Sabtu, 24 Oktober 2015

RAHASIA FENGSHUI: PENGARUH TAMAN PADA RUMAH

RAHASIA FENGSHUI: PENGARUH TAMAN PADA RUMAH.
.
Ivan Taniputera.
24 Oktober 2015
.





.
Dahulu semasa masih duduk di bangku sekolah, saat menyaksikan wajah pucat dan lesu teman sebangku kita, tentu kita akan bertanya, “Apakah engkau sakit atau sedang bermasalah?” Begitu pula, setelah kita bekerja dan menyaksikan wajah gembira rekan sekerja kita, maka kemungkinan besar kita akan bertanya, “Apakah engkau baru saja mendapatkan kenaikan gaji atau pangkat?” Demikianlah, dari wajah kita dapat mengetahui perasaan seseorang. Apa yang di dalam tercermin di luar dan apa yang di luar tercermin di dalam. Bahkan dalam ilmu kesehatan, jika mata seseorang nampak kekuningan dan tubuhnya demam, mungkin ia menderita penyakit kuning. Jadi wajah dan bagian dalam diri kita saling memengaruhi dan terkait erat.
.
Hal di atas tiada bedanya dengan rumah. Wajah rumah dan bagian dalam rumah akan saling memengaruhi dan mempunyai kesaling-terkaitan. Lalu apakah yang dimaksud “wajah rumah” itu? Jawabannya adalah taman. Dengan demikian, taman juga mempunyai arti penting dari sisi Fengshui.
.
Oleh karenanya, taman yang teratur rapi memberikan dampak baik bagi penghuni rumah dan juga menandakan bahwa penghuni rumah dalam keadaan rukun dan selaras. Sebaliknya, taman yang tidak dirawat juga dapat membawa pengaruh kurang baik bagi penghuni rumah. Kita boleh juga menafsirkan bahwa penghuni rumah dalam keadaan tidak harmonis atau bermasalah satu sama lain.
.
Berikut ini adalah pengalaman-pengalaman saya terkait Fengshui taman. Kenalan saya (sebut saja namanya B) merupakan seorang pengusaha sukses dengan rumah yang relatif mewah. Pada bagian pagar rumahnya, ia menanam jajaran tanaman. Suatu kali, waktu melewati rumah B, tanamannya nampak mengering semua dan banyak yang mati. Saya menduga bahwa kemungkinan keuangannya sedang bermasalah. Karena tidak enak menanyakannya langsung (saya tidak kenal dekat dengannya), maka saya bertanya pada teman dekat B tersebut, apakah benar keuangannya sedang bermasalah. Teman dekatnya terkejut dan menanyakan bagaimana saya dapat mengetahuinya, padahal B tidak akan menceritakan hal tersebut pada sembarang orang. Jadi, memang benar bahwa keuangan B sedang bermasalah.
.
Sampai di sini mungkin ada yang bertanya, apakah tumbuhan yang mengering pasti menandakan datangnya masalah? Mari kita menggunakan logika. Di zaman modern ini kita hendaknya senantiasa menggunakan logika, bukan? Tentu saja yang dimaksud di sini adalah tumbuhan yang mengering tanpa sebab. Jadi jika Anda jarang menyiram dan tumbuhan itu mengering, maka itu adalah sesuatu yang wajar. Kendati demikian, itu juga bukan sesuatu yang baik. Kalau kita malas menyiram tumbuhan, maka itu bukanlah sesuatu yang baik. Itu menandakan terdapat semacam kemalasan dalam diri kita. Semua orang juga mengetahui bahwa kemalasan bukan sesuatu yang baik. Jika kita memupuk kemalasan, tidakkah itu akan menimbulkan masalah baik cepat maupun lambat? Jadi, akhirnya tetap saja berbalik pada konsep yang telah saya kemukakan di atas bahwa taman yang rapi dan menyenangkan mencerminkan penghuni rumah yang sejahtera. Semuanya serba logis, bukan?
.
Kasus lain, salah seorang sahabat saya di tamannya terdapat pohon mangga. Tiba-tiba tanpa diketahui sebabnya, pohon mangga itu mulai kering dan nampak berpenyakitan. Bersamaan dengan itu, ayahnya terkena stroke. Anehnya saat pohon mangga itu mati, maka ayahnya juga meninggal. Memang ayahnya yang sangat rajin merawat pohon mangga tersebut.
.
Taman hendaknya tidak ditanami terlalu banyak pohon besar yang dapat menghalangi sinar matahari selaku energi baik (Shengqi). Logikanya, sinar matahari dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab penyakit dan menghilangkan kelembaban. Kelembaban dapat mengundang tumbuhnya jamur dan parasit lainnya. Jadi jelas sekali bahwa rumah yang sehat membutuhkan cukup sinar matahari. Rumah yang terlalu banyak pohon besar ibaratnya adalah kita membiarkan rambut tumbuh terlalu panjang dan menutupi wajah kita. Dulu waktu masih duduk di bangku sekolah, tentu guru akan menegur kita jika rambut kita terlalu panjang hingga hampir menutupi mata.
.
Meskipun demikian, pohon besar dapat pula bermanfaat, yakni untuk menghalangi energi buruk (Shaqi). Sebagai contoh, jika ada sisi tajam sebuah bangunan atau kelokan jalan yang tajam melengkung seperti pedang, seolah-olah hendak membabat rumah kita. Salah satu pemecahannya secara Fengshui adalah menanam pohon guna menghalangi energi buruk tersebut. Jadi segala sesuatu adalah bermanfaat jika dipergunakan secara tepat.
.





.
Lalu bagaimana jika rumah kita tidak mempunyai halaman? Itu pun juga tidak masalah. Namun yang dimaksud wajah rumah dengan demikian adalah pintu rumah Anda. Dengan demikian, pintu rumah harus dijaga dalam keadaan bersih dan gemilang.
.
Selamat menata taman Anda.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, metafisika, dan lain-lain, silakan kunjungi:


.



PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.