Senin, 28 Mei 2012

Menentukan Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Bantuan Metafisika Tiongkok dan Barat

Menentukan Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Bantuan Metafisika Tiongkok dan Barat

Ivan Taniputera
30 Mei 2012

Banyak orang merasa kebingungan dengan pilihan karier dalam hidupnya. Tentu saja memilih karier harus ditentukan dengan bakat dan minat seseorang. Jika memilih pekerjaan yang tak sesuai dengan bakat ataupun minatnya maka sulit mencapai puncak. Kendati demikian, bisa saja seseorang memilih pekerjaan yang tak disukainya namun mendatangkan banyak uang. Tetapi kita harus mengingat bahwa hal itu kemungkinan besar tidak mendatangkan kebahagiaan.

Metafisika Tiongkok dan Barat menawarkan metoda dalam memilih pekerjaan ataupun karier yang sesuai bagi kita. Meskipun demikian, yang harus diingat ini adalah sekedar alat bantu saja dan jangan dipercaya 100 persen, karena semua akhirnya berpulang pada diri kita sendiri.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memaparkan teknik-teknik dalam memilih karier atau pekerjaan berdasarkan Bazi, Ziweidoushu, dan Astrologi Barat. Ketiganya akan coba dipadukan agar dapat lebih mengenal diri kita sendiri.

Ambil contoh, seorang pria yang lahir pada tanggal 19 Juli 1967, pukul 17:03 di Surabaya.

Kita ambil dari Bazi terlebih dahulu.




Salah satu cara menganalisanya adalah dengan metoda unsur kawan dan unsur lawan. Di sini sebagian besar elemen adalah unsur lawan bagi elemen diri atau Jia. Karena sudah terlalu banyak elemen lawan, maka elemen kawan sudah tidak ada gunanya lagi, sehingga akhirnya elemen yang dibutuhkannya adalah justru elemen lawan. Prinsipnya adalah sama dengan elektron terluar pada sebuah unsur menurut ilmu kimia.

Contohnya, Natrium (Na) yang mempunyai satu elektron di kulit terluar, maka ia lebih memilih melepas elektronnya itu, dan bukannya menambah tujuh elektron lagi agar jumlahnya tepat delapan.
Contoh lain, adalah Klor (Cl) yang mempunyai tujuh elektron di kulit terluar, maka ia lebih memilih mengambil satu elektron (dan bukannya melepas yang tujuh elektron tersebut) agar genap memiliki delapan elektron di kulit terluar.

Dengan demikian, api dan tanah merupakan elemen yang dibutuhkan. Jika memilih pekerjaan dapat yang ada kaitannya dengan api atau tanah. Pekerjaan-pekerjaan yang berelemen api antara lain adalah toko alat-alat elektronik, toko perlengkapan komputer, dan lain sebagainya.
Sementara itu pekerjaan yang ada kaitannya dengan tanah adalah jual beli properti, toko keramik (keramik berasal dari tanah), dan lain sebagainya.

Logam yang merupakan unsur lawan, tetapi kurang cocok bagi pemilik diagram Bazi ini, karena logam akan menghasilkan elemen air yang kurang baik bagi pemilik diagram Bazi di atas. Logam ini melambangkan atasan, jadi orang  ini kurang cocok berkarier atau bekerja pada orang lain. Disarankan agar ia bekerja sendiri.

Kemudian kita beralih pada Ziweidoushu.

Kita perhatikan bahwa sektor jiwa adalah Pojun. Pojun merupakan bintang pendobrak. Sifatnya adalah tidak suka dikendalikan orang lain. Kerap kali ia berlaku keras dan kasar. Ia kurang suka orang lain melebihi dirinya. Meskipun demikian, ia mempunyai keberanian, kejujuran, kreatifitas, dan jiwa kepemimpinan yang kuat. Menimbang sifat-sifat ini, maka meneguhkan analisa Bazi di atas, pribadi tersebut lebih cocok membuka usaha sendiri. Karena sifatnya yang tidak suka dikendalikan orang lain itu tak cocok bekerja pada orang lain. Bisa-bisa ia akan sering bertengkar dengan boss atau atasannya. Selain itu, Pojun melambangkan pembukaan suatu lahan atau bisnis baru.
Pada sektor pekerjaan terdapat Tanlang, Ini menandakan bahwa pekerjaan yang cocok adalah berkaitan dengan pergaulan atau memerlukan banyak relasi serta pertemanan. Oleh karenanya, bidang pemasaran cocok baginya. Juga yang ada hubungannya bisnis hiburan ataupun event organizer (EO).
Lalu boleh juga dilihat sektor mana yang mengalami transformasi kemakmuran (hualu). Dalam hal ini, adalah sektor properti, yang mengandung Taiyang dan Taiyin (hualu). Taiyang sendiri melambangkan pergerakan. Gabungan Taiyang dan Taiyin (hualu) menandakan bahwa orang ini cocok menjalankan bisnis properti. Oleh karena, ada Taiyang (pergerakan), maka properti yang dipegangnya akan cepat laku menjadi uang (Taiyin-hualu). Apalagi terdapat Wenchang dan Wenqu.

Kini kita beralih pada Astrologi Barat.

Perhatikan bahwa di rumah keenam (yang melambangkan suasana dan lingkungan pekerjaan) terdapat Merkurius. Ini menandakan bahwa orang ini dalam bekerja akan banyak menggunakan alat-alat komunikasi (Merkurius), seperti fax, telepon, modem, handphone, dan lain sebagainya. Bisa juga diartikan banyak komunikasi dengan orang lain. Merkurius juga berarti perjalanan-perjalanan singkat. Dengan demikian, orang itu dalam bekerja kemungkinan akan banyak bepergian. Perhatikan juga posisi Ascendantnya, yang ditempati oleh Capricornus . Ini menandakan orang yang mementingkan status, konservatif, dan penuh tanggung jawab. Selanjutnya lihat juga Midheavennya. Yang ditempati oleh Libra. Ini menandakan bahwa ia merupakan orang yang mencari keseimbangan, kejujuran, dan mempedulikan orang lain dalam pekerjaannya. Dengan kata lain, suatu pekerjaan tidak boleh bertentangan dengan hati nurani atau idealismenya. Jika sudah berbicara masalah idealisme, maka nampaknya sulit jika bekerja pada orang lain. Harus bekerja sendiri.

Analisa di atas masih bersifat sangat umum, dan sebenarnya banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan, seperti faktor waktu berjalan. Namun sebagai dasar memilih pekerjaan yang sesuai dengan diri sendiri, analisa di atas sudah memadai. Kini tinggal memadukan ketiga hasil analisa di atas, yang tentunya membutuhkan perenungan pribadi. Metafisika itu hanyalah sebuah alat semata, namun semuanya berpulang pada diri sendiri. Semoga bermanfaat.