Rabu, 08 Juli 2015

BUKU TENTANG PERGERAKAN TIONGHOA KARYA KWEE HING TJIAT

BUKU TENTANG PERGERAKAN TIONGHOA KARYA KWEE HING TJIAT

Ivan Taniputera
8 Juli 2015



Judul: Doea Kapala Batoe
Penulis: Kwee Hing Tjiat (1891-1939)
Ditulis di Berlin, tahun 1921
Jumlah halaman: 144

Buku ini membabarkan mengenai pergerakan peranakan Tionghoa di Indonesia yang ketika itu masih bernama Hindia Belanda. Berikut ini adalah daftar isinya.
.



Pada halaman 13 dibabarkan sebagai berikut:

"Sering dengen sangsi orang bitjara tentang sifatnja gerakan Tionghoa di Hindia, boekan sadja laen bangsa, poen kerap orang Tionghoa sendiri tida paham bener doedoeknja itoe perkara, jang kliatan sederhana, tapi sabetoelnja roewet; itoe gerakan jang saatnja boeat djaga prikasopanan Tionghoa, kamoedian terlibet oleh politiek dan oeroesan oeang."

Berdasarkan kutipan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa gerakan Tionghoa itu sebelumnya terutama dalam bidang moral (yakni menjaga adat istiadat kesopanan Tionghoa) saja, tetapi kemudian terseret dalam pusaran politik serta permasalahan uang.

Pada halaman 17 diuraikan lebih lanjut:

"Demikianlah gerakan kasopanan Tionghoa djadi bertindak dalem daera politiek, kerna boeat djaga kasopanan, perloe didjaga politiek lebi doeloe, sementara sekarang ada dirasa, boeat djaga kasopanan dan politiek, perloe didjaga oeroesan oeang lebi doeloe, kendati gerakan economisch = nationaal dari orang Tionghoa di Hindia di ini sa'at oemoemnja masi passief.
Orang merasa, teroetama boeat sekarang, zoender doeit tiada bisa dilakoeken politiek sekalian kasopanan, tapi sebaliknja doeit zonder kasopanan boekan sadja tida aken berfaeda soeatoe apa, malahan berbahaja."

Pada halaman 79 diuraikan pula mengenai gerakan di Tiongkok:

"Kerna gerakan Tionghoa di Hindia hanja satoe bajangan dari gerakan di Tiongkok, maka berikoet saia ada koetib dengen ringkes sabagian penoetoeran dari Ku Hung Ming dalem boekoe "The Story of a Chinese Oxford Movement" jang terkenal di seloeroe doenia, boeat terangken akarnja oeroesan."

Berikut ini adalah contoh-contoh halamannya:





Berminat kopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.