Senin, 18 Juli 2016

SANGGAHAN TERHADAP PANDANGAN BAHWA BUMI DATAR (FLAT EARTH) DITINJAU DARI WAKTU TERBITNYA MATAHARI

SANGGAHAN TERHADAP PANDANGAN BAHWA BUMI DATAR (FLAT EARTH) DITINJAU DARI WAKTU TERBITNYA MATAHARI.
.
Ivan Taniputera.
18 Juli 2016
.
Pada kesempatan kali ini, saya akan kembali mengajukan sanggahan terhadap pandangan bahwa bumi datar (flat earth). Ada pun topik sanggahan kali ini adalah waktu terbitnya matahari.
.
Pertama-tama, saya akan mengulas secara singkat konsep pandangan bumi datar mengenai terbit dan terbenamnya matahari. Menurut konsep bumi datar, matahari adalah seperti lampu yang berputar menerangi piringan datar bumi di bawahnya. Cahayanya menyebar seperti lingkaran. Kawasan yang terkena cakupan sinar matahari disebut siang hari, sebaliknya yang tidak terkena disebut malam hari. Gambarannya adalah seperti kita menyorotkan lampu senter. Bagian yang terkena cakupan cahaya lampu akan menjadi terang, sedangkan yang tidak akan tetap gelap. Bagian yang terang itu adalah siang, sebaliknya yang gelap adalah malam. Begitu kurang lebih teori mereka. Untuk jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini.
.


.
Saya pergunakan model yang mereka (pendukung konsep bumi datar) buat sendiri. Lingkaran kuning di seputar matahari pada gambar di atas adalah cakupan cahaya matahari, sehingga yang terkena cakupan tersebut akan mengalami mulai dari matahari terbit hingga terbenam. Oleh karenanya, garis tepian hijau pada gambar menandai awal suatu tempat terkena cakupan cahaya matahari pada saat tertentu pula. Jadi, tempat yang terkena garis hijau tersebut akan mulai terang (fajar menyingsing). Bila kita saksikan, berdasarkan model tersebut, maka lebih banyak tempat di muka bumi ini mengalami malam hari ketimbang siang hari.
.
Jika kita cermati lebih jauh, maka nampak bahwa semakin utara suatu tempat, semakin cepat pula tempat tersebut mengalami siang hari. Jadi tempat yang terletak pada garis lintang utara pasti akan lebih cepat menyaksikan matahari terbit dibandingkan kawasan lintang selatan garis bujur yang sama. Hal ini dikarenakan garis tepian cakupan sinar matahari itu akan cepat tiba di belahan utara dibandingkan selatan pada garis bujur yang sama. Singkatnya busur A-A’ lebih pendek dibandingkan busur B-B’. Kita akan menguji apakah hal ini sesuai dengan kenyataan. Jikalau konsep bumi datar benar, maka akan terdapat perbedaan waktu matahari terbit yang signifikan, yakni makin ke selatan akan makin besar.
.
Untuk mengujinya saya akan menggunakan program online penghitung waktu terbit matahari berdasarkan garis lintang dan bujur, sebagaimana tersedia pada laman http://www.esrl.noaa.gov/gmd/grad/solcalc/sunrise.html. Kita tinggal memasukkan garis lintang, bujur, dan tanggal yang dicari.
.
Saya memilih tanggal 20 Maret 2016, karena saat itu matahari kurang lebih berada di garis katulistiwa, sehingga sesuai dengan model di atas.
.
Kita memilih garis bujur 105.0 Bujur Barat. Sebagai catatan pilihan garis bujur adalah bebas. Kemudian kita akan memasukkan berbagai derajat lintang utara dan selatan serta mencari kapan matahari terbit pada masing-masing kawasan itu.
.
Hasilnya adalah sebagai berikut:
.
80 derajat lintang utara, matahari terbit pada pukul 05:45 (waktu setempat) atau 12:45 UTC.
70 derajat lintang utara, matahari terbit pada pukul 05:56 (waktu setempat) atau 12:56 UTC.
60 derajat lintang utara, matahari terbit pada pukul 06.00 (waktu setempat) atau 13:00 UTC.
50 derajat lintang utara, matahari terbit pada pukul 06.01 (waktu setempat) atau 13:01 UTC.
40 derajat lintang utara, matahari terbit pada pukul 06.02 (waktu setempat) atau 13:02 UTC.
30 derajat lintang utara, matahari terbit pada pukul 06.03 (waktu setempat) atau 13:03 UTC.
20 derajat lintang utara, matahari terbit pada pukul 06.04 (waktu setempat) atau 13:04 UTC.
10 derajat lintang utara, matahari terbit pada pukul 06.04 (waktu setempat) atau 13:04 UTC.
0 derajat (khatulistiwa), matahari terbit pada pukul 06.04 (waktu setempat) atau 13:04 UTC.
10 derajat lintang selatan, matahari terbit pada pukul 06.04 (waktu setempat) atau 13:04 UTC.
20 derajat lintang selatan, matahari terbit pada pukul 06.04 (waktu setempat) atau 13:04 UTC.
30 derajat lintang selatan, matahari terbit pada pukul 06.04 (waktu setempat) atau 13:04 UTC.
40 derajat lintang selatan, matahari terbit pada pukul 06.03 (waktu setempat) atau 13:03 UTC.
50 derajat lintang selatan, matahari terbit pada pukul 06.03 (waktu setempat) atau 13:03 UTC.
60 derajat lintang selatan, matahari terbit pada pukul 06.02 (waktu setempat) atau 13:02 UTC.
70 derajat lintang selatan, matahari terbit pada pukul 05:59 (waktu setempat) atau 12:59 UTC.
80 derajat lintang selatan, matahari terbit pada pukul 05:51 (waktu setempat) atau 12:51 UTC.
.
Berdasarkan hasil perhitungan waktu matahari terbit di atas, nampak jelas bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara waktu matahari terbit di belahan bumi utara maupun selatan. Kawasan di belahan bumi utara belum tentu mengalami matahari terbit terlebih dahulu dibandingkan selatan. Sebagai contoh, kawasan 20 derajat lintang utara mengalami matahari terbit pada pukul 06.04, sementara itu kawasan 70 derajat lintang selatan justru terbit lebih dahulu pada pukul 05:59. Terlepas dari semua itu, perbedaannya tidaklah terlampau jauh.
.
Dengan demikian, model yang dibuat pendukung pandang bumi datar itu tidak sesuai dengan kenyataannya. Matahari tidak pasti terbit terlebih dahulu di belahan bumi utara dibandingkan belahan bumi selatan. Perbedaannya juga tidak signifikan, yakni hanya dalam hitungan menit.
.
Mungkin para pendukung bumi datar akan menyatakan bahwa software itu keliru atau semata-mata buatan para lawan mereka yang menganut pandangan bahwa bumi berbentuk bulat. Kendati demikian, logikanya bila program itu keliru atau tidak akurat, maka tentunya telah banyak diprotes orang dan sangat mungkin tidak dipergunakan lagi atau dihilangkan dari internet. Sebagai tantangan, para pendukung konsep bumi datar disarankan agar membuat program sendiri guna menghitung waktu matahari terbit maupun terbenam. Namun tentu saja, program itu harus dibuat berdasarkan konsep sebagaimana mereka anut. Dengan kata lain, mereka semata-mata harus membuatnya berdasarkan perhitungan menurut konsep bumi datar mereka sendiri. Tidak boleh mencontek rumusan-rumusan sains yang sahih. Silakan dibandingkan apakan program mereka akurat atau tidak.
.
Kesimpulannya, model konsep bumi datar jelas keliru. Hasil yang diperoleh justru menguatkan bahwa bumi berbentuk bulat.