Senin, 02 Mei 2016

MENENTUKAN LATAR BELAKANG WAKTU TERJADINYA KISAH PETUALANGAN TINTIN "TAWANAN DEWA MATAHARI"

MENENTUKAN LATAR BELAKANG WAKTU TERJADINYA KISAH PETUALANGAN TINTIN “TAWANAN DEWA MATAHARI”
.
Ivan Taniputera.
29 April 2016.
.
Kisah petualangan Tintin karya Herge merupakan salah satu komik yang sangat digemari di dunia ini. Salah satu kisah petualangan Tintin yang paling menarik perhatian saya adalah “Tawanan Dewa Matahari” (Prisoners of the Sun God). Sebenarnya kisah ini merupakan kelanjutan kisah “Tujuh Bola Kristal” (The Seven Crystal Balls).
.
Kisahnya berisikan pencarian Profesor Calculus yang menghilang dan membawa Tintin beserta Kapten Haddock ke Amerika Latin. Ternyata Profesor Calculus diculik dan ditawan oleh sisa-sisa pengikut Inca di daerah Pegunungan Andez, karena sang profesor mengenakan gelang yang dianggap suci oleh orang-orang Inca. Karena menerobos masuk ke kuil Dewa Matahari, Tintin dan Kapten Haddock ikut ditangkap oleh sisa-sisa pengikut Inca tersebut. Mereka berdua bersama Profesor Calculus dijatuhi hukuman bakar. Meskipun demikian, mereka boleh menentukan sendiri kapan hukuman tersebut hendak dijatuhkan. Tintin kebetulan menemukan cabikan koran lama dan mendapati bahwa tidak lama kemudian di kawasan itu akan berlangsung gerhana matahari total. Ia lalu meminta agar dihukum pada jam dan tanggal saat berlangsungnya gerhana itu.
.
Karena kisah “Tawanan Dewa Matahari” itu diterbitkan pada tahun 1946, maka gerhananya harus sebelum tahun 1946. Berdasarkan daftar gerhana matahari total yang berlangsung di abad keduapuluh, maka kebetulan pada tanggal 25 Januari 1944 kurang lebih pukul 08.00-10.00 berlangsung gerhana matahari yang dapat pula disaksikan di Peru.
.
Sementara itu, pada tanggal 8 Juni 1937 juga berlangsung gerhana matahari total, yang dapat disaksikan pada kawasan selatan Peru. Namun terjadi saat sore hari, sekitar pukul 17.30, padahal pada kisah diceritakan bahwa matahari masih tinggi di langit. Jadi gerhana matahari tanggal 8 Juni 1937 ini tidak sesuai dengan latar belakang kisah di atas.
.
Oleh karenanya, kandidat paling mungkin bagi gerhana matahari pada kisah Tintin ini adalah gerhana matahari tanggal 25 Januari 1944.
.
Berikut ini adalah peta bintang gerhana matahari tersebut.
.



Nampak bahwa gerhana ini terjadi pada rasi bintang Niu menurut ilmu perbintangan China.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . .



PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.