Rabu, 24 Juni 2009

Penulisan Sejarah Kerajaan-kerajaan Nusantara Pasca Keruntuhan Majapahit

PENULISAN SEJARAH KERAJAAN-KERAJAAN NUSANTARA PASCA KERUNTUHAN MAJAPAHIT

Saya sedang menulis buku tentang sejarah kerajaan-kerajaan Nusantara pasca keruntuhan Majapahit. Seperti yang kita ketahui setelah Imperium Majapahit runtuh di negeri kita pernah berdiri sekitar 250 - 300 kerajaan/ kesultanan/ swapraja; seperti Aceh, Asahan, Deli, Serdang, Bedagai, Kualuh, Panai, Matan, Sambas, Landak, Seberuwang, Suhaid, Kotawaringin, Banjar, Ternate, Tidore, Bacan, Bima, Sanggar, Papekat, Dompu, Sumbawa, Kupang, Amanatun, dan masih banyak lagi.
Sampai sejauh ini saya baru berhasil mengumpulkan data sejarah sebanyak 80 kerajaan di Nusantara. Oleh karena itu, bila ada rekan-rekan yang mempunyai literatur atau data sejarah mengenai kerajaan-kerajaan di Nusantara, sudilah kiranya menghubungi saya. Seluruh biayanya pasti akan saya ganti.
Penulisan buku ini dimaksudkan sebagai pelestarian warisan sejarah dan budaya; mengingat bila tidak dibukukan, kemungkinan besar dua atau tiga generasi lagi akan melupakannya. Dengan demikian, saya mengharapkan buku ini akan menjadi warisan yang berharga bagi generasi-generasi selanjutnya.