Rabu, 04 Juli 2018

KONTROVERSI PERBEDAAN POLARITAS CABANG BUMI ZI, HAI, SI, DAN WU

KONTROVERSI PERBEDAAN POLARITAS CABANG BUMI ZI, HAI, SI, DAN WU.
.
Ivan Taniputera.
31 Maret 2018
.
Salah seorang sahabat menanyakan perbedaan polaritas Cabang Bumi Zi (子), Hai (亥), Si (巳), dan Wu (午). Adapun yang dimaksud polaritas di sini adalah Yin (陰) dan Yang (陽). Terdapat sumber yang menyatakan bahwa Zi merupakan Air Yang, namun ada sumber lain menyebutkan bahwa Zi mempunyai elemen Air Yin. Terdapat sumber yang menyatakan bahwa Hai merupakan Air Yin; sedangkan sumber lain menyatakan Air Yang. Ada yang menyatakan bahwa Si berunsur Api Yang, tetapi ada pula yang menyatakan Api Yin. Ada yang menyatakan bahwa Wu adalah Api Yin, tetapi yang menyebutnya berunsur Api Yang. Lalu manakah yang benar? Terdapat kebingungan sehubungan dengannya, dimana hal ini merupakan salah satu kontoversi dalam ilmu Bazi.
.
Meskipun demikian, saya tidak akan menyatakan mana yang benar dan salah. Bagaimana pun juga metafisika adalah seni dan bukan ilmu pasti. Oleh karenanya, pembahasan kali ini hanya akan menjelaskan bagaimana perbedaan itu dapat terjadi. Selanjutnya tergantung para pembaca hendak memilih konsep atau metoda yang mana.
.
Berikut ini akan dijelaskan bagaimana menentukan polaritas bagi keempat Cabang Bumi yang menjadi kontroversi dalam ilmu Bazi di atas.
. 
1. METODA PERTAMA: POLARITAS CABANG BUMI BERSELANG SELING ANTARA YIN DAN YANG.
.
Artinya setelah Cabang Bumi berpolaritas Yin, maka Cabang Bumi berikutnya akan berpolaritas Yang. Itulah sebabnya, karena Cabang Bumi Chou berpolaritas Yin atau Tanah Yin, maka Cabang Bumi sebelumnya, yakni Zi akan berpolaritas Yang atau Air Yang. Sebelumnya lagi, yakni Hai akan mempunyai polaritasi Yin atau Air Yin. Begitu pula Cabang Bumi Chen mempunyai polaritas Yang atau Tanah Yang, maka Cabang Bumi berikutnya, yakni Si akan berpolaritas Yin atau Api Yin. Cabang Bumi selanjutnya, yakni Wu akan berpolaritas Yang atau Api Yang. Dengan demikian, akan berlaku sebagai berikut.
.
  • Zi - Air Yang.
  • Chou - Tanah Yin.
  • Yin - Kayu Yang.
  • Mao - Kayu Yin.
  • Chen - Tanah Yang.
  • Si - Api Yin.
  • Wu - Api Yang.
  • Wei - Tanah Yin.
  • Shen - Logam Yang.
  • You - Logam Yin.
  • Xu - Tanah Yang.
  • Hai - Air Yin.
.
Berdasarkan tabel di atas, nampak jelas polaritas yang saling berganti.
.
Ternyata masih ada cara lain dalam menentukan polaritas Cabang Bumi; yakni berdasarkan polaritas unsur Batang Langit yang tersimpan atau tersembunyi dalam suatu Cabang Bumi.
.
2. METODA KEDUA: BERDASARKAN POLARITAS UNSUR BATANG LANGIT UTAMA YANG TERSIMPAN ATAAU TERSEMBUNYI DALAM SUATU CABANG BUMI.
.
Suatu Cabang Bumi mempunyai Batang Langit yang tersimpan di dalamnya. Batang Langit yang tersimpan atau tersembunyi itu dapat dianggap sebagai enegi atau Qi (氣) utama masing-masing Cabang Bumi. Ada yang menyebutnya sebagai Elemen Tersembunyi (Hidden Element) atau Batang Langit Tersembunyi (Hidden Stem). Polaritas unsur Batang Langit utama yang tersimpan itu sama dengan polaritas Cabang Bumi terkait. Berikut ini adalah tabel Cabang Bumi beserta Batang Langit yang tersimpan di dalamnya.
.
  • Zi menyimpan Batang Langit Gui (Air Yin). Jadi Zi adalah AIR YIN.
  • Chou menyimpan Batang Langit Ji (Tanah Yin) sebagai energi utamanya. Energi sampingannya adalah Xin (Logam Yin) dan Gui (Air Yin). Jadi Chou adalah TANAH YIN.
  • Yin menyimpan Batang Langit menyimpan Batang Langit Jia (Kayu Yang) sebagai energi utamanya. Energi sampingannya adalah Wu (Tanah Yang) dan Bing (Api Yang). Jadi Yin adalah KAYU YANG.
  • Mao menyimpan Batang Langit Yi (Kayu Yin) sebagai energi utamanya. Jadi Mao adalah KAYU YIN.
  • Chen menyimpan Batang Langit Wu (Tanah Yang) sebagai energi utamanya. Energi sampingannya adalah Yi (Kayu Yin) dan Gui (Air Yin). Jadi Chen adalah TANAH YANG.
  • Si menyimpan Batang Langit menyimpan Batang Langit Bing (Api Yang) sebagai energi utamannya. Energi sampingannya adalah Geng (Logam yang) dan Wu (Tanah Yang). Jadi Si adalah API YANG.
  • Wu menyimpan Batang Langit menyimpan Batang Langit Ding (Api Yin) sebagai energi utamanya. Energi sampingannya adalah Ji (Tanah Yin). Jadi Wu adalah API YIN.
  • Wei menyimpan Batang Langit Ji (Tanah Yin) sebagai energi utamanya. Energi sampingannya adalah Yi (Kayu Yin) dan Ding (Api Yin). Jadi Wei adalah TANAH YIN.
  • Shen menyimpan Batang Langit menyimpan Batang Langit Geng (Logam Yang) sebagai energi utamanya. Energi sampingannya adalah Ren (Air Yang) dan Wu (Tanah Yang). Jadi Shen adalah LOGAM YANG.
  • You menyimpan Batang Langit menyimpan Batang Langit Xin (Logam Yin) sebagai energi utamanya.. Jadi You adalah LOGAM YIN.
  • Xu menyimpan Batang Langit menyimpan Wu (Tanah Yang) sebagai energi utamanya. Energi sampingannya adalah Xin (Logam Yin) dan Ding (Api Yin). Jadi Xu adalah TANAH YANG.
  • Hai menyimpan Batang Langit Ren (Air Yang) sebagai energi utamanya. Energi sampingannya adalah Jia (Kayu Yang). Jadi Hai adalah AIR YANG.
.
Dengan demikian, nampak bahwa perbedaan antara kedua metoda penentuan di atas, hanya berlaku pada Cabang Bumi Zi, Hai, Si, dan Wu. Kita telah mengetahui mengapa terjadi kontroversi dalam penentuan polaritasnya.
.
Saya pribadi mengikuti metoda kedua. Alasannya karena tentu saja polaritas suatu Cabang Bumi harus sesuai dengan energi atau Qi utama yang tersimpan di dalamnya. Alasan kedua karena metoda kedua ini selaras dengan ilmu Fengshui Bintang Terbang (Feixing), khususnya dalam penentuan bintang pengganti. Tentu saja para pembaca juga dipersilakan memiliki pendapat berbeda.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . , . . . 
 
PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.