Selasa, 24 Oktober 2023

DHARMA MUDRA MANUNGGAL MARICHI (TAISHO TRIPITAKA 1259)

 

DHARMA MUDRA MANUNGGAL MARICHI

 

摩利支天一印法

Mólìzhītiān yīyìn fǎ

Taisho Tripitaka 1259

 

Penerjemah dari bahasa Sansekerta ke bahasa Mandarin tidak dicantumkan.

Diterjemahkan dari bahasa Mandarin ke bahasa Indonesia oleh Ivan Taniputera.

 

Jasa pahala terjemahan ini dilimpahkan pada Empat Permata.

 

Dilarang menyebarluaskan sebagian atau seluruh terjemahan ini tanpa seizin penerjemah. Jika telah mendapatkan izin untuk disebarluaskan maka tidak boleh menambah atau mengurangi apa pun yang terdapat di terjemahan ini dari awal sampai akhir, dan linknya harus tetap dicantumkan. Tidak boleh mengubah apa pun sebagaimana yang tercantum di sini. Mengambil tanpa izin berarti mencuri dan akan menjerumuskan pada karma buruk (akusala karma).

 

Kritik dan saran membangun untuk kesempurnaan terjemahan diterima dengan senang hati.

 

Naskah berbahasa Mandarin diambil dari cbeta.org. 

.

.

有二印。一者身印。二者隱形印也。先作身印當心誦真言七遍。加持身五處。謂五處者。一心二額三左肩四右肩五頂是也。身印相虛心合拳。以二中指指端屈纏著二頭指端。是大金剛輪印也真言曰。

Terdapat dua jenis mudra. Yang pertama adalah mudra tubuh. Yang kedua adalah mudra persembunyian. Terlebih dahulu bentuk mudra tubuh sambil di dalam hati melafalkan mantra tujuh kali. Adhistana lima bagian tubuh. Yang disebut lima bagian tubuh adalah sebagai berikut. Pertama di depan dada pada bagian jantung. Kedua, dahi. Ketiga, bahu kiri. Keempat, bahu kanan. Kelima, ubun-ubun. Mudra dibentuk melalui penyatuan kedua kepalan tangan dengan batin nan luas. Kedua jari tangan saling bertemu pada ujungnya dan mengait pada bagian atas jari telunjuk. Itu adalah juga mudra Mahacakravajra. Mantranya berbunyi sebagai berikut.

oṃ    li  ṣi  svā  
(1) 摩 利 支 娑嚩 訶

1.

Om (1) mólì zhī suō wa hē

.

.

次作隱形印當心念誦一百八遍。依此印真言加持力故。一切天魔惡鬼不善邪魔外道不得其便。亦無見其行者形體。雖求覓空盡邪力。不得持明行者形體。是故每七種所行時。以印真言可加持。七種所行時者。一睡眠時。二覺悟時。三沐浴時。四遠行時。五逢客時。六飲食時。七行廁時。以身印加持五處。以身印想隱入金剛堅固智拳城中。其隱形印。左手作虛掌。拳之舒右掌五輪。覆其左虛掌拳上。不令間隙。其心身。真言曰。

Saat hendak membentuk mudra persembunyian, dengan sepenuh hati lafalkan mantra sebanyak 108 kali. Dengan kekuatan adhistana yang berasal dari mudra dan mantra ini, maka seluruh dewa, iblis, makhluk halus jahat, makhluk-makhluk halus yang tidak bajik, dan para tirthika tidak akan sanggup menangkapnya. Selain itu, mereka juga tidak dapat melihatnya. Meski mencarinya di seluruh angkasa dengan kekuatan jahat mereka, namun mereka tidak akan dapat mengetahui di manakah keberadaannya. Pada ketujuh saat ini, mudra dan mantra dapat melimpahkan kekuatan adhistananya. Pertama, saat tidur. Kedua, saat terjaga. Ketiga, saat mandi. Keempat, saat bepergian ke tempat jauh. Kelima, saat menjumpai tamu. Keenam, saat minum dan makan. Ketujuh, saat berada di kamar kecil. Gunakan mudra untuk mengadhistana lima  jenis tempat kediaman. Gunakan mudra untuk memvisualisasikan secara tersembunyi memasuki benteng kepalan kebijaksanaan vajra nan tak tergoyahkan. Mudra persembunyian adalah sebagai berikut. Tangan kiri membentuk kepalan. Tangan kanan membentuk telapak tangan terbuka dan diputar lima kali. Tutupkan telapak tangan kanan pada bagian atas kepalan tangan [kiri]. Jangan sampai ada celah. Demikianlah tubuh dan pikiran Beliau. Mantranya adalah sebagai berikut:


oṃ  a  di  tyā    li  ṣi  svā  
(1) 阿 爾 底也(2) 摩 利 支 娑嚩 賀

1. 引. 2. 引

Om (1) ā'ěr dǐ yě (2) mólì zhī suō wa hè.

.

.

摩利支天一印法

Dharma Mudra Manunggal Marichi [telah selesai dibabarkan].