Sabtu, 10 Mei 2014

BUKU TENTANG HUBUNGAN LUAR NEGERI RUSIA SAAT PERANG DINGIN

BUKU TENTANG HUBUNGAN LUAR NEGERI RUSIA SAAT PERANG DINGIN

Ivan Taniputera
11 Mei 2014




Judul: Bagaimana Uni-Sovjet Membantu Negeri-negeri Jang Terbelakang Ekonominja
Penerbit: Bagian Penerangan Kedutaan Besar URSS di Indonesia, 1960
Jumlah halaman: 45

Buku ini meriwayatkan mengenani bantuan Rusia bagi negara-negara berkembang semasa perang dingin. Berikut ini adalah daftar isinya.


Pada halaman 9 dapat kita baca:

"Uni Sovjet telah mendjelaskan sifat bantuan ekonomi djuga dengan tjara baru, Uni Sovyet menghendaki supaja bantuan ini dapat membantu negeri2 jang terbelakang ekonominja mendjadi tidak tergantung, dan sampai achir2 ini Uni Sovjet membantu mereka membangun industri berat agar negeri2 itu sendiri dapat memproduksi alat2 produksi."

Pada halaman 12 dapat kita baca:

"Bantuan jang diberikan oleh organissi2 Sovjet kepada negeri2 jang ekonominja terbelakang bukan ekspor modal dan karenanja bantuan tidak dimaksudkan untuk memperoleh keuntungan dengan penghisapan terhadap rakjat dan sumber2 negeri itu. Semua pabrik jang didirikan dalam kerdjasama dengan URSS semata-mata mendjadi miliki negeri2 dimana pabrik2 itu didirikan. Tidak ada satupun organisasi Sovjet mendjadi pesero dalam perusahaan2 itu dan djuga tidak mengambil bagian dalam pimpinannja atau keuntungannja."

Sebagai catatan, tidak sepenuhnya benar jika pada kutipan di atas disebutkan bahwa bantuan Uni Sovyet itu dimaksudkan agar negeri yang dibantu ekonominya tidak tergantung. Uni Sovyet memberikan bantuan juga dalam rangka menyebarkan pengaruhnya di negara-negara tersebut dalam rangka Perang Dingin. Jadi itu bukan bantuan yang sepenuhnya cuma-cuma dan juga merupakan alat propaganda.

Pada halaman 24, disebutkan bahwa Uni Sovyet memberikan bantuan bagi India:

"Di India, Uni Sovjet sedang membangun sebuah pabrik besi dan badja jang besar dengan kapasitet produksi 1 djuta ton badja setahun. Pabrik ini merupakan pabrik besi dan badja India jang pertama dan merupakan salah satu pabrik jang terbesar di Asia."

Berikut ini adalah contoh-contoh halamannya:



Berminat foto kopi segera hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.