Minggu, 01 September 2013

PETA PEMBAGIAN KESULTANAN CIREBON


 
 
PETA PEMBAGIAN KESULTANAN CIREBON

Ivan Taniputera
1 September 2013

Saya sudah lama mencari peta pembagian Kesultanan Cirebon berdasarkan wilayah Kasepuhan, Kanoman, dan Kacerbonan. Meskipun demikian saya tidak kunjung menemukannya. Akhirnya saya mendapatkan buku berjudul "Sejarah Indramayu," yang disusun oleh H.A. Dasuki, dengan dibantu oleh Drs. J.P. Sarjono, Sumarjo, dan Djamara, halaman 195. Terdapat keterangan sebagai berikut:

"Daerah kerajaan Cirebon dibagi menjadi dua prefectuer. Prefectuer yang pertama ialah daerah sebelah utara yang meliputi Kabupaten Indramayu, Kuningan, Majalengka, dan Cirebon. Sedang prefectuer yang kedua ialah daerah selatan yang meliputi Galuh, Sukapura, dan Limbangan. Daerah Cirebon dan Kuningan dikepalai oleh Sultan Sepuh, daerah Majalengka dikepalai oleh Sultan Anom dan daerah Indramayu dikepalai oleh Sultan Cirebon (sesudah diangkat kembali). Sedang kota Cirebon dibagi dua oleh Sultan Sepuh dan Sultan Anom."
 
Berdasarkan keterangan di atas, saya lantas menyusun peta ini. Meskipun demikian, saya masih mengharapkan kritik dan saran dari pihak-pihak yang berkompeten demi menyempurnakan peta ini. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan beribu-ribu terima kasih.