Kamis, 25 Agustus 2016

ASAL MULA LIMA PENGGABUNGAN BATANG LANGIT DAN ENAM PENGGABUNGAN HARMONIS CABANG BUMI (LIU HE) DALAM BAZI

ASAL MULA LIMA PENGGABUNGAN BATANG LANGIT DAN ENAM PENGGABUNGAN HARMONIS CABANG BUMI (LIU HE) DALAM BAZI.
.
Ivan Taniputera.
24 Agustus 2016
.
Jika kita mempelajari ilmu Bazi maka terdapat beberapa jenis penggabungan. Ada pun yang dimaksud penggabungan di sini adalah dua batang langit atau cabang bumi yang bergabung dan membentuk unsur baru. Rumus dan hasil penggabungan banyak orang telah mengetahuinya. Meskipun demikian latar belakang teoritis yang mendasari penggabungan tersebut tidak banyak orang mengetahuinya. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas hal tersebut.

LIMA PENGGABUNGAN BATANG LANGIT.
.
Adapun penggabungan Batang Langit (Tiangan) adalah:
.
  1. Jia dan Ji bergabung menghasilkan Tanah.
  2. Yi dan Geng bergabung menghasilkan Logam.
  3. Bing dan Xin bergabung menghasilkan Air.
  4. Ding dan Ren bergabung menghasilkan Kayu.
  5. Wu dan Gui bergabung menghasilkan Api.
.
Bagaimana asal muasal penggabungan ini? Terdapat berbagai teori mengenanya; antara lain adalah melalui pengamatan meteorologi, sebagaimana tercantum dalam Huangdinejijing ( 黃帝內經 ).
1) Saat tahun berbatang langit Jia dan Ji langit berwarna kekuningan, yang bergerak dari timur ke tenggara. Iklimnya lembab-basah, sehingga dihubungkan dengan tahapan siklus tanah. Jadi Jia dan Ji dianggap bergabung membentuk elemen Tanah.
2) Saat tahun berbatang langit Yi dan Geng langit berwarna putih, yang bergerak dari timur ke barat. Hujan agak kurang, sehingga tanah menjadi pecah-pecah. Orang lantas menghubungkan dengan tahapan siklus Logam. Jadi Yi dan Geng dianggap bergabung membentuk Logam.
3) Saat tahun berbatang langit Bing dan Xin langit berwarna biru gelap, yang bergerak dari selatan ke barat. Pada tahun ini curah hujan tinggi sehingga dihubungkan dengan tahapan siklus air. Jadi Bing dan Xin dianggap bergabung membentuk Air.
4) Saat tahun berbatang langit Ding dan Ren langit berwarna kehijauan, yang bergerak dari selatan ke utara. Ini merupakan tahun yang berangin. Orang lantas menghubungkannya dengan tahapan siklus kayu. Jadi Ding dan Ren dianggap bergabung membentuk kayu.
5) Saat tahun berbatang langit Wu dan Gui langit berwarna kemerahan, yang bergerak dari utara ke barat lagut. Ini merupakan tahun yang panjang musim keringnya dan panas. Orang lantas menghubungkannya dengan tahapan siklus kayu. Jadi Wu dan Gui dianggap bergabung membentuk Api.
.
Selain itu, ada yang menghubungkannya dengan Hetu. Angka Hetu 1 (mewakili Jia) dan 7 (mewakili Ji) sama-sama berada di Utara. Oleh karenanya, Jia bergabung dengan Ji. Angka 2 (mewakili Yi) dan 7 (mewakili Geng) sama-sama berada di Selatan. Oleh karenanya, Yi bergabung dengan Geng. Angka 3 (mewakili Bing) dan 8 (mewakili Xi) sama-sama berada di Timur. Oleh karenanya, Xin bergabung dengan Bing. Angka 4 (mewakili Ding) dan 9 (mewakili Ren) sama-sama berada di Barat. Oleh karenanya, Ding bergabung dengan Ren. Angka 5 (mewakili Wu) dan 10 (mewakili Gui) sama-sama berada di tengah. Oleh karenanya, Wu bergabung dengan Gui.
.


.
Demikianlah kita telah membaha konsep-konsep dasar penggabungan Batang Langit.

ENAM PENGGABUNGAN CABANG BUMI.
.
Penggabungan ini juga dikenal sebagai Liuhe atau Enam Keselarasahan.
Adapun enam penggabungan cabang bumi adalah sebagai berikut.

  1. Zi dan Chou bergabung menghasilkan Tanah.
  2. Yin dan Hai bergabung menghasilkan Kayu.
  3. Mao dan Xu bergabung menghasilkan Api.
  4. Chen dan You bergabung menghasilkan Logam.
  5. Si dan Shen bergabung menghasilkan Air.
  6. Wu dan Wei bergabung menghasilkan Api.
.
Pertama-tama nampak bahwa ada dua elemen Api. Mengapa demikian? Untuk menjawabnya kita perlu mengenal adanya enam energi kosmis (六氣, Liuqi), yakni:
1) Shaoyin - 少阴, terkait dengan elemen Api lebih tinggi. 2) Shaoyang - 少阳, terkait dengan elemen Api lebih rendah. 3) Taiyin - 太阴, terkait dengan elemen Tanah . 4) Yangming - 阳明, terkait dengan elemen Logam. 5) Taiyang - 太阳, terkait dengan elemen Air. 5) Jueyin - 厥阴, terkait dengan elemen Kayu.
.
Hakikat dua belas Cabang Bumi adalah juga enam energi kosmis ini.
.
  • Zi hakikatnya adalah Shaoyin.
  • Chou hakikatnya adalah Taiyin.
  • Yin hakikatnya adalah Shaoyang.
  • Mao hakikatnya adalah Yangming.
  • Chen hakikatnya adalah Taiyang.
  • Si hakikatnya adalah Jueyin.
  • Wu hakikatnya adalah Shaoyin.
  • Wei hakikatnya adalah Taiyin
  • Shen hakikatnya adalah Shaoyang.
  • You hakikatnya adalah Yangming.
  • Xu hakikatnya adalah Taiyang.
  • Hai hakikatnya adalah Jueyin.
.
Kemudian kita akan membahas siklus Yin dan Yang. Ini adalah siklus yang senantiasa bergerak atau dinamis. Yin akan berubah menjadi Yang dan sebaliknya Yang juga akan berubah menjadi Yin. Pada Yang tersimpan potensi Yin dan pada Yang tersimpan potensi Yin. Yang akan berubah menjadi Yin setelah mencapai puncak tertingginya. 
,



.
Jika kita memperhatikan gambar di atas, maka Zi merupakan awal pembuka tahapan Yang, sehingga dalam tahapan Yang ia adalah pertama; diikuti oleh Chou (2), Yin (3), Mao (4), Chen (5) dan berakhir di Si (6). Selanjutnya beralih pada tahapan Yin, yang dibuka dengan Wu (1) dan dilanjutkan secara berturutan dengan Wei (2), Shen (3), You (4), Xu (5), dan Hai (6).
.
Kini kita akan memperkenalkan prinsip angka 3 dan 9. Angka 3 merupakan lambang awal kehidupan (化生, huasheng). Sedangkan angka 9 merupakan lambang pencapaian manifestsi tertinggi. Ini juga merupakan salah dasar penting dalam memahami enam penggabungan cabang bumi.
.
Bila kita perhatikan lebih jauh. Angka 1 (Zi) dan 2 (Chou) jika dijumlahkan adalah 3.
Angka 3 (Yin) dan angka 6 (Hai) jika dijumlahkan adalah 9.
Angka 4 (Mao) dan angka 5 (Xu) jika dijumlahkan adalah 9.
Angkah 5 (Chen) dan angka 4 (You) jika dijumlahkan adalah 9
Angka 6 (Si) dan angka 3 (Shen) jika dijumlahkan adalah 9
Angka 1 (Wu) dan angka 2 (Wei) jika dijumlahkan adalah 3.
.
Dengan demikian nampak jelas sekali prinsip angka 3 dan 9.
.
Enam penggabungan itu dapat juga dijelaskan secara astronomis, yakni berdasarkan gerak penyatuan Matahari dan Bulan (bulan baru) dan ekor rasi bintang Gantang Utara (Ursa Mayor); sebagaimana dipaparkan dalam Xinglikaoyuan:
.
Pada bulan pertama, saat Matahari menyatu dengan Bulan di Yin; maka rasi bintang Gantang Utara menunjuk pada Hai. Oleh karenanya Yin dikatakan bergabung atau selaras (he) dengan Hai.
Pada bulan kedua, saat Matahari menyatu dengan Bulan di Mao; maka rasi bintang Gantang Utara menunjuk pada Xu. Oleh karenanya Mao dikatakan bergabung atau selaras (he) dengan Xu.
Pada bulan ketiga, saat Matahari menyatu dengan Bulan di Chen, maka rasi bintang Gantang Utara menunjuk pada You. Oleh karenanya Chen dikatakan bergabung atau selaras dengan You.
Demikianlah seterusnya.
Bulan keempat. Matahari dan Bulan di Si. Rasi bintang Gantang Utara: Shen.
Bulan kelima. Matahari dan Bulan di Wu. Rasi bintang Gantang Utara: Wei.
Bulan keenam. Matahari dan Bulan di Wei. Rasi bintang Gantang Utara: Wu.
Bulan ketujuh. Matahari dan Bulan di Shen. Rasi bintang Gantang Utara: Si.
Bulan kedelapan. Matahari dan Bulan di You. Rasi bintang Gantang Utara: Chen.
Bulan kesembilan. Matahari dan Bulan di Xu. Rasi bintang Gantang Utara: Mao.
Bulan kesepuluh. Matahari dan Bulan di Hai. Rasi bintang Gantang Utara: Yin.
Bulan kesebelas. Matahari dan Bulan di Zi. Rasi bintang Gantang Utara: Chou.
Bulan keduabelas. Matahari dan Bulan di Chou. Rasi bintang Gantang Utara di Zi.
.
Kini kita akan membahas mengapa dihasilkan elemen tertentu dari penggabungan tersebut. sebagaimana yang diulas dalam Xinglikaoyuan.
.
Cabang Bumi Zi berunsur Air, sedangkan cabang bumi Chou berunsur Tanah. Chou adalah cabang bumi berelemen tanah yang diperlukan oleh Elemen Arah Air (Hai, Zi, dan Chou). Oleh karenanya, Zi dan Chou jika bergabung akan membentuk Tanah.
.
Selanjutnya pada batas pertemuan antara Air dan Tanah, Kayu akan tumbuh. Oleh karenanya Yin dan Hai jika bergabung akan menghasilkan Kayu. Hai dianggap sebagai titik pertemuan antara Air (Zi) dan Tanah (Chou).
.
Kayu kemudian akan menghasilkan Api. Mao melambangkan Kayu yang sudah dibakar menjadi Api. Setelah Kayu habis dibakar, ia harus kembali ke akarnya. Xu merupakan gudang Api. Dengan demikian Mao dan Xu akan bergabung membentuk Api.
.
Api akan menghasilkan elemen Tanah. Jika kita perhatikan di dalam Xu tersimpan batang Langit Wu yang berelemen Tanah. Jadi, kita boleh menganggap bahwa Xu ini menyimpan energi atau kekuatan bagi Wu. Batang langit Wu ini ternyata juga tersimpan dalam Chen. Jadi Chen melambangkan elemen Tanah yagn sudah kuat. Apabila Tanah berada dalam keadaan puncaknya, elemen Logam akan muncul. Elemen Logam di sini diwakili oleh You. Jadi Chen dan You jika bergabung akan menghasilkan Logam.
.
Air mulai muncul pada cabang bumi Shen (tersimpan sebagai Batang Langit Ren). Sementara itu Si merupakan keadaan sebelum Api mencapai titik puncak di Wu, dimana tidak ada Air sama sekali. Dengan demikian Shen dan Si akan bergabung membentuk Air.
.
Selanjutnya yang tersisa adalah Wu dan Wei yang membentuk elemen Api.
.
Dengan demikian, kita sudah membahas mengenai asal muasal penggabungan Batang Langit dan Cabang Bumi.
.
DAFTAR PUSTAKA.
.
Aylward, Thomas F. Feng Shui & Chinese Astrology, Watkin Publishing, London, 2007.
Koch, Dr. Armin. The Midnight-Noon Ebb Flow Acupuncture Method-Zi Wu Liu Zhu Zhen Fa. The Eight Methods of Magic Turtle-Ling Gui Ba Fa.
三命通會 dalam serial 四庫全書 .
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . 
.



PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.