Selasa, 17 Juni 2014

BUKU TENTANG LEMBAGA PERSAHABATAN INDONESIA TIONGKOK

BUKU TENTANG LEMBAGA PERSAHABATAN INDONESIA TIONGKOK

Ivan Taniputera
17 Juni 2014




Judul: Perkenalan Lembaga Persahabatan Indonesia-Tiongkok
Penerbit: Lembaga Persahabatan Indonesia Tiongkok, 1956
Jumlah halaman: 222

Buku ini bertujuan memperkenalkan Lembaga Persahabatan Indonesia-Republik Rakyat Tiongkok, yang didirikan pada tanggal 14 Januari 1955. Pada bagian Kata Pengantar dapat kita baca:

"Pada tanggal 13 April berikutnja Lembaga baru dapat mengadakan malam perkenalannja di Gedung Pertemuan Umum, Djakarta. Malam perkenalan jang sangat menarik itu dikundjungi oleh Menteri Pendidikan, Pengadjaran, dan Kebudajaan, Wal Kota Djakarta Raja, perwakilan2 dari Luar Negeri....."

Pada halaman 8 terdapat "Dasar2 Pendirian Lembaga Persahabatan Indonesia-Tiongkok:

"Kemadjuan ilmu pengetahuan dalam segala lapangan mengakibatkan disatu fihak kebahagiaan untuk umat-manusia, dilain fihak peperangan jang dahsjat dengan adanja sendjata2 pemusnahan setjara besar2-an (sendjata nuclear, dll).

Umat manusia mempunjai hak untuk hidup merdeka, untuk bersahabat dan untuk hidup dalam alam damai. Untuk menegakkan perdamaian dunia ini, maka sudah sewadjarnjalah Manusia dan Manusia, Bangsa dan Bangsa mempunjai hubungan satu sama lain berdasarkan saling mengerti dan saling menghormati......."

Terdapat pula kata-kata sambutan, antara lain dari Duta Besar Huang Chen, menteri P.P. dan K., dan lain sebagainya. Buku ini juga dilengkapi oleh daftar pengurus, iklan-iklan, dan lain sebagainya.


Berikut ini adalah contoh-contoh halamannya:





Berminat foto kopi hubungi ivan_taniputera@yahoo.com.