintaan bantuan orang lain, sehingga mereka yang meminta bantuan Anda tersebut pada kesempatan lainnya tidak akan mencari Anda lagi. Sisi baiknya, Anda mungkin akan dianggap sebagai orang yang baik dan siap menolong. Terlepas dari semua itu, Anda sebenarnya juga orang yang mementingkan uang, walaupun mungkin bukan menjadi motivasi utama. Intinya Anda ingin mendapatkan uang dari pekerjaan-pekerjaan yang Anda rasa bermanfaat bagi orang lain. Anda cocok bekerja dalam bidang bimbingan dan penyuluhan (konseling) serta pekerjaan yang sanggup memotivasi orang lain menjadi lebih baik. Anda juga cocok bekerja dalam bidang jasa. Kendati demikian, Anda kurang cocok pada pekerjaan yang memerlukan perhitungan teliti dan kemampuan matematis tingkat lanjut. 
.
11. XIAOMAN (7 Juli-22 Juli).
.
Anda merupakan orang yang menjunjung nilai-nilai tradisional dan yakin bahwa ada suatu kebijaksanaan atau nilai-nilai kebajikan dalam tradisi lama. Oleh karenanya, tidak mengherankan bila Anda merupakan seorang pelestari tradisi dan budaya yang Anda anut. Kendati demikian, kelemahannya Anda bisa dianggap orang yang ketinggalan zaman oleh orang lain, terutama mereka yang tidak menyukai tradisi lama. Anda merupakan orang yang mementingkan keluarga dan orang-orang yang Anda kasihi serta akan berjuang melindungi mereka. Anda merupakan orang yang mengharapkan kebaikan bagi orang lain dan berusaha mewujudkannya. Dalam bekerja Anda menghendaki agar segala sesuatu diselesaikan secara sempurna dan tidak mau setengah-setengah. Sesuatu yang setengah-setengah membuat Anda merasa was-was dan khawatir. Itulah sebabnya dalam bekerja Anda benar-benar mencurahkan segenap tenaga agar segala sesuatu dapat terselesaikan dengan baik. Dalam memberikan informasi, Anda juga tidak mau setengah-setengah. Itulah sebabnya, saat seseorang menanyakan jalan pada Anda, maka Anda akan memberitahukannya sejelas mungkin hingga mereka mengerti dan tidak tersesat. Hal ini memang sangat baik dan mulia, tetapi ada sisi buruknya. Anda kemungkinan dapat membocorkan berbagai informasi penting atau rahasia yang seharusnya tidak boleh diketahui terlalu banyak orang. Metoda yang Anda pergunakan dalam bekerja juga lebih bersikap konvensional. Kata kunci lain yang penting dalam kehidupan Anda adalah pengenalan dan pengakuan. Anda merasa sangat bangga dan puas apabila pekerjaan Anda mendapatkan pengakuan dari orang lain. Dalam hal ini Anda memang bersifat ambisius, walaupun tidak sampai terobsesi dengannya. Kelebihan lain Anda adalah kepekaan dalam mengenali perasaan orang lain, baik tersurat maupun tersirat, disertai harapan menolong mereka terbebas dari segenap kesedihan dan penderitaan. Dalam hal ini, Anda akan mendatangkan pahala kebajikan (德 de) bagi diri Anda sendiri. Kelemahan lain Anda adalah Anda seringkali terlalu peka terhadap kritik yang ditujukan pada diri Anda. Mungkin Anda akan memikirkan berhari-hari kritik tersebut, sehingga mengganggu aktifitas sehar-hari Anda. Suasana kerja yang Anda dambakan adalah lingkungan yang diliputi semangat kekeluargaan. Bukan berarti Anda tidak tegas, namun segala sesuatu harus diselesaikan secara kekeluargaan, termasuk pelanggaran sekalipun. Oleh karena Anda menggemari sesuatu yang bersifat tradisional, maka Anda cocok menjadi pustakawan, budayawan, penulis, atau penerbitan. Anda juga cocok menekuni bidang pembuatan kerajinan tradisional, seperti ukiran, tenunan, pahatan, lukisan, dan lain sebagainya. Anda juga cocok menjadi guru, terutama guru sejarah dan kebudayaan.
.
12. MANGZHONG (23 Juli-7 Agustus)
.
Anda merupakan orang yang menganggap diri sendiri penting dan dibutuhkan orang lain. Anda merasa diri Anda lebih pandai dan bijaksana dibandingkan orang lain. Memang mungkin hal itu ada benarnya. Baik disadari atau tidak disadari, Anda akan berjuang menjadi lebih baik serta unggul dibandingkan orang lain. Tetapi tidak jarang, perasaan unggul itu juga berasal dari kesalahan Anda dalam menilai diri sendiri. Akibatnya, Anda akan dianggap sok atau sombong oleh orang lain. Hal ini adalah hambatan besar dalam kehidupan Anda. Oleh karenanya, Anda perlu obyektif dalam menilai diri sendiri. Karena merasa diri sendiri lebih hebat dibandingkan orang lain, Anda juga mengharapkan orang lain menghormati Anda. Anda akan merasa kesal jika orang lain kurang menghormati Anda. Namun apakah Anda sudah menghormati orang lain pula? Anda juga gemar mencari perhatian dari orang lain, dimana hal ini juga dapat membangkitkan kekesalan dalam diri mereka. Anda merupakan orang yang gemar bersenang-senang, tetapi dalam bekerja mengharapkan agar orang lain kagum pada Anda. Jika kita renungkan secara seksama, maka dua harapan ini memang berpeluang mengalami konflik satu sama lain. Ada kalanya Anda merasa malas dan enggan dalam bekerja serta lebih ingin bersenang-senang atau bersantai; tetapi masih mengharap orang lain menilai pekerjaan Anda hebat. Anda merupakan orang yang gemar memberi perintah, sehingga cocok memegang jabatan sebagai manajer atau penyelia. Anda selalu ingin di garis depan. Kelemahannya, agar orang menilai Anda hebat, tidak jarang pula Anda terlalu membesar-besarkan kemampuan diri Anda. Yang patut diingat sikap seperti ini dapat membawa Anda dalam masalah besar. Orang akan kesal jika ternyata kemampuan Anda tidak seperti yang diharapkan. Anda juga mudah terjerumus dalam kekesalan dan dendam tatkala ada orang lain yang Anda rasa lebih hebat dibanding Anda.
.
13. XIAZHI (8 Agustus-23 Agustus)
.
Anda merupakan orang yang mengejar kesuksesan dalam segala hal. Anda juga merupakan orang yang mengejar pengetahuan hingga hal-hal mendasar. Anda juga sanggup mengemukakan pandangan Anda dengan disertai alasan dan bukti-bukti masuk akal. Anda merupakan orang yang sanggup bekerja tidak kenal lelah demi mewujudkan berbagai tujuan Anda. Namun, jika itu bukan merupakan harapan atau tujuan Anda, maka Anda akan bekerja setengah-setengah. Anda juga lebih cocok bekerja sendiri dibandingkan bekerja pada orang lain, terkecuali Anda yang menjadi pemegang kekuasaan dan penentu keputusan. Kelebihan Anda adalah sanggup mengamati sesuatu secara utuh (holistik). Jadi, Anda dapat menyaksikan gambaran keseluruhan dan juga mengamati rincian-rinciannya. Oleh karenanya, Anda cocok menjadi perancang struktur organisasi atau peralatan. Biasanya Anda agak lambat menerima pemikiran atau perkembangan baru; karena Anda akan mengamati terlebih dahulu secara seksama apakah hal baru tersebut benar-benar cocok atau tidak-bukan Anda anti terhadap pembaharuan. Dalam bekerja Anda perlu mempunyai kesempatan mewujudkan gagasan-gagasan yang Anda anggap benar. Ini sekali lagi menegaskan bahwa Anda cocok membuka usaha sendiri. Siapakah yang paling dapat mewujudkan gagasannya, selain pemilik usaha itu sendiri? Kelemahannya, Anda memang bisa dianggap orang lain gemar memaksakan kehendak dan juga gemar mendominasi pembicaraan. Anda mungkin gemar menyela pembicaraan orang lain.
.
14. XIAOSHU (24 Agustus-7 September)
.
Anda merupakan orang yang mengharapkan agar segenap peraturan beserta adat istiadat dijalankan secara benar. Meski hal tersebut nampaknya baik, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di sini. Apa yang dimaksud “peraturan” di sini tidak harus mengacu pada aturan yang berlaku di tengah-tengah masyarakat. Bisa saja “peraturan” itu adalah buatan Anda sendiri, dimana mungkin saja hal tersebut berbeda dengan yang umum dianut oleh masyarakat. Jadi sisi buruknya, bisa saja menjadikan Anda memaksakan aturan yang Anda buat sendiri. Dapat juga diartikan Anda hanya mau patuh pada aturan yang sesuai dengan diri Anda, dimana aturan atau tata cara itu mungkin saja berbeda (walau tidak harus berbeda) dengan apa yang umum dianut masyarakat. Anda menyukai kerapian. Jadi Anda menghendaki agar pakaian, perabotan, dokumen, perkakas, sepatu, dan lain sebagainya diletakkan pada tempatnya yang benar. Obsesi akan kerapian ini bisa juga membuat pasangan hidup Anda tertekan. Anda mungkin akan kesal dan marah besar, saat pulang ke rumah kaki Anda tersandung sepatu yang berceceran di lantai. Meskipun demikian, Anda merupakan pekerja yang rajin dan ingin mengerjakan segala sesuatunya dari awal hingga akhir. Anda akan mengerjakan suatu pekerjaan hingga akhir dan tidak suka bekerja setengah-setengah. Kelebihan Anda lainnya adalah dapat menemukan suatu kesimpulan di tengah berbagai fakta yang ruwet atau rumit. Kelemahan Anda adalah kurang peka terhadap perasaan orang lain. Anda mungkin menganggap orang lain sebagai benda yang dapat diperlakukan sesuai kehendak Anda. Pekerjaan yang cocok antara lain terkait dengan menafsirkan berbagai data yang dihadirkan pada Anda. 
.
15. DASHU (8 September-22 September)
.
Anda merupakan orang yang tidak banyak menuntut dan biasanya sudah puas dengan apa yang Anda terima dalam hidup ini. Anda merupakan orang yang pemalu dan menampilkan kelembutan. Anda tidak mudah marah, namun jika sampai meledak amarahnya pasti akan mempunyai daya rusak yang dashyat. Dengan kata lain, kalau sampai Anda marah, maka keadaannya pasti sudah keterlaluan. Anda gemar memperbaiki sesuatu yang rusak. Dalam bekerja, Anda menghendaki agar segenap rincian dilakukan dengan baik-termasuk rincian yang tidak dianggap perlu oleh sebagian besar orang. Sebagai contoh, di dalam keluarga Anda mungkin setiap malam sebelum tidur akan bertanya-tanya: Apakah pintu pagar sudah dikunci? Apakah pintu utama sudah dikunci? Apakah lampu sudah dimatikan? Apakah kompor sudah dimatikan? Orang lain mungkin akan menganggap Anda cerewet atau terlalu terobsesi pada hal-hal kecil. Itulah sebabnya, jika sudah berbicara masalah rincian, jarang ada orang yang sanggup bekerja pada Anda. Kelemahan lain Anda adalah karena terlalu mementingkan rincian atau hal-hal kecil, maka Anda terkadang kurang sanggup melihat bagian yang lebih besar. Anda mungkin akan bingung sewaktu ditanya apakah hubungan antara berbagai bagian kecil itu atau apakah gunanya terlalu memusingkan hal-hal kecil tersebut. Oleh sebab itu, Anda berpeluang tersesat di antara hutan rimba berbagai rincian atau hal-hal kecil. Kelebihan Anda adalah sanggup memahami hal-hal baru dengan cepat. Anda merupakan orang teliti, sehingga cocok menekuni pekerjaan yang ada hubungannya dengan ketelitian; sebagai contoh bagian pemeriksa pembukuan, reparasi peralatan atau perkakas yang sangat halus; matematikawan, dan lain sebagainya. Anda mungkin juga cocok menekuni usaha suku cadang mesin atau kendaraan, karena memerlukan pula ketelitian yang tinggi. Terkadang ada mesin atau perkakas yang suku cadangnya sampai berjumlah ratusan. Bila bukan orang yang teliti tentu akan sangat sulit menanganinya.
.
16. LIQIU (23 September-8 Oktober)
.
Anda merupakan orang yang tidak memihak dan lebih suka berdiri di tengah-tengah. Sebagai contoh, jika ada dua orang teman Anda yang berselisih maka Anda lebih suka berdiri di tengah-tengah. Karena sikap yang tidak memihak ini, Anda cocok menjadi juru damai di tengah-tengah pertikaian. Anda juga kurang menyukai tindakan yang terlalu ekstrim dan menyukai ketenangan. Dalam memilih rumah, mungkin Anda menyukai lingkungan yang tenang, seperti perumahan. Sesuatu yang hingar bingar juga dapat menjadikan Anda kehilangan emosi. Sehubungan dengan pekerjaan, Anda kurang suka melakukan pekerjaan yang sulit dan menghabiskan tenaga. Biasanya, Anda hanya maju jika suatu pekerjaan hampir selesai dan tertinggal yang ringan-ringan saja. Sisi buruknya, Anda dapat dianggap oleh orang lain hanya memilih enaknya saja. Ibaratnya, dalam peperangan Anda menyuruh orang lain maju terlebih dahulu, sedangkan Anda tinggal menunggu di belakang medan pertempuran. Bila musuh sudah hampir kalah barulah Anda maju dan berbagi kemenangan itu dengan orang lain yang berjuang keras. Dengan demikian, jika Anda hendak berkarir maka sebaliknya memilih perusahaan yang sudah berjalan baik, misalnya perusahaan besar-di mana segala sesuatunya sudah tertata rapi dan Anda tinggal meneruskan saja. Anda kurang cocok bekerja di perusahaan yang masih baru dan bersifat rintisan. Meski tidak bersedia mengerjakan bagian sulitnya, Anda tetap mengharapkan penghargaan orang lain dalam bekerja. Jadi ini sekali lagi menegaskan bahwa Anda cocok bekerja di bidang pekerjaan yang sudah mapan. Apabila bekerja di perusahaan yang masih merintis dan Anda enggan bekerja keras, maka rekan-rekan kerja beserta atasan Anda sudah tentu kurang menyukai apalagi menghargai Anda. Jikalau hendak bekerja sendiri, maka sebaiknya Anda bekerja sama dengan orang lain, dimana ia sudah berpengalaman dalam bidang tersebut. Anda mungkin merasa malas jika harus merintis segalanya dari nol. Lebih baik Anda menggandeng orang yang sudah berpengalaman. Anda merupakan orang yang berkarisma dan berupaya membuat orang lain tertarik atau terpesona pada Anda. Selain itu, Anda juga mempunyai cita rasa tinggi, sehingga mungkin memedulikan pakaian dan penampilan. Barangkali berupaya menampilkan diri secara menarik itu juga upaya Anda membuat orang lain terpesona pada Anda. Kelemahan lain Anda adalah kurangnya keberanian dalam mengambil keputusan secara cepat; dimana hal itu ada kaitannya dengan kecenderungan Anda pada ketenangan. Dalam memutuskan sesuatu Anda harus memikirkannya dengan penuh ketenangan dan tidak bisa pada situasi yang penuh ketegangan atau terburu-buru. Kendati demikian, Anda merupakan orang yang cocok dimintai pertimbangan karena sikap Anda yang tidak memihak serta adil. Anda merupakan orang yang mecintai keindahan, sehingga cocok menekuni pekerjaan sebagai perancang busana atau seniman. Intinya adalah pekerjaan yang terkait keindahan.
.
17. CHUSHU (9 Oktober-23 Oktober)
.
Semasa muda Anda akan gemar berganti-ganti pekerjaan. Kehidupan Anda belum mencapai kemantapan dan Anda merasa tidak punya tujuan hidup. Kemungkinan juga malas bersekolah atau kuliah. Jika Anda bersekolah atau kuliah, maka itu kemungkinan hanya untuk menyenangkan orang tua atau memenuhi kebiasaan umum saja. Karena tiadanya tujuan hidup ini, Anda mungkin terseret pada berbagai kegiatan yang sia-sia. Kendati demikian, seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan mulai menemukan tujuan hidup Anda. Kemungkinan setelah menikah dan berkeluarga kehidupan Anda mulai mantap, dimana Anda akan mulai dapat memusatkan perhatian pada suatu pekerjaan. Pandangan hidup Anda juga akan mengalami kemantapan serta semakin kokoh. Tidak jarang pada usia pertengahan Anda akan mengabdikan diri pada bidang spiritual atau keagamaan dan semacamnya. Anda cocok menekuni pekerjaan yang melibatkan banyak orang. Oleh karenanya, bekerja dengan mesin kurang cocok bagi Anda. Anda merupakan orang yang mempunyai kemampuan bernegosiasi yang baik. Dengan demikian, Anda cocok menjadi negosiator. Kelemahannya, Anda suka meremehkan sesuatu. Akibatnya terkadang Anda justru mengabaikan hal-hal penting. Anda sering menganggap enteng sesuatu, sehingga akirnya kelabakan. Kemungkinan juga terdapat kecenderungan mengulur-ulur waktu. Anda selalu merasa bahwa besok masih ada waktu dan baru sadar saat waktunya tinggal sedikit. Kelemahan ini juga berpeluang menjadikan Anda kehilangan peluang berharga. Kelemahan lain adalah adanya ketergantungan yang kuat pada orang lain, sehingga dianggap kurang mandiri. Mungkin jika hendak bepergian, biasanya pasangan hidup Anda yang menyiapkan barang bawaan bagi Anda. Jika Anda sendiri yang harus menyiapkannya, maka banyak barang penting yang akan tertinggal. Itulah sebabnya, Anda lebih cocok mengerjakan sesuatu yang tidak mempunyai tenggang waktu.
.
18. BAILU (24 Oktober-7 November)
.
Anda merupakan orang yang mandiri dan dapat bergantung pada diri Anda sendiri. Meskipun demikian, Anda tetap bersedia menerima bantuan orang lain. Namun tetap ada semacam derajat kemandirian dalam diri Anda. Jadi ada sebagian hal yang dapat Anda delegasikan pada orang lain; namun tetap ada bagian yang harus Anda pegang sendiri. Jadi meski bisa dikerjakan oleh orang lain, khusus bagian tersebut harus Anda yang menanganinya. Apabila bepergian Anda lebih suka seorang diri. Biasanya bepergian dengan teman hanya jarang-jarang saja. Oleh karenanya, meski baik pada orang lain, tetapi jumlah teman tidak banyak. Anda merupakan orang yang dapat bekerja di bawah tekanan, namun begitu batasnya telah dicapai Anda tidak dapat bekerja lagi lebih jauh. Biasanya Anda akan bekerja keras sampai jatuh sakit baru akan beristirahat. Kalau tidak sampai benar-benar sakit tidak akan berhenti bekerja. Anda merupakan yang akan memperjuangkan tujuan Anda sampai tercapai. Oleh karenanya, jika sudah menetapkan suatu tujuan atau kemauan, Anda sulit dihalangi. Baru setelah hal itu tercapai Anda baru merasa puas. Sebaliknya, jika bukan merupakan tujuan Anda, maka biar dipaksa bagaimana pun juga Anda tidak akan melaksanakannya. Itulah sebabnya, semasa kecil mungkin dianggap bandel. Anda hanya mau mengerjakan apa yang Anda sukai. Kelemahannya adalah, Anda baru mau berhenti jika sudah bertemu batunya. Mungkin orang lain sudah memperingatkan Anda, tetapi jika hati sudah bulat, Anda akan maju terus. Anda bukan orang yang terlalu mementingkan uang atau penghormatan orang lain. Yang penting bagi Anda adalah mewujudkan jati diri Anda. Anda merupakan seorang pemimpin yang baik dan pandai dalam mengatur pekerjaan. Meskipun demikian, Anda kurang cocok bergaul dengan orang yang Anda anggap kurang pandai atau cakap. Oleh karenanya, Anda harus menemukan pasangan hidup yang Anda rasa lebih pandai atau handal dibandingkan Anda. Dalam hal ini, dapat dianggap bahwa Anda merupakan orang yang pilih-pilih teman. Mungkin sewaktu sekolah dahulu, Anda hanya bersedia bergaul dengan orang-orang tertentu saja. Kelemahan Anda lainnya adalah sulit menerima kritikan. Jika dikritik maka kemungkinan mental Anda akan jatuh. 
.
19. QIUFEN (8 November-22 November)
.
Anda merupakan orang yang ingin mengerjakan sendiri segala sesuatu dan kurang suka menerima bantuan orang lain. Anda memegang teguh sesuatu yang Anda yakini, sehingga kemungkinan dianggap keras kepala oleh orang lain. Namun sesungguhnya Anda adalah orang yang berpegang pada prinsip Anda sendiri. Hal ini ada baik dan buruknya. Sisi buruknya-sama seperti orang kelahiran Dongzhi-jika prinsip itu baik maka akan mendatangkan manfaat; sebaliknya jika buruk maka akan cenderung merusak diri sendiri dan orang lain. Jika Anda menyukai suatu pekerjaan, Anda akan mengerjakannya sungguh-sungguh dengan sepenuh hati dan tidak mudah lelah. Namun jika tidak menyukai pekerjaan tersebut, hasilnya akan buruk. Anda juga perlu merasa bahwa pekerjaan itu layak dilakukan. Anda mempunyai kemampuan memusatkan pikiran dengan baik serta sanggup mengambil keputusan di tengah situasi sulit. Anda merupakan orang yang menutup diri, sehingga agak sulit menjalin kerja sama dengan orang lain. Anda mempunyai hal-hal dalam hidup yang Anda rahasiakan atau tidak ingin orang lain ketahui. Anda merupakan sosok pendendam dan tidak mudah melupakan sesuatu yang merugikan Anda. Sehubungan dengan pekerjaan, maka Anda dapat memilih bidang yang tidak memerlukan banyak bantuan orang lain, seperti dokter atau perancang sesuatu. Intinya adalah Anda perlu menekuni pekerjaan yang Anda senangi.
.
20. HANLU (23 November-7 Desember)
.
Anda merupakan orang yang sangat mandiri dan ingin menentukan jalan hidup Anda sendiri. Anda tidak mau memedulikan pandangan orang lain. Sebagai contoh, meski kebanyakan orang berjalan di sebelah kanan; bila Anda menganggap berjalan di sebelah kiri lebih baik, Anda tetap akan berjalan di sebelah kiri. Anda tidak peduli dianggap aneh oleh orang lain. Hal ini tentu saja ada baik dan buruknya. Sisi baiknya, Anda merupakan orang yang memegang prinsip dan ini merupakan salah satu penyebab mengapa Anda dihormati serta dihargai orang lain. Sisi buruknya, Anda mungkin akan dijauhi orang lain dan sering merasa harus berjalan sendiri. Meski dijauhi oleh sebagian orang yang menganggap Anda aneh, namun tetap saja Anda mempunyai pengikut entah banyak atau sedikit, yakni orang-orang yang mengagumi keteguhan Anda memegang prinsip. Kendati belum tentu memegang prinsip yang sama dengan Anda, mereka tetap mengagumi Anda. Kelemahan kedua, jika itu prinsip yang buruk, maka susah mengalihkan Anda dari hal tersebut. Anda biasanya cenderung memilih pekerjaan yang sesuai dengan prinsip Anda. Bagi Anda kebebasan adalah segalanya. Anda biasanya sering berjumpa dengan keberuntungan yang sifatnya kebetulan. Anda merupakan orang yang pandai berkata-kata dan sanggup membujuk orang lain mengikuti pandangan Anda. Kelemahan Anda berikutnya adalah kurang dapat bertahan pada suatu pekerjaan, terutama disebabkan oleh obsesi Anda terhadap kebebasan. Meski awalnya nampak menyukai dan antusias terhadap suatu pekerjaan, tetapi jika lambat laun Anda menganggapnya sebagai beban, Anda akan meninggalkannya begitu saja. Anda kurang cocok menjalankan pekerjaan yang sifatnya monoton dan akan menganggapnya sebagai beban.
.
21. SHUANGJIANG (8 Desember-21 Desember)
.
Anda merupakan orang yang penuh percaya diri namun tetap menampilkan sikap rendah hati. Anda merupakan orang yang tidak dapat menganggur begitu saja dan selalu harus ada yang dikerjakan. Intinya adalah Anda harus tetap sibuk. Oleh karenanya, Anda mungkin jarang bersantai. Bersantai justru akan membuat Anda tertekan. Anda merupakan orang yang gemar mencoba hal-hal baru. Jika seorang ibu rumah tangga kemungkinan Anda akan sering mencoba berbagai resep baru. Kata kunci kehidupan Anda adalah percobaan atau eksperimen. Anda merupakan orang. yang menggemari pengetahuan dan juga gemar berbagi bagi orang lain. Apabila sanggup membagikan suatu penemuan atau hal baru, maka kehidupan Anda akan terasa lebih bermakna. Dengan kata lain, Anda bukan orang yang pelit terhadap pengetahuan. Kelemahan Anda adalah sikap ceroboh. Sebagai contoh, mungkin Anda sering kehilangan barang-barang yang penting. Dalam menyelesaikan suatu masalah juga sering mengalami kesalahan akibat kecerobohan tersebut. Barangkali saat masih bersekolah dahulu, Anda malas memeriksa ulang hasil ujian Anda dan ingin langsung mengumpulkannya saja begitu selesai. Kecerobohan dapat menjadi masalah besar dalam hidup Anda. Karena menggemari wawasan baru, barangkali pekerjaan sebagai pemandu wisata atau membuka biro perjalanan juga cocok bagi Anda. Pekerjaan di bidang ilmu pengetahuan atau laboratorium barangkali juga Anda sukai.
.
22. LIDONG (22 Desember-5 Januari)
.
Anda merupakan orang yang ingin menjadi teladan di hadapan orang lain. Barangkali hal ini sudah tampak semenjak Anda masih kanak-kanak. Anda akan berjuang menjadi yang terbaik di antara saudara-saudara Anda. Begitu pula setelah dewasa, Anda juga masih akan mengejar hal yang sama. Menjadi teladan bagi orang lain, merupakan kebanggan bagi Anda. Yang patut diwaspadai adalah obsesi menjadi teladan ini dapat saja merupakan kesombongan terselubung. Sisi buruknya, jika gagal menjadi teladan Anda akan putus asa. Dari sisi prinsip, Anda merupakan orang yang konservatif dan gemar berpegang pada cara-cara lama, sehingga bisa dianggap kolot atau ketinggalan zaman oleh orang lain. Anda lebih suka mendapatkan sesuatu melalui kerja keras, dibandingkan spekulasi. Anda merupakan orang yang setia pada pekerjaan. Oleh karenanya dapat menjalankan suatu pekerjaan dalam waktu lama dan kurang suka berganti-ganti pekerjaan. Kemungkinan Anda menjalankan suatu pekerjaan yang ditekuni seumur hidup atau hampir seumur hidup. Dalam bekerja Anda juga akan menerapkan cara-cara lama. Anda bukan merupakan orang yang mudah menyesuaikan diri atau kurang fleksibel. Selain itu, Anda juga kurang dapat menciptakan solusi-solusi baru yang segar. Anda juga kurang peka terhadap orang lain dan biasanya menganggap mereka seperti mesin saja. Kelebihannya karena gemar bekerja keras dan setia pada pekerjaan, lambat laun pasti akan berhasil mengumpulkan kekayaan. Kehidupan di usia tua pasti akan makmur. Anda lebih cocok pekerjaan di belakang meja.
.
23. XIAOXUE (6 Januari-20 Januari)
.
Anda merupakan yang peduli pada orang lain dan lingkungan sekitar Anda. Sebagai contoh, jika terjadi permasalahan, bencana, pencurian atau tindak kejahatan di sekitar tempat kediaman Anda, mungkin Anda akan turun tangan terlebih dahulu dan lebih banyak bekerja mengatasinya. Oleh karenanya, tidak jarang Anda akan dipilih sebagai pemimpin atau pengurus komunitas Anda. Sebagai orang yang peduli terhadap lingkungan, Anda mungkin akan merasa sakit hati atau terluka saat menyaksikan orang membuang sampah sembarangan. Anda juga mungkin tergerak pada kegiatan pelestarian lingkungan, baik sebagai pendukung aktif ataupun pasif. Anda mungkin tidak sayang menyumbang berbagai organisasi pelestarian lingkungan. Sebagai orang yang peduli pada masyarakat, barangkali Anda juga tertarik terjun ke dunia politik. Tetapi yang terpenting adalah menjaga hati Anda tetap murni. Anda sanggup mengerjakan berbagai pekerjaan yang dianggap membosankan dan berat oleh orang lain, terutama jika itu Anda rasa dapat menunjang kepentingan khalayak ramai. Kelemahannya, obsesi Anda demi kepentingan banyak orang terkadang juga mengorbankan diri sendiri dan juga keluarga Anda. Selain itu, uang bagi Anda barangkali kurang penting dibandingkan karya Anda di organisasi kemasyarakatan. Dari sisi keuangan, Anda merupakan orang yang gemar menabung, terutama demi masa depan. Meski peduli pada masyarakat, namun kelemahannya Anda merupakan sosok yang nampak dingin serta kaku di hadapan orang lain. Anda merupakan orang yang setia, tetapi kurang pandai mengambil hati orang lain. Bagi Anda, kata-kata rayuan atau berbunga-bunga adalah kesia-siaan. Lebih baik mengatakan sesuatu tanpa basa-basi; padahal terkadang basa basi itu juga perlu. Karena kurang sanggup mengambil hati orang lain itu, mungkin karir Anda lambat maju. Kendati demikian, jika saatnya tiba orang akan menghargai kesetiaan Anda dalam bekerja.
.
24. DAXUE (21 JANUARI-4 FEBRUARI)
.
Anda merupakan orang yang mempunyai cita-cita dan idealisme yang tinggi, bahkan terkadang terlalu melambung tinggi. Cita-cita yang tinggi sebenarnya sangat baik, namun tetap harus realistis. Semenjak kecil, Anda barangkali sering membual akan melakukan hal-hal luar biasa. Sisi baiknya, bualan itu mungkin sungguh-sungguh dilaksanakan, tetapi bisa saja hanya tinggal sekedar bualan. Intinya, Anda selalu yakin bahwa Anda ditakdirkan melakukan hal-hal besar. Anda malas mengerjakan hal-hal yang Anda anggap remeh atau rendah. Tentu saja, hal ini ada sisi buruknya juga. Sebagai contoh, saat baru lulus kuliah kemungkinan besar Anda belum dapat memperoleh pekerjaan yang Anda anggap luar biasa. Akibatnya, Anda lebih memilih menganggur saja. Namun pertanyaannya, jika tidak mulai dari bawah, bagaimana Anda bisa mencapai tempat yang tinggi? Apabila Anda terlalu berpegang teguh pada sikap semacam itu, bisa-bisa Anda menjadi pengangguran seumur hidup. Anda ingin menciptakan perubahan di tengah masyarakat. Hal ini tentu saja merupakan hal yang mulia, asalkan dijalankan dengan benar-bukan sekedar angan-angan belaka. Anda mempunyai gagasan mulia yang idealis, seperti menciptakan masyarakat yang lebih baik, yakni bebas kemiskinan, kelaparan, dan lain sebagainya; bahkan mungkin Anda sering menceramahi orang lain mengenai hal tersebut. Namun kalau itu hanya sekedar perkataan saja, orang akan menertawai Anda. Kelemahan Anda adalah sering ragu-ragu dalam mengambil keputusan. Orang akan menganggap Anda plin-plan. Anda merupakan orang yang mempunyai jiwa kemanusiaan tinggi. Sedapat mungkin pekerjaan yang Anda tekuni ada kaitannya dengan nilai-nilai kemanusiaan tersebut.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . .




PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.