Minggu, 06 Mei 2018

ASTRONOMI: MEMBUKTIKAN BENTUK BUMI BERDASARKAN LAMA WAKTU PENERBANGAN

ASTRONOMI: MEMBUKTIKAN BENTUK BUMI BERDASARKAN LAMA WAKTU PENERBANGAN.
.
Ivan Taniputera.
13 April 2018.
.
Pada kesempatan kali ini saya ingin mengetahui bagaimana bentuk bumi berdasarkan lama waktu penerbangan. Saya akan memilih rute penerbangan antara Lisabon ke New York dan Pretoria ke Rio de Janeiro. Untuk jelasnya silakan perhatikan gambar di bawah ini.
.



.
Saya akan menjelaskan alur pemikirannya adalah sebagai berikut. Saya akan memilih dua rute penerbangan yang jaraknya sama atau hampir sama menurut model bumi bulat. Hanya saja yang satu harus terletak di belahan bumi utara, sedangkan satunya lagi di belahan bumi selatan. Oleh karenanya, derajat garis lintangnya kurang lebih harus sama atau tidak berbeda terlalu jauh; demikian pula dengan jarak garis bujur masing-masing. Pilihan saya jatuh pada kedua rute atau jalur penerbangan di atas.
Berikut ini adalah derajat garis lintang dan bujur masing-masing kota (data diperoleh dari wikipedia).
.
  • Lisabon terletak di 38 derajat 42 menit Lintang Utara. 9 derajat 8 menit Bujur Barat.
  • New York terletak di 40 derajat 42 menit Lintang Utara. 74 derajat 0 menit Bujur Barat.
  • Pretoria terletak di 25 derajat 44 menit Lintang Selatan. 28 derajat 11 menit Bujur Timur.
  • Rio de Janeiro terletak di 22 derajat 54 menit Lintang Selatan. 43 derajat 11 menit Bujur Barat.
.
  • Jarak garis bujur antara Lisabon dan New York adalah 64 derajat 20 menit. Jarak garis lintang antara Lisabon dan New York adalah 2 derajat.
  • Jarak garis bujur antara Pretoria dan Rio de Janeiro adalah 71 derajat 22 menit. Jarak garis lintang antara Pretoria dan Rio de Janeiro adalah 2 derajat 50 menit.
.
Sebagai tambahan: Jarak Lisabon dan New York adalah 3.370 mil. Jarak Pretoria Rio de Janeiro adalah 4.443 mil. (Data diambil dari https://www.entfernungsrechner.net/de/).
.
Dengan demikian, perbedaan jarak antara kedua pasangan kota tersebut menurut model bumi bulat tidak terlalu jauh atau tidak terlalu signifikan (tidak sampai dua kali lipat). Hal ini berbeda dengan model bumi datar. Seperti gambar di atas, maka menurut model bumi datar perbedaan jarak keduanya adalah sekitar dua kali lipat atau lebih.
.
Untuk mengetahui model mana yang benar, maka kita akan memanfaatkan data lama waktu penerbangan antara kedua jalur tersebut. Jika model bumi bulat benar, maka seharusnya perbedaan lama waktu penerbangan antara kedua jalur di atas tidaklah terlalu signifikan. Sebaliknya menurut model bumi datar, akan terdapat perbedaan cukup signifikan, yakni paling tidak dua kali lipat lebih lama. Penggunaan data lama waktu penerbangan ini dikarenakan hal tersebut dapat diverifikasi secara internasional atau oleh siapa saja. Jika data yang dipergunakan keliru tentunya akan dapat diketahui dengan mudah. Data tersebut akan saya ambil dari https://www.travelmath.com/flying-time/from/Lisbon,+Portugal/to/New+York,+NY dan https://www.travelmath.com/flying-time/from/Pretoria,+South+Africa/to/Rio+de+Janeiro,+Brazil
Hasilnya adalah sebagai berikut.
.
  • Lama waktu penerbangan dari Lisabon ke New York adalah 7 jam 15 menit.
  • Lama waktu penerbangan dari Pretoria ke Rio de Janeiro adalah 9 jam 25 menit.
.
Dengan demikian, perbedaannya tidak sampai dua kali lipat lebih lama. Hal ini membuktikan bahwa model bumi bulat lebih sesuai dengan kenyataan, kecuali dapat diberikan bukti kuat bahwa data waktu penerbangan sebagaimana tercantum di atas adalah keliru. Sampai sejauh ini kita telah memperlihatkan bahwa bentuk bumi adalah bulat. Terjadi kekonsistenan antara jarak masing-masing jalur penerbangan menurut model bumi bulat dengan lama waktu penerbangan.