Rabu, 17 Mei 2017

APAKAH IDEOGRAF ITU?

APAKAH IDEOGRAF ITU?
.
Ivan Taniputera 16 Mei 2017
,
Ideograf adalah simbol-simbol atau lambang yang mewakili suatu makna. Dengan demikian sebuah simbol mungkin mewakili satu atau beberapa makna. Contoh aksara yang menggunakan sistim ideograf adalah aksara China. . Dalam kehidupan sehari-hari kita menjumpai banyak ideograf. Contoh ideograf yang sering kita jumpai adalah rambu lalu lintas. Tanpa memerlukan tulisan apa pun kita sudah mengetahui apa makna suatu rambu lalu lintas. Tatkala menyaksikan rambu lalu lintas berbentuk lingkaran merah dengan persegi panjang putih di tengahnya, kita langsung mengetahui bahwa maksudnya adalah "dilarang masuk." Apakah masih diperlukan tulisan "dilarang masuk"? Jawabnya "tidak" karena rambu itu sudah mewakili atau melambangkan pengertian tersebut.
.




Contoh lain yang umum dikenal para pengguna gadget atau media sosial adalah simbol-simbol yang disebut emoticon. Berikut ini adalah contoh beberapa emoticon:
.
😊 = tersenyum  
😀 = tertawa  
😁 = tertawa keras  
😂 = tertawa terpingkal-pingkal sampai keluar air mata 
🤗 = menerima dengan penuh persahabatan  
😆 = tertawa dengan memiliki maksud tertentu  
😴 = tidur  
😪 = tidur sangat nyenyak  
😲 = terkejut  
😓 = lelah  
😭 = menangis  
🤒 = demam  
🤕 = luka-luka  atau sakit parah.
😍 = cinta

Demikianlah sebuah emoticon merupakan ideograf yang nampaknya dapat mewakili suatu emosi dan lebih baik dalam menyampaikan makna dibandingkan dengan kata-kata. Apabila kita perhatikan, maka emoticon tersebut bahkan menggambarkan tingkatan-tingkatan dari tersenyum hingga tertawa terpingkal-pingkal sampai mengeluarkan air mata. Bahkan ia membedakan pula antara tidur dengan tidur sangat nyenyak. Tanpa memerlukan penjelasan berupa kata-kata kita sudah dapat memahami maknanya. . Berikut ini adalah contoh-contoh ideograf lain yang barangkali juga sering kita jumpai. .
🚹 = toilet pria  
🚺 = toilet wanita.
Mungkin kita sebelumnya tidak pernah menyadari bahwa lambang penanda toilet pria dan wanita adalah suatu ideograf.
.
Berikut ini adalah ideograf yang menyatakan larangan. Kita tentunya sering menjumpainya di tempat-tempat umum.
.
🚭 = Dilarang merokok
🚯 = Dilarang membuang sampah sembarangan
.
Dengan mengamati gambar di atas kita sudah mengetahui maknanya.