Senin, 11 Juli 2016

ARAH MATA ANGIN DAN UNSUR ATAU ELEMEN MENURUT METAFISIKA CHINA

ARAH MATA ANGIN DAN UNSUR ATAU ELEMEN MENURUT METAFISIKA CHINA.
.
Ivan Taniputera.
12 Juli 2016
.
Salah seorang sahabat menanyakan mengenai arah mata angin beserta kaitannya dengan unsur atau elemen menurut metafisika China. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini saya hendak mengupas tuntas hal tersebut. Karena pembahasan ini tidak sederhana, diperlukan pembacaan berulang-ulang sehingga memahaminya.
.
Berikut ini adalah diagram arah mata angin beserta kaitannya dengan elemen menurut metafisika China.
.



.
Bagi yang belum memahami metafisika China barangkali akan bingung dalam mengamati gambar diagram di atas. Karenanya, saya akan mencoba menguraikan makna diagram tersebut dengan cara sesederhana dan semudah mungkin.
.
LIMA ELEMEN DAN YINYANG
.
Pertama-tama, kita perlu memahami bahwa dasar ilmu metafisika China adalah “Lima Elemen dan Yin serta Yang” (Yinyang Wuxing 陰陽五行). Adapun kelima elemen itu adalah: Kayu, Api, Tanah, Logam, dan Air. Kelimanya masing-masing dipasangkan dengan Yin serta Yang, sehingga terdapat Kayu Yang, Kayu Yin, Api Yang, Api Yin, Tanah Yang, Tanah Yin, Logam Yang, Logam Yin, Air Yang, dan Air Yin. Dengan demikian, dihasilkan sepuluh pasangan.
.
EMPAT ARAH DASAR
.
Setelah mengenali kelima elemen, bangsa China di zaman kuno lalu membagi arah menjadi empat penjuru utama, yang dikaitkan dengan kelima elemen.
.
1)Utara 北 dikaitkan dengan elemen Air.
2)Selatan 南 dikaitkan dengan elemen Api.
3)Barat 西 dikaitkan dengan elemen Logam.
4)Timur 東 dikaitkan dengan elemen Kayu.
.
Sementara itu, bagian tengah dikaitkan dengan elemen Tanah.
.
Pembagian di atas didasari oleh letak geografi China. Pemikirannya adalah sebagai berikut. Angin dingin pembawa musim dingin yang berasal dari Gurun Gobi bertiup dari arah utara. Hawa dingin ini dianggap memiliki elemen Air, sehingga penjuru utara lalu dikaitkan dengan elemen Air. Angin hangat pembawa musim panas berhembus dari penjuru selatan. Sifatnya yang hangat ini dikaitkan dengan elemen Api. Penjuru barat China banyak terdapat gunung-gunung yang merupakan tempat diperolehnya logam. Jadi, penjuru barat lantas dikaitkan dengan elemen logam. Sementara itu, penjuru timur terdapat samudera. Dalam hal ini air dianggap penumbuh kayu, sehingga penjuru timur lalu dikaitkan dengan elemen kayu.
.
Demikianlah pembagian arah berdasarkan elemen yang paling sederhana.
.
SEPULUH BATANG LANGIT DAN CABANG BUMI.
.
Selanjutnya dikenal apa yang dinamakan Sepuluh Batang Langit (Tiangan 天干) dan Dua Belas Cabang Bumi (Dizi 地支). Masing-masing Batang Langit dan Cabang Bumi ini juga dikaitkan dengan pasangan lima elemen beserta Yinyang di atas.
.
a.Sepuluh Batang Langit.
.
1)Jia 甲 Kayu Yang.
2)Yi 乙 Kayu Yin.
3)Bing 丙 Api Yang.
4)Ding 丁 Api Yin.
5)Wu 戊 Tanah Yang.
6)Ji 己 Tanah Yin.
7)Geng 庚 Logam Yang.
8)Xin 辛 Logam Yin.
9)Ren 壬 Air Yang.
10)Gui 癸 Air Yin.
.
b)Dua belas Cabang Bumi.
.
1)Zi 子 Air Yin.
2)Chou 丑 Tanah Yin.
3)Yin 寅 Kayu Yang.
4)Mao 卯 Kayu Yin.
5)Chen 辰 Tanah Yang.
6)Si 巳 Api Yin.
7)Wu 午 Api Yang.
8)Wei 未 Tanah Yin.
9)Shen 申 Logam Yang.
1o)You 酉 Logam Yin.
11)Xu 戌 Tanah Yang.
12)Hai 戌 Air Yang.
.
Sampai sejauh ini, kita sudah berkenalan dengan Sepuluh Batang Langit dan Dua Belas Cabang Bumi.
.
DELAPAN TRIGRAM (TRIGARIT).
.
Apa yang disebut dengan Trigram atau Trigarit adalah paduan tiga garis, dimana garis tersebut terbagi menjadi dua jenis, yakni garis tidak terputus (melambangkan Yang) dan garis terputus (melambangkan Yin). Jadi secara keseluruhan terdapat delapan Trigram, yakni:
.
1)Qian 乾, elemen Logam, berkedudukan di Barat Laut.
2)Dui 兌, elemen Logam, berkedudukan di Barat.
3)Li 離, elemen Api, berkedudukan di Selatan.
4)Zhen 震, elemen Kayu, berkedudukan di Timur.
5)Xun 巽, elemen Kayu, berkedudukan di Tenggara.
6)Kan 坎, elemen Air, berkedudukan di Utara.
7)Gen 艮, elemen Tanah, berkedudukan di Timur Laut.
8)Kun 坤, elemen Tanah, berkedudukan di Barat Daya.
.
Jadi dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa hakekat kedelapan Trigram (Trigarit) itu adalah juga Yinyang beserta lima elemen.
.
DELAPAN ARAH.
.
Selain pembagian empat arah dasar di atas, dikenal pula pembagian menjadi delapan penjuru, yakni penjuru utara, selatan, barat, timur, ditambah pula arah-arah di antaranya (barat laut, barat daya, timur laut, dan tenggara). Utara masih dikaitkan dengan elemen air. Selatan masih dikaitkan dengan elemen api. Timur masih dikaitkan dengan elemen kayu. Barat masih dikaitkan dengan elemen logam. Sementara itu, arah-arah antaranya dikaitkan dengan elemen tanah.
.
DUA PULUH EMPAT ARAH.
.
Setelah mempelajari berbagai aspek utama metafisika Tiongkok di atas, kita seharusnya sudah mulai dapat memahami gambar diagram di atas. Sebenarnya itu adalah gambar kompas China (luopan) yang umum digunakan dalam ilmu Fengshui. Kompas China pasti memiliki petunjuk terkait 24 Arah. Adapun 24 Arah itu terdiri dari:
.
1) Duabelas Cabang Bumi.
2) Sepuluh Cabang Bumi, kecuali Wu dan Ji. Sehingga Sepuluh Cabang Bumi yang digunakan hanya delapan.
3) Empat Trigram, yakni: Qian, Ken, Kun, dan Xun.
.
Oleh karena terdapat 24 penjuru, maka masing penjuru menempati (360/24) derajat atau 15 derajat.
.
Untuk jelasnya pembagian derajat ke-24 arah menurut kompas modern adalah sebagai berikut (silakan lihat gambar diagram di atas):
.
1)Bing 157,5-172,5 derajat.
2)Wu 172,5-187,5 derajat
3)Ding 187,5-202,5 derajat
4)Wei 202,5-217,5 derajat
5)Kun 217,5-232,5 derajat
6)Shen 232,5-247,5 derajat
7)Geng 247,5-262,5 derajat
8)You, 262,5-277,5 derajat
9)Xin 277,5-292,5 derajat
10)Xu 292,5-307,5 derajat
11)Qian 307,5-322,5 derajat
12)Hai 322,5-337,5 derajat
13)Ren 337,5-352,5 derajat
14)Zi 352,5-7,5 derajat
15)Gui 7,5-22,5 derajat
16)Chou 22,5-37,5 derajat
17)Gen 37,5-52,5 derajat
18)Yin 52,5-67,5 derajat
19)Jia 67,5-82,5 derajat
20)Mao 82,5-97,5 derajat
21)Yi 97,5-112,5 derajat
22)Chen 112,5-127,5 derajat
23)Xun 127,5-142,5 derajat
24)Si 142,5-157,5 derajat
.
Demikianlah 24 arah menurut kompas China beserta padanannya dengan derajat berdasarkan kompas modern.
.
PENUTUP
.
Sampai di sini, Anda sudah memahami keterkaitan antara arah dengan elemen menurut metafisika China. Mungkin kelihatannya agak membingungkan karena terdapat perbedaan antara berbagai sistim. Namun hal itu bukanlah masalah, masing-masing sistim tersebut hadir dalam berbagai tahapan sejarah China. Seolah-olah dapat diumpamakan berbagai lapisan dalam sejarah geologis bumi. Setiap lapisan hadir di atas lapisan sebelumnya, begitu pula halnya dengan berbagai sistim pembagian arah dan elemen menurut metafisika China. Pertama-tama kita mengenal pembagian menurut empat arah dasar, selanjutnya terdapat pembagian menurut delapan penjuru, pembagian berdasarkan Trigram, dan kemudian pembagian menurut 24 arah. Semuanya itu, tidak ada yang benar maupun salah. Masing-masing mempunyai kegunaannya sendiri beserta dasar pemikiran filosofis yang muncul pada masanya. Kendati demikian, yang dipergunakan dalam ilmu Fengshui dalam menentukan arah hadap bangunan adalah sistim 24 arah. Sebagai contoh, Ilmu Fengshui Bintang Terbang (Feixing, 飛星) didasari oleh sistim tersebut.
.
Cukup sekian artikel ini, karena sifatnya hanya pengantar saja.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/
.



.
PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.