Selasa, 25 Februari 2020

BERMAIN GAME LIGHTBOT HOUR

BERMAIN GAME LIGHTBOT HOUR.
.
Ivan Taniputera.
23 Februari 2020.
.
Dewasa ini terdapat banyak pilihan aplikasi game atau permainan di telefon genggam Anda. Meskipun demikian, yang patut diakui tidak semua aplikasi permainan itu mendidik atau bermanfaat. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi aplikasi pemainan atau game yang menarik dan juga mendidik, yakni Lightbot Hour. Anda dapat mengunduhnya dari aplikasi Playstore. Berikut ini adalah icon tampilannya.
.
.
Aplikasi game ini sangat membantu bagi pengenalan pemrograman (programing). Kita diminta menyusun serangkaian perintah yang bertujuan memandu robot-robotan kecil pada aplikasi berjalan menyalakan bagian kotak bertanda biru.
.
Terdapat tiga tingkatan soal-soal yang harus diselesaikan pada aplikasi game ini, yakni:
.
1.Basics (dasar).
2.Procedures (prosedur-prosedur).
3.Loops (pengulangan).
.
Game ini sangat baik sekali bagi anak-anak sebagai pengantar mereka dalam pemrogaman (programing) dan pengodean (coding). Dengan kata lain, bermain sambil belajar.
.
Pada tingkat Basics kita mengenal perintah-perintah dasar. Pada tingkat Procedures kita dapat meringkas beberapa perintah menjadi satu perintah. Pada tingkat Loops, perintah itu jika dimasukkan lagi ke dalam perintah itu juga dapat menjadi suatu pengulangan.
.
Berikut ini adalah soal-soal yang sudah saya pecahkan.
.
.
 
.
 
.
 
.
 
.
 
.
 
.
 
.
 
.
 
.
 
.
 
.
 
.