PENEMUAN MENARIK TENTANG PERILAKU MANUSIA
Ivan Taniputera
23 Agustus 2013
Tayangan Aircrash Investigation hari ini mengenai pesawat yang terbakar
mesinnya. Namun hal paling menarik bagi saya adalah penelitian mengenai
perilaku manusia. Saat asap tebal mulai memasuki pesawat dan kebakaran
semakin bertambah dashyat, para penumpang saling dorong mendorong,
sehingga akhirnya justru terjepit di pintu
ke luar. Inilah yang disebut dengan fenomena leher botol (botol neck).
Akibatnya, terjadi kemacetan yang menghambat evakuasi. Masing-masing
orang mengerahkan segala cara demi menyelamatkan dirinya. Padahal jika
mereka berbaris dengan tertib tentunya lebih banyak yang selamat.
Helen Muir seorang ahli ilmu kejiwaan terkemuka lantas mengadakan
penelitian mengenai perilaku manusia saat terjadinya kebakaran di
pesawat tersebut dengan menggunakan para sukarelawan. Kondisi dalam
pesawat saat berlangsungnya kebakaran hendak direka ulang dengan
menggunakan sukarelawan yang berperan sebagai penumpang. Tentu saja,
dalam penelitian ini tidak perlu menciptakan kebakaran sungguhan, karena
sangat berbahaya. Oleh karenanya, Muir menggantinya dengan uang.
Barangsiapa yang berhasil keluar terlebih dahulu akan memperoleh hadiah
berupa uang.
Benar saja, terjadilah peristiwa yang sama dengan
saat kebakaran. Bedanya, saat kebakaran yang mereka kejar adalah nyawa
mereka sendiri; sedangkan saat simulasi yang diperebutkan adalah uang.
Berdasarkan kenyataan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa dalam kondisi
genting atau ekstrim, manusia hanya akan mengingat dirinya sendiri atau
orang yang dicintainya, dan sulit sekali mengingat nasib orang lain.
Mereka dorong mendorong demi menyelamatkan dirinya sendiri atau
mendapatkan uang.
Rekacipta dengan menggunakan perangsang
berupa uang itu merupakan gagasan yang luar biasa cerdas. Saya mulanya
tidak menduga bahwa akan digunakan uang. Saya sebelumnya bertanya-tanya
bagaimana merekayasa suatu kondisi yang mirip dengan kebakaran di
pesawat tersebut. Inilah yang menjadikan serial kali ini mengesankan.
Bukan hanya masalah teknis, melainkan juga perilaku manusia yang
ditelaah.
Akhirnya, direkomendasikan agar membuat pintu yang
lebih lebar guna mencegah kemacetan saat evakuasi dan desain bagian
dalam pesawat yang lebih aman.
Informasi lebih lanjut silakan pelajari di http://en.wikipedia.org/wiki/ British_Airtours_Flight_28M