Kamis, 30 Oktober 2014

BUKU TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN TIONGHOA

BUKU TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN TIONGHOA

.
Ivan Taniputera
31 Oktober 2014
.



Judul: Kapentingan Peladjaran Tionghoa di Tanah Java: Lezing dari Toean Koo Bo Tjhan di Clubgebouw H.C.T.N.H Soerabaia, kurang lebih tahun 1920-an
Jumlah halaman: 26.

Buku ini mengulas mengenai pendidikan terutama di kalangan Tionghoa Indonesia. Terdapat penjelasan mengapa hal ini perlu dipertimbangkan:

"Banjak di antaranja kita poenja Tongpao telah menghadepin segala matjem oeroesan dengan memboeta. Marika toeroet dengan memboeta, bantras dengen memboeta dan critic poen dengen memboeta. Begitoe djoega terhadep pada oeroesan onderwijs dan kasih sekolah anak tjoetjoenja, jang sebetoelnja ada satoe oeroessan jang boekan ketjil dan orang koedoe taoe betoel apa arti dan isinja.
Kebanjakan bangsa kita kasih masoek sekolah anaknja dengen zonder taoe apa jang diadjarken dan apa nanti djadinja, dus sekolah Blanda baik, sekolah Inggris djoega baik dan kalau tida dapet tempat, sekolah Tionghoa poen baik, sekolah Melajoe poen boleh djoega. Malahan ada djoega jang setengah taoen masoek sekolah ini dan setengah taoen masoek sekolah itoe dengan zonder taoe artinja. Lebih loetjoe lagi orang sekolahken anaknja angsal soeda bisa mentjatet kedjadian2 dan oeroesan ketjil didalem roemah soedah merasa poeas dan ini soedah dianggep, orang toea soedah tjoekoep mendjalanken koewadjibannja kasih pendidikan pada anaknja. Poen begitoe djoega itoe kaoem2 penoelis......."

Bahkan pada masa itu, pendidikan Tionghoa tidak lagi dianggap penting.

"Kebanjakan kaoem pranakan Tionghoa di sini pada anggep peladjaran Tionghoa di tanah Java ada koerang practisch bagi pentjarian pengidoepan, maka itoe sebagian dari iaorang telah dorong ke samping itoe peladjaran. Kaloe di sini saja aken tjeritaken bagimana kapentingannja itoe peladjaran oentoek pengidoepan, barangkali djoega toean-toean dan njonja-njonja aken bisa merasa heran!....." (halaman 4)

Berikut ini adalah contoh-contoh halamannya:




Berminat foto kopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.