Rabu, 17 Juli 2013

MENEBAK ISI KOTAK DENGAN MENGGUNAKAN HORARY ASTROLOGY DAN YIJING



MENEBAK ISI KOTAK DENGAN MENGGUNAKAN HORARY ASTROLOGY DAN YIJING

Ivan Taniputera
17 Juli 2013

Saya mencoba mengikuti sebuah sayembara menebak isi kotak yang diadakan pada salah satu grup metafisika di facebook. Sayembaranya adalah menebak isi kotak seperti yang ada di bawah ini.



[Gambar atas izin Bapak Oxy Gama]

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya mencoba menggunakan horary astrology dan yijing. Pertama-tama saya akan membuat peta langit sebagai berikut saat pertanyaan tersebut diajukan.




Pada gambar di atas untuk memudahkan mereka yang belum mengenal astrologi, saya sudah membubuhkan nama planet di samping simbolnya. Jika kita menyaksikan pada gambar diatas, maka planet-planet yang dihubungkan oleh garis-garis hijau adalah: SATURNUS & BULAN-NEPTUNUS-MARS. Lalu juga terdapat kaitan dengan YUPITER dan MERKURIUS.

Buku acuan yang saya pergunakan untuk mengenali simbolisme planet adalah "The Rulership Book" yang merupakan kamus astrologi. Kita kemudian melakukan deduksi berdasarkan simbolisme masing-masing planet di atas. Di sini yang dipentingkan adalah melatih intuisi kita. Oleh karenanya, agar dapat menggunakan horary astrology dengan biak, kita harus banyak berlatih.

Saturnus sendiri dapat diartikan sebagai sesuatu yang kuno dan antik (halaman 254), batu, emeral, kayu, dan lain sebagainya. Neptunus berarti sesuatu yang gaib atau spiritual, air, lautan, kapal, dan lain sebagainya. Neptunus sendiri adalah dewa lautan. Lautan sendiri adalah melambangkan sesuatu yang misterius.  Sedangkan Mars bisa berarti senjata atau alat. Mars sendiri adalah dewa perang. Bulan bisa berarti pikiran, karena bulan bentuknya bulat, maka kemungkinan juga bisa mewakili benda bulat.  Yupiter berarti keagamaan.

Uniknya Saturnus terletak di rasi bintang Scorpio, yang melambangkan rahasia atau sesuatu yang tersembunyi. Dengan demikian, ini memang menggambarkan benda yang tersembunyi.

Pertama-tama saya memperkirakan bahwa itu adalah sebuah batu yang berwarna kehijau-hijauan atau emeral. Tetapi kemudian diinformasikan bahwa itu bukan batu. Lalu saya kemudian mencari bantuan dengan menggunakan Yijing. Saya memperoleh heksagram 18.




Pada heksagram tersebut bagian atasnya melambangkan "gunung" sedangkan bagian bawahnya melambangkan "kayu" atau "angin." Oleh karenanya saya lantas menyimpulkan bahwa benda itu pasti terbuat dari kayu.  Hanya saja bendanya apa harus kita deduksi lagi.

[Sebagai tambahan: pada halaman 158, ternyata Saturnus, Capricornus, Neptunus, dan Libra, semuanya bisa melambangkan kayu. Uniknya rumah kedelapan (yang juga melambangkan misteri) memiliki tanda Libra sebagai penguasanya-sehingga makin memperkuat indikasi bahwa benda tersebut terbuat dari kayu].

Kemudian saya mendapatkan informasi bahwa bendanya bulat atau melingkar. Saya lalu mencoba memusatkan perhatian pada Neptunusnya, yang selain berarti "gaib" atau "spiritual" juga berarti "air." Kalau "lautan" dan "kapal" sudah tentu tidak mungkin, sehingga dapat kita coret. Saya mencoba menyimpulkan apakah bendanya cangkir dari kayu, karena cangkir adalah tempat air (Neptunus). Ternyata diberi jawaban, bahwa bendanya tidak ada hubungan dengan air. Oleh karenanya, cangkir dapat kita coret dari kemungkinan.

Oleh karenanya, kita sekarang dapat menyimpulkan bahwa benda itu:

1.Terbuat dari kayu (SATURNUS)
2.Mengandung kekuatan gaib atau spiritual (NEPTUNUS)
3.Bisa berfungsi sebagai alat atau senjata (MARS)
4.Mengandung nilai keagamaan (YUPITER)
5.Bentuknya bulat atau melingkar (BULAN) dan juga berdasarkan informasi dari pemberi tebakan.

Dengan demikian, kita boleh menduga bahwa benda tersebut adalah sebuah TASBIH, yakni alat (MARS), yang bersifat spiritual (NEPTUNUS), untuk berdoa (YUPITER), bentuknya melingkar (BULAN), dan terbuat dari kayu (SATURNUS).

Memang benar bahwa benda itu adalah sebuah tasbih. Terima kasih banyak untuk Bapak Oxy Gama atas tebakan ini, sehingga dapat melatih kemampuan dan kepekaan saya dalam memanfaatkan horary astrology dan yijing.



[Gambar atas izin Bapak Oxy Gama]

DAFTAR PUSTAKA

Bills, Rex. E. The Rulership book, Macoy Publixshing & Masonic Supply Co., Inc, Richmond, Virginia, 1971.