Jumat, 29 Juni 2012

Raja-raja Berkulit Putih di Banjarmasin: Alexander Hare dan Kerajaan Maluka-nya

Ivan Taniputera
30 Juni 2012

Secara kebetulan saat sedang berselancar di internet, saya bertemu dengan nama Kerajaan Maluka yang didirikan oleh Alexander Hare. Saya mencoba mencari lebih jauh nama Alexander Hare dan Kerajaan Malukanya di Encyclopaedia Americana dan Winkler Prins, namun tidak menemukannya. Saya juga membuka Ensiklopedi Indonesia dan juga tak menemukannya. Mungkin toko ini dianggap kurang penting. Sebenarnya apa menariknya Alexander Hare dengan Kerajaan Malukanya? Menariknya adalah Kerajaan Maluka ini berada di Banjarmasin. Dengan demikian, menambah lagi keberadaan raja kulit putih di Kepulauan Nusantara. Raja berkulit putih lainnya lagi adalah James Brooke seorang petualang Inggris yang diserahi wilayah di Kalimantan Utara oleh Sultan Brunai.

Akhirnya informasi saya mengenai Alexander Hare sampai sejauh ini masih terbatas dari wikipedia. Alexander Hare ditunjuk sebagai residen Banjarmasin oleh Rafles semasa bercokolnya Inggris di Kepulauan Nusantara (1811-1816). Pada kesempatan itu, ia mendirikan kerajaan Maluka dengan ia sendiri sebagai rajanya dan bahkan mengeluarkan koinnya sendiri. Kendati demikian, Hare harus hengkang dari Banjarmasin sewaktu pemerintah kolonial Belanda kembali menguasai Nusantara. Ia dan keluarganya lantas pindah ke Kepulauan Kokos dan setelah itu pindah lagi ke Singapura. Hare wafat di Bengkulu pada tanggal 2 November 1834. Sumber sementara adalah http://en.wikipedia.org/wiki/Alexander_Hare.
Saya masih mencari literatur mengenai Hare dengan Kerajaan Malukanya yang hanya seusia kekuasaan Inggris ini. Walaupun usia kerajaan ini singkat saja, namun tetap menarik ditelaah lebih jauh.