Senin, 17 November 2014

FENGSHUI TANGGA

FENGSHUI TANGGA

Ivan Taniputera
17 November 2014


Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai beberapa hal penting terkait Fengshui tangga. Berikut ini adalah kaidah-kaidah Fengshui paling penting dan mendasar terkait tangga.

A. JUMLAH ANAK TANGGA


Menghitung jumlah anak tangga terdapat bermacam-macam cara, antara lain dengan berpedoman pada 5 siklus kehidupan

Adapun 5 siklus kehidupan adalah:

(i) Sheng 生 = Awal kehidupan
(ii) Huo 活 = Hidup
(iii) Bing 病 = Sakit
(iv) Si 死 = Mati
(v) Ku 苦 = Penderitaan

Yang bagus adalah hitungan tiba pada Sheng dan Huo. Oleh karenanya, orang lantas membuat rumus kelipatan 5 ditambah 1 atau 2.  Berikut ini adalah contoh perhitungannya.



Sesuai dengan gambar di atas, maka jika Anda mulai menghitung dari A, maka C tidak dihitung. Jika Anda menghitung dari anak tangga pertama (B), maka C dihitung. Oleh karenanya berdasarkan hitungan di atas, jumlah anak tangga yang baik adalah tiba pada hitungan ke 6, 7, 11, 12, 16, 17, 21, 22, 26, 27, dan seterusnya.

B. TANGGA TIDAK BOLEH MENGHADAP KE LUAR ATAU KE DALAM RUMAH

Tangga tidak boleh menghadap ke luar atau rumah karena salah satunya dapat mengakibatkan kemerosotan dalam bisnis dan keuangan.




Namun jika sudah demikian dan tidak dapat direnovasi, maka dapat menggunakan hiasan atau patung penghalang di depan tangga tersebut guna menghentikan energi buruk (殺氣, Shaqi) yang timbul.




C. TANGGA TIDAK BOLEH LANGSUNG MENGARAH PADA KAMAR


Tangga tidak boleh langsung mengarah pada pintu kamar tidur.




D. KAMAR TIDUR TIDAK BOLEH DIBAWAH TANGGA

Barangkali kita masih mengingat film atau kisah terkenal mengenai seorang penyihir kecil yang telah ditinggal mati orang tuanya. Ia terpaksa tinggal pada paman dan bibinya yang kerap bersikap jahat padanya. Penyihir kecil itu diberi kamar kecil dan sempit di bawah tangga. Kamar tidur di bawah tangga adalah sesuatu yang sangat tidak baik, sehingga harus dihindari.




E. TANGGA DAN ALTAR

Bagi yang memiliki altar, maka altar tidak boleh berhadapan langsung dengan tangga. Selain itu altar juga tidak boleh diletakkan di bawah tangga.

Artikel menarik lainnya mengenai Ramalan, Fengshui, Astrologi, Bazi, Ziweidoushu, metafisika, dan lain sebagainya, silakan bergabung dengan:

https://www.facebook.com/groups/339499392807581/