Rabu, 01 Juli 2015

MASAKAN SAYURAN SEHAT KREASIKU

MASAKAN SAYURAN SEHAT KREASIKU

Ivan Taniputera
2 Juli 2015




Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi resep makanan sayuran sehat kreasi saya. Berikut ini adalah bahan-bahannya:

1.Bawang putih
2.Bawang bombay atau bawang timur
3.Tahu
4.Terong
5.Tomat
6.Tauge
7.Jagung muda

Mungkin ada yang bertanya, berapa jumlah masing-masing bahan tersebut, tetapi bagi saya memasak adalah seni. Oleh karenanya, saya tidak pernah memerinci atau menghitung berapa tepatnya jumlah masing-masing bahan masakan. Sebagaimana halnya seseorang melukis, maka semua itu berdasarkan perasaan saja. Anda harus dapat bertumpu pada perasaan dan naluri Anda, seberapa banyak tepatnya jumlah masing-masing bahan makanan penyusun masakan Anda. Jikalau kita sudah menetapkan jumlah yang pasti, apakah bedanya dengan rumus-rumus kimia? Dengan demikian, memasak bukan lagi seni. 
Kini saya akan memaparkan bagaimana cara membuatnya.
Pertama-tama masing-masing bahan dipotong-potong. 
Kemudian panaskan minyak secukupnya dan masukkan tahunya. Goreng hingga tahu berwarna kecoklatan dan agak kering. Setelah itu masukkan potongan-potongan jagung muda, dan aduk-aduk hingga agak lunak. 
Masukkan potongan-potongan tomat, terong, dan tauge. Selanjutnya aduk-aduk secukupnya.
Setelah dirasa cukup masukkan potongan bawang putih dan bawang timur. Bawang-bawangan ini dimasukkan terakhir demi menjaga cita rasanya.
Tambahkan pula garam dan gula secukupnya. Selanjutnya tambahkan juga bumbu-bumbu lain berupa saus dan lain sebagainya. 
Karena merupakan seni, maka bumbu-bumbu tersebut adalah menyesuaikan dengan selera Anda.

Cita rasa masakan ini cukup nyaman di lidah. Ada rasa masam yang berasal dari tomat, dipadu oleh rasa gurih dari terong serta tahu, dan ditingkah oleh kerenyahan tauge. Semua akan menari-nari di atas lidah ada.

Demikianlah cara memasak sayuran sehat kreasiku. Terdapat banyak manfaat yang timbul dari memakan sayuran. Pertama-tama dapat mencukupi kebutuhan kita akan serat. Kedua, dengan memakan lebih banyak sayuran, kita mengurangi makanan yang berasal dari penderitaan makhluk lain. Memang benar bahwa mengonsumsi makanan sayuranis tidak menjadikan kita sebagai orang suci. Tetapi faktanya, jika kita makan sayuranis dan menghindari sebanyak mungkin daging, maka kita juga semakin sedikit menikmati makanan hasil penderitaan makhluk lain. Ini adalah fakta yang tidak dapat dipungkiri siapa pun. 

Selamat mencoba.