Rabu, 13 September 2017

TANGGAL 11 SEPTEMBER ENAM BELAS TAHUN LALU

TANGGAL 11 SEPTEMBER ENAM BELAS TAHUN LALU.
.
Ivan Taniputera.
13 September 2017.
.
Saya sebenarnya hendak menulis artikel ini dua hari lalu, namun baru sempat menuliskannya sekarang. Tidak ada yang penting dalam artikel ini. Saya hanya sekedar menyegarkan ingatan saja mengenai apa yang saya alami enam belas tahun lalu.
.
Hari itu bertepatan dengan serangan teroris terhadap menara kembar gedung WTC di Amerika Serikat. Kebetulan saya pagi itu membaca beritanya di surat kabar. Pada saat itu, saya masih bekerja di salah satu perusahaan di Surabaya. Sewaktu istirahat siang sekitar jam 12.00, teman-teman kantor membicarakan mengenai hal tersebut di teras kantor.
.
Saya waktu itu mengajukan pertanyaan, bagaimana mungkin ada yang mengambil video saat pesawat tepat menabrak gedung. Bukankah kejadiannya berlangsung sangat cepat? Teman saya menjawab, bahwa bisa saja hal tersebut terjadi karena kebetulan. Ia mengambil contoh, mungkin saja ada orang yang sedang mengambil video suasana di depan kantor. Tiba-tiba saja ada umbul-umbul yang jatuh. Nah, peristiwa umbul-umbul jatuh secara kebetulan terekam dalam videonya. Belakangan, jika tidak salah ingat saya mengetahui bahwa video itu katanya terekam oleh kamera CCTV. Dengan demikian, bukan sengaja direkam oleh seseorang.
.
Tidak terasa sudah enam belas tahun berlalu. Kendati demikian, marilah kita mendoakan dan mengenang para korban yang tewas dalam serangan tersebut.