Minggu, 06 Mei 2018

SEDIKIT PENJELASAN MENGENAI MAKNA DAN KEGUNAAN KOMPAS FENGSHUI (LUOPAN)

SEDIKIT PENJELASAN MENGENAI MAKNA DAN KEGUNAAN KOMPAS FENGSHUI (LUOPAN).
.
Ivan Taniputera.
27 April 2018.
.



Sampai sejauh ini saya belum menemukan buku atau artikel dalam bahasa Indonesia yang menjelaskan mengenai makna kompas Fengshui (umum disebut 羅盤 luopan). Itulah sebabnya saya terdorong menulis artikel pengantar ini. Tentu saja karena sifatnya yang hanya sebagai pengantar, dalam artikel ini kita akan memberikan penjelasan singkat dan mendasar saja mengenai luopan atau kompas Fengshui.
.
Kompas Fengshui sesungguhnya bukan sesuatu yang bersifat gaib atau keramat. Sebenarnya ia adalah kompas biasa yang dibubuhi berbagai informasi terkait ilmu Fengshui. Tentu saja yang dapat memahami informasi-informasi tersebut adalah para praktisi yang telah mempelajarinya. Dengan kata lain, luopan adalah semacam catatan atau buku pintar bagi praktisi Fengshui.
.
Lalu apakah setiap praktisi Fengshui harus mempunyai luopan? Jawabnya adalah tidak. Informasi-informasi yang tertera pada luopan dapat pula disajikan dalam bentuk tabel. Jadi praktisi tinggal mencatat derajat arah yang diperlukan menggunakan kompas biasa atau kompas aplikasi pada android dan selanjutnya mencocokkannya dengan tabel. Hasilnya sama saja. Dengan demikian, luopan bukanlah suatu keharusan.
.
Terdapat beberapa jenis luopan yang masing-masing memuat informasi berbeda. Secara umum terdapat tiga jenis luopan; yakni
.
  • Sanhe luopan
  • Sanyuan luopan
  • Zhonghe luopan.
.
Sebenarnya masih ada lagi luopan-luopan khusus yang dirancang oleh para praktisi tertentu sesuai keperluan masing-masing.
.
Kita akan mengulas sedikit mengenai informasi apa yang tersedia pada sebuah luopan. Kita akan mengambil luopan berikut ini sebagai contoh.
.


.
Bagian 0 atau tengah disebut dengan Sumur Langit (天井, Tianjing) yang berisikan jarum magnet kompas Fengshui.
.
Bagian 1 atau lingkaran pertama memuat 8 trigarit (卦, gua) yang disusun menurut Bagua awal (先天八卦, Xiantianbagua).
.
Bagian 2 berisikan 24 Gunung atau 24 pembagian arah. Masing-masing gunung ini menempati sektor sebesar 15 derajat (360 derajat dibagi 24). Ini dikenal sebagai Bagan Bumi (地盤, Dipan).
.
Bagian 3 berisikan apa yang disebut Gunung Penembus Tujuh Puluh Dua Naga (穿山七十二龍, Chuanshan Qishier Long). Disebut juga Pembagian Emas (分金, Fenjin). Ini merupakan hasil pembagian 24 Gunung pada bagian 2 masing-masing menjadi tiga sektor lagi. Masing-masing subsektor itu adalah sebesar 5 derajat (15 derajat dibagi 3). Terdapat subsektor yang baik dan buruk.
.
Bagian 4 berisikan apa yang disebut dengan Sembilan Bintang (九星, Jiuxing). Namun pada kompas yang muncul hanya delapan saja; yakni:
  • Tanlang (貪狼), pada kompas hanya dituliskan singkatannya saja, yakni Tan (貪).
  • Jumen (巨門 ), pada kompas hanya dituliskan singkatannya saja, yakni Ju (巨).
  • Lucun (祿存), pada kompas hanya dituliskan singkatannya saja, yakni Lu (祿).
  • Wenqu (文曲), pada kompas hanya dituliskan singkatannya saja, yakni Wen (文).
  • Pojun (破軍), pada kompas hanya dituliskan singkatannya saja, yakni Po (破).
  • Wuqu (武曲), pada kompas hanya dituliskan singkatannya saja, yakni Wu (武)
  • Fubi (輔弼), ini sebenarnya merupakan gabungan dua bintang: Zuofu dan Youbi). Pada kompas hanya dituliskan singkatannya saja, yakni Fu (輔).
.

.
Pada bagian 5 kita kembali berjumpa dengan 24 Gunung, namun kedudukannya telah bergeser 7,5 derajat dibandingkan bagian 2. Ini disebut Bagan Manusia (人盤, Renpan).
.
Bagian 6 merupakan pembagian 60 Jiazi secara merata dan disebut Enam Puluh Naga Penembus Bumi (透地六十龍, Toudi Liushi Long). Pada kompas ini hanya dituliskan saja nama Batang Langitnya. Sementara itu, nama Cabang Buminya diambil dari 24 Gunung terkait.
.
Bagian 7 merupakan pembagian 24 Gunung menjadi lima bagian lagi dan disebut Seratus Dua Puluh Harimau (一百二十虎, Yibai Ershi Hu). Ini merupakan pembagian 24 Gunung menjadi lima subsektor. Dengan demikian masing-masing subsektor adalah 3 derajat. Kita dapat menggunakannya untuk menentukan apakah Bintang Pengganti diperlukan.
.
Bagian 8 dan 9 menggambarkan angka dan Trigarit (卦, gua) terkait.
.
Bagian 10 dan 11 menyatakan nama-nama 64 Sadgarit (heksagram).
.
Bagian 12 berisikan lima aksara China, yakni 父 Fu berarti “ayah,” 母 Mu berarti “ibu,” 天 Tian berarti “Langit,” dan 人 Ren berarti “Manusia.” Ini menyatakan jenis heksagram awal dan turunan.
.
Bagian 13 berisikan arah yang baik dan buruk. Arah yang bertanda titik merah adalah baik dipergunakan. Sebenarnya bagian 13 ini melambangkan garis-garis pada suatu Sadgarit. Satu sadgarit terdiri dari enam garis (yao). Dengan demikian, secara keseluruhan terdapat 64 x 6 bagian atau 384 bagian. Ada rumus yang menyatakan bahwa yang dipergunakan hendaknya adalah tiga titik merah jatuh pada tiga garis (yao) pertama sama.
.
Bagian 14 kembali berisikan 24 Gunung dan disebut Bagan Langit (天盤, tianpan). Dengan demikian, pada kompas ini kita dapati Bagan Langit, Bumi, dan Manusia. Itulah sebabnya kompas Fengshui atau luopan ini tergolong sebagai luopan sanhe. Selain nama-nama 24 Gunung terdapat pula nama 24 titik perhentian matahari (Jieqi atau solar term).
.
Bagian 15 menyatakan pembagian berdasarkan lima unsur atau elemen (五行, wuxing); yakni Api, Tanah, Logam, Air, dan Kayu.
.
Bagian 16 menyatakan pembagian derajat lingkarannya. Barangkali untuk menghemat tempat, maka yang dicantumkan pada kompas ini hanya derajat berangka ganjil saja.
.
Bagian 17 menyatakan arah baik dan buruk terkait derajat di atas.
.
Bagian 18 mencantumkan nama-nama 28 rasi bintang (宿, xiu).
.
Dengan demikian, kita mengulas makna bagian-bagian sebuah luopan. Kita telah memperlihatkan bahwa luopan bukanlah benda keramat atau ajaib. Aksara-aksara yang tertera pada luopan dapat kita ketahui maknanya, dimana semuanya terkait dengan ilmu Fengshui. Karena artikel ini sifatnya hanya perkenalan saja, maka akan kita cukupkan sampai di sini.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . . . . . . . 
.

.
PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.