Selasa, 30 Agustus 2011

Tipu-tipu Program Investasi

Tipu-tipu Program Investasi
Ivan Taniputera
30 Agustus 2011

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan mengenai program investasi yang menurut sejarahnya sempat marak di tahun 2000an. Apa yang dimaksud program investasi di sini adalah ajakan menanamkan modal dengan iming-iming bunga yang menggiurkan. Salah satu bentuk investasi itu adalah dalam bentuk pembelian hasil bumi tertentu. Menurut program yang mereka tawarkan, perusahaan mereka akan membeli komoditas tersebut saat harganya turun dan menjualnya begitu harga naik. Sepintas program tersebut nampak masuk akal dan menggiurkan. Namun mari kita pikirkan sejenak. Bagaimana bila harga komoditas terus turun atau terus naik? Bisnis seperti ini tidak bisa selamanya menjanjikan sebagaimana halnya permainan saham. Tidak ada yang dapat meramalkan naik turunnya harga komoditas. Memang benar bahwa tak berapa lama kemudian perusahaan investasi tersebut bangkrut dan pemiliknya melarikan diri.

Bentuk investasi lain adalah menawarkan pemilikan bersama sekian hektar tanah. Padahal letak tanahnya sendiri tidaklah jelas. Setelah meraup keuntungan besar, sang penipu melarikan diri, sehingga menyisakan kegetiran dalam diri para korbannya.

Bentuk-bentuk penipuan semacam ini memanfaatkan keinginan dan harapan manusia agar memperoleh keuntungan besar dengan cepat. Dengan kata lain, penipuan semacam mengandalkan penjualan mimpi. Meskipun demikian, kita perlu menelaah dengan cermat segenap prospek yang ditawarkan pada kita. Benarkah prospek itu sungguh-sungguh menjanjikan atau adakah kejanggalan di balinya. Oleh karena itu, orang yang beruntung adalah orang yang waspada. Janganlah mudah tergiur dengan keuntungan yang besar dan cepat.