Senin, 11 Juni 2018

MEDITASI RAHASIA SUMBER KEBAHAGIAAN

MEDITASI RAHASIA SUMBER KEBAHAGIAAN
.
Ivan Taniputera.
11 Juni 2018.
.
.



Meditasi kali ini bertujuan menggali hal-hal tersembunyi yang dapat membuat Anda berbahagia atau lebih berbahagia. Pada kesempatan kali ini, kita akan melakukan meditasi sederhana. Tujuannya adalah mengenal hal tersembunyi apa yang sekiranya dapat membuat Anda berbahagia atau lebih berbahagia. Meditasi ini sederhana, namun tetap saja diperlukan ketenangan serta pikiran yang mantap. Saya tidak menggunakan istilah "sukses" melainkan "bahagia." Alasannya, "sukses" bersifat relatif; sedangkan "bahagia" itu dapat dirasakan sendiri. Sebagai contoh, seseorang yang menurut orang lain sudah cukup sukses, namun masih selalu merasa kurang, sehingga tidak berbahagia. Jadi, berbahagia di sini lebih penting ketimbang sukses. Kesuksesan sejati itu seharusnya seiring dengan kebahagiaan hidup. Masalahnya ada hal-hal tersembunyi yang belum dikenal atau diketahui mengenai kebahagian tersebut. Masing-masing individu akan berbeda-beda. Tujuan meditasi ini adalah mengenal hal tersebut. Cara meditasinya juga sangat sederhana. Pusatkan dan heningkan pikiran Anda. Bayangkan Anda sedang diundang menghadap seorang raja. Raja itu membawa sebuah kotak. Kotak itu diberikan pada Anda. Anda kemudian diperintahkan membuka kotak tersebut.
.
Jawablah pertanyaan sebagai berikut:
.
1. Apakah Anda membuka kotak tersebut? Jika tidak, apakah alasannya? Uraikan dengan jelas. 
2. Apakah sebelum membuka kotak tersebut terdapat keraguan-raguan? Uraikan mengapa Anda ragu-ragu? 
3. Dalam gambaran meditasi Anda, apakah isi kotak tersebut? Tentunya yang memilih tidak membuka kotak tersebut tidak perlu menjawab pertanyaan 2 dan 3. 
4. Baik membukanya atau tidak, apakah Anda mengucapkan terima kasih pada raja? 
5. Apakah yang Anda lakukan kemudian dengan isi kotak tersebut? 
6. Apakah Anda ingin komentar Anda ditanggapi? . . Seperti biasa, hanya komentar cukup jelas saja yang akan saya tanggapi. Sedapat mungkin gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar.
.
Berikut ini adalah tanggapan-tanggapan yang masuk.
.
PENANYA PERTAMA
.
Penanya pertama:
1. Kotak itu terbuka dengan sendirinya setelah diberikan oleh raja. 
2. Tidak ragu ragu karena kotaknyang langsung terbuka. 
3. Kunci kuno berwarna emas. 
4. Tidak 
5. Membawa kunci ini untuk kembali membuka harta karun. 
.
Jawabannya agak aneh yah, seperti dapet hadiah dalam kotak tetapi harus kembali membuka kembali kotak.
Terima kasih
.
Saya: 
.
Saya akan membacanya sebagai berikut. Sebenarnya jalan atau rahasia Anda menuju kebahagiaan atau kehidupan lebih berbahagia itu sudah terbuka dengan sendirinya. Dengan kata lain, Anda mungkin sudah dituntun ke arah sana, kendati mungkin Anda belum begitu menyadarinya. Agar kehidupan Anda berbahagia atau lebih berbahagia, maka Anda perlu membukakan pintu yang tertutup bagi orang lain. Tentu saja ini kemungkinannya sangat banyak; sebagai contoh, Anda membuka pintu rejeki dan jodoh bagi orang lain. Misalkan ada teman Anda yang memerlukan pekerjaan, maka Anda membantunya hingga benar-benar mendapatkan pekerjaan sesuai baginya. Misalkan ada teman Anda yang mendambakan pendamping hidup, maka Anda membantunya hingga mendapatkan pasangan hidup paling sesuai baginya. Dengan membukakan pintu kehidupan bagi orang lain, maka kehidupan Anda akan semakin kaya dan semakin banyak pula rahasia-rahasia kebahagiaan terbuka bagi Anda. Demikian yang dapat saya baca.
.
Penanya pertama: Terima kasih atas bimbingan meditasinya.
.
Saya: Apakah benar yang saya katakan?
.
Penanya pertama: Keluarga saya ada yang mendapat musibah sampai tidak bisa jalan. lalu saya membantunya dengan menemukan koko buat kerjaan. saya jga mau membantu bantuan untuk kesembuhan dia. Baru saja kejadiannya jadi saya rasa panggilannya ke arah sana dan singkron dengan nasihat yg disampaikan
.
Saya: Bagus sekali. Saya senang dapat membantu.
.
PENANYA KEDUA
.
Penanya kedua:
1. Saya tidak membuka kotak itu, karena saya berpikir untuk membukanya saat sampai di rumah saja. 2.- 
3.- 
4.saya mengucapkan terimakasih kepada raja. 
5.karena kotaknya kosong saya isi dengan perhiasan.
.
Saya:
.
Rahasia kebahagiaan atau hal-hal membuat Anda merasa lebih berbahagia adalah rumah dan keluarga yang mantap. Tetapi nampaknya hal itu masih terasa jauh, namun merupakan hal yang sangat penting bagi Anda. Anda merasa bahwa Anda hanya dapat berbahagia bila mendapatkan hal-hal tersebut. Padahal jika kita renungkan, dambaan terhadapnya justru menghambat kebahagiaan Anda. Analoginya adalah seorang anak yang menginginkan sebuah mainan. Ia merasa hidupnya hanya akan berbahagia bila mendapatkan mainan tersebut. Tetapi jika ia benar-benar memperolehnya, benarkah ia akan berbahagia selamanya. Tentu tidak, karena keinginan itu tidak mengenal batas; laksana sumur tanpa dasar. Oleh karenanya, jalan menuju kebahagiaan sejati Anda adalah mensyukuri dan berterima kasih terhadap apa yang sudah ada. Anda perlu mengosongkan segenap dambaan semu Anda dan mengisinya dengan permata yang benar-benar berharga. Demikian pembacaan saya.
.
Penanya kedua: terimakasih banyak atas jawabannya.
.
Saya: Apakah benar yang saya tuliskan di atas?
.
Penanya kedua: Ya, benar .
.
PENANYA KETIGA:
.
Penanya ketiga:
.
1. Ya saya akan membuka kotak tersebut. 
2. Tidak ada keraguan sebelum membuka 
3. Isinya lonceng tua dengan benih benih bunga teratai. 
4. Mengucapkan terima kasih kepada raja 
5. Benih bunga teratai akan saya tanam di setiap tempat yang saya lewati, Sedangkan lonceng dibunyikan 108 kali
.
Saya:
.
Rahasia kebahagiaan Anda terletak pada memperingatkan atau mengingatkan orang lain, terkait hal-hal yang sekiranya membahayakan serta perlu mereka hindari. Ingat bahwa lonceng itu maknanya adalah "pengingat." Dahulu saat belajar di bangku sekolah, setiap akhir suatu jam pelajaran beralih pada jam pelajaran baru, selalu ditandai dengan lonceng. Kendati demikian, Anda mengaitkan hal tersebut dengan spiritualitas. Artinya dalam batin Anda terdapat keinginan menumbuhkan benih-benih kebaikan dalam diri orang lain. Anda juga merupakan orang yang bersyukur dan berterima kasih atas apa yang sudah Anda dapatkan dalam hidup ini. Dengan demikian, seharusnya angka kebahagiaan dalam hidup Anda sudah sekitar 90 persen. Namun agar lebih berbahagia Anda merasa perlu mengingatkan orang lain dan menanam benih kebajikan dalam batin mereka. Angka 108 ini melambangkan semangat religius. Hal ini sekali lagi menegaskan bahwa spiritualitas merupakan salah satu jalan kebahagiaan Anda. Demikian yang dapat saya baca.
.
Penanya ketiga: makasihh banyak yaa ko Ivann. Yang ko Ivan tulis di atas tepat dan benarr. Terus berkarya dan selalu semangat ko Ivan.
.
PENANYA KEEMPAT
.
Penanya keempat:
1, ya Saya akan membuka kotak tersebut 
2, tidak Ada keragu raguan 
3, isi nya sebuah telur yg besar 
4, Saya mengucapkan terima kasih 
5, Saya membawa pulang sambil berpikir untuk mengerami telur tersebut supaya hidup 
6,ya , mohon di tanggapi ya ko,terima kasih banyak ko
.
Saya: 
.
Saya akan membaca sebagai berikut. Kunci kebahagiaan Anda adalah mempunyai usaha sendiri yang dapat diandalkan. Sumber kebahagiaan berikutnya adalah anak. Membesarkan anak merupakan salah satu bentuk kebahagiaan Anda. Ini juga mungkin merupakan tanggung jawab karma Anda. Jadi, Anda akan lebih berbahagia jika sanggup meluangkan waktu bagi anak-anak Anda. Anda juga dapat banyak menyumbang ke panti-panti asuhan. Demikian hasil pembacaan saya. Apakah benar demikian?
.
Penanya keempat: Iya ko, bener sekali ko 😀, tanggung jawab karma gmn ya ko hehe? Mohon pencerahannya ya ko 😀,terima kasih banyak ko
.
Saya: Tanggung jawab karma untuk mengasuh mereka yang lebih muda dari Anda; dalam hal ini mencakup anak Anda sendiri atau anak-anak yang menghuni panti asuhan. Ibaratnya, Anda menetaskan mereka untuk menjadi dewasa serta bermanfaat. Pada kehidupan lampau Anda nampaknya bertekad untuk hal-hal semacam itu dan ada tugas Anda yang belum terselesaikan. Itulah sebabnya berlanjut di kehidupan sekarang. Demikian hasil pembacaan saya.
.
Penanya keempat: Ooo, sudah mengerti ko,Haha, mungkin itu sbabnya sya sering mengajarkan tmn saya yg lbh muda muda dr saya, bagaimana ttg hidup,jgn salah jalan dsb, makasih ko atas pencerahannya 👍👍
.
PENANYA KELIMA
.
Penanya kelima:
.
1. Kotaknya bagus, terbuat dari emas kuning. Raja hanya memberikan, tidak ada perintah membuka jadi tidak saya buka 
2. Sempat ragu2 Krn untuk apa raja memberikan ini? Tapi saya yakin, kotaknya saja terbuat dari emas dan batu permata. Isinya pasti lebih dari itu. Jika kosong pun tak masalah. Tidak saya buka. 
3. Tidak saya buka 
4. Ucapkan banyak terima kasih. Sebenarnya masih kepikiran kenapa raja memberikan ini? Padahal saya tidak melakukan apapun. 
5. Saya simpan Dulu, atau bisa juga dibuka pas di rumah 
6. Manut Pak Ivan saja 
.
Terima kasih Pak
.
Saya:
.
Hasil meditasi tersebut jelas sekali menandakan bahwa Anda merupakan bahwa Anda merupakan orang yang berjiwa spiritual dan religius. Dengan demikian, perihal keagamaan dan spiritualitas merupakan jalan kebahagiaan Anda. Jadi, dengan menekuninya Anda akan menemukan lebih banyak kebahagiaan hidup. Anda merupakan orang yang bersyukur dan senantiasa berterima kasih terhadap segenap kebaikan yang Anda terima dalam hidup. Bahkan Anda mungkin merasa tidak layak menerima segenap kebaikan tersebut. Anda merasa bahwa apa pun yang terjadi pada Anda pasti merupakan yang terbaik bagi Anda dan Anda tidak mau terlalu banyak mempertanyakannya. Anda mempunyai keyakinan kuat terhadap agama dan spiritual. Apakah benar demikian?
.
Penanya kelima: Jujur, semalam itu saya sedang galau. Saya sedang mempertanyakan banyak hal. Tp bgt saya memutuskan ikut meditasi, entah knp kegalauan saya menyingkir. Itu jawaban saya setelah mungkin terkena energi njenengan sehingga saya jd LBH stabil pak. Tapi memang saya ada minat yang tinggi dengan segala macam yang berbau agama dan kepercayaan tertentu. Demikian Pak 
.
Saya: Ya berarti benar Anda adalah orang spiritualis. 
.
Penanya kelima: Suwun ya pak (Catatan penulis: Suwun merupakan bahasa Jawa yang berarti terima kasih).
.
PENANYA KEENAM
.
Penanya keenam:
.
1. Tentu saja, dengan agak ragu2 tapi penasaran 
2. Ada ragu, krn bingung apa alasan dibalik pemberian 
3. Medali penghargaan bertatahkan emas permata 
4. Lgs mengucapkan Terima kasih berkali2 smbl membungkukkan badan 
5. Memakainya lalu menyimpannya di safety box ketika sampai rumah 
6. Ya ko, Mohon tanggapannya
.
Saya: 
.
Saya akan membacanya sebagai berikut. Salah satu hambatan utama Anda dalam meraih lebih banyak kebahagiaan dalam hidup adalah kurangnya rasa percaya diri. Anda memerlukan orang yang sanggup mendukung dan membangkitkan rasa percaya diri Anda. Jika Anda orang yang seperti itu,maka Anda akan berjuang sungguh-sungguh dengan tidak akan merusak kepercayaan yang diberikan. Barangkali saran-saran berikut ini bermanfaat untuk Anda.
1. Anda perlu berkumpul dengan orang-orang yang dapat saling mendukung. satu sama lain. Hindari berkawan dengan orang-orang yang malah mematahkan rasa percaya diri Anda. 2. Anda juga perlu menyadari bahwa tidak selalu seseorang itu dapat memperoleh dukungan orang lain. Terkadang perlu juga ia membangkitkan sendiri rasa percaya dirinya. Jadi jangan selalu bergantung pada orang lain. Dengan demikian, akan makin banyak kebahagiaan hadir dalam diri Anda.
Demikian hasil pembacaan saya.
.
Penanya keenam: Terima kasih banyak.
.
Saya: Apakah benar demikian?
.
Penanya keenam: Sebenernya Pertama kali bayangin lihatnya emas, lalu ingin dipakai untuk Bayar hutang, investasi Dan berbuat amal.., Tp stlh direnungkan lebih lama, yg lebih terlihat adalah medali penghargaan
.
Saya: Baik. Senang sekali bila dapat bermanfaat.
.
PENANYA KETUJUH.
.
Penanya ketujuh:
.
1.ya saya membuka kotak tersebut dengan sebuah kunci 
2.tidak ada keraguan dan saya sangat bahagia membuka kota tersebut 
3.sebuah permata bewarna merah sangat indah. 
4.saya berterimah kasih kepada raja 
5.saya membawah pulang dan menjualnya dan membagikan kepada orang laen. 
6.ya terimah kasih pak ivan
.
Saya:
.
Saya akan melakukan pembacaan sebagai berikut. 
.
Sumber kebahagiaan dan keberhasilan Anda adalah cinta kasih. Oleh karenanya, semakin banyak Anda menaburkan cinta kasih pada orang lain, maka semakin bertambah besar pula kebahagiaan beserta keberuntungan Anda. Anda menganggap cinta sebagai sesuatu yang penting dan bahkan melebihi uang.
.
Penanya ketujuh: Terimah kasih pak ivan.mungkin pada sesi sebelumnya soal gua saya mau ketik bertemu wanita sedang bersedih dan menangis tetapi sudah di tutup sesi tersebut ya sudah la.
.
Saya: Apakah benar yang saya sampaikan di atas?
.
Penanya ketujuh: Cenderung ke arah sana terimah kasih pak ivan
.
Saya: Salam sukses
.
PENANYA KEDELAPAN
.
Penanya kedelapan:
1. saya buka karena saya penasaran sama isinya 
2. agak ragu2 tapi karena penasaran lebih besar dr keraguan 
3. emas 
4. iya tentunya saya berterima kasih 
5. saya bawa pulang dan tunjukan ke keluarga kemungkinan emasnya saya jual , tapi kemungkinan saya simpan sebagian 
6. iya mohon ditanggapi
.
Saya:
.
Sebenarnya, jawaban emas ini sudah pernah dijawab pula oleh penanya lainnya. Ini berarti bahwa sumber kebahagiaan dalam hidup atau yang Anda kejar selama ini adalah kemantapan dalam keuangan. Dengan demikian, gambaran ini memberikan petunjuk agar Anda berdaya upaya mewujudkannya. Pada dasarnya, Anda adalah orang yang cermat dan tidak boros. Anda memikirkan masa depan pula.Selain itu, keluarga juga menjadi sumber kebahagiaan Anda.
.
Penanya kedelapan: terima kasih banyak pak ivan atas kesediaannya memberikan tanggapan, dan sangat tepat. Selalu semangat.
.
PENANYA KESEMBILAN
.
Penanya kesembilan:
.
1.saya akan membuka kotak itu dengan 
2.tidak ragu-ragu 
3.isi kotak itu, KOSONG alias tidak ada apa-apa didalamnya. 
.
Lantas saya berkata kepada Sang Raja : Yang Mulia,kotak ini kosong. Jawab Sang Raja : Ya kotak itu memang kosong. Lalu saya berkata kepada Sang Raja kembali: Kalau begitu,Yang Mulia,Terimakasih Buat kotak yang cantik dan indah ini. Lalu Sang Raja berkata : isilah kotak kosong yang kuberikan itu dengan benda apa saja yang kamu inginkan,maka benda apapun itu,karena kotak itu adalah pemberianku,maka benda itu otomatis akan menjadi benda yang sangat berharga jikalau kamu hendak menjualnya nanti. Lalu saya berkata pula : Terimakasih atas kemurahan Yang Mulia. 
5.Kotak itu lantas saya bawa pulang dan saya simpan,lalu saya isi dengan konde istri saya. 
6.Ya. saya ingin komentar saya ditanggapi. TERIMAKASIH.
.
Saya: 
.
Saya akan melakukan pembacaan sebagai berikut. 
.
Jawaban Anda sangat menarik. 
.
1. Anda merupakan orang yang mandiri. Anda lebih suka diberi sarana dibandingkan hasilnya. Kunci kebahagiaan Anda terletak pada mengupayakan sendiri apa yang Anda perlukan atau butuhkan. Anda justru merasa kurang bahagia jika segala sesuatu sudah disediakan bagi Anda. Anda merasa hidup ini menjadi kurang menarik dan kebahagiaan Anda langsung memudar. 
2. Anda merupakan sosok yang harus diberi kesempatan sendiri mengisi kehidupan Anda. Anda merasa bahwa hidup itu sendiri sudah cukup berharga dan sudah menjadi modal dalam mengisi kehidupan Anda. 
3. Apa pun sarana atau bekal yang Anda terima dalam hidup, Anda yakin bahwa itu merupakan sesuatu yang berharga. Anda akan dapat memanfaatkannya guna mengisi kehidupan Anda. Hal ini nampak jelas pada kotak kosong yang diberikan raja. 
4. Pernikahan bagi Anda merupakan salah satu hal utama yang menjadi kebahagiaan Anda. 
5. Bagi Anda kebahagiaan itu adalah tujuan dan bukan sarana. Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang harus diterima begitu saja, melainkan harus diupayakan. 
6. Sebagai saran, Anda perlu mencari pekerjaan yang masih berupa rintisan. Mengembangkannya merupakan sesuatu yang membuat Anda bahagia. 
7. Namun, ada hal penting yang perlu Anda sadari. Suatu kotak kosong bagaimana pun juga memiliki batas daya tampung. Suatu saat, ia akan penuh juga. Oleh karenanya, Anda perlu menyadari atau menerima hal tersebut. Namun Anda juga boleh membongkarnya dengan mengeluarkan serta membuat yang lama. Hal ini tidaklah mudah. Proses membuang dan membongkar yang lama seringkali menyakitkan serta dilakukan penuh keengganan. 
.
Demikianlah hasil pembacaan saya.
.
Penanya kedelapan: Pas sekali dengan jiwa dan prinsip hidup ku,koh Ivan. Secara majority,yah aku selalu enjoy mengeksplorasi hal2 baru dan kegiatan2 baru. Namun sering juga menjadi stress dan frustasi manakala sudah merasa terkungkung dan tidak bebas. Pernikahan dan rumahtangga yang berkualitas adalah hal utama karena menurut saya kelak 2 hal inilah yang terus menemani seseorang hingga akhir hidupnya. keberhasilan seorang lelaki juga ditentukan oleh kualitas pernikahan dan rumahtangga nya. Sekali lagi luar biasa buat metode koh ivan,dan terimakasih koh Ivan.
.
PENANYA KESEPULUH.
.
Penanya kesepuluh:
.
1. Ya, karena atas perintah Raja 
2. Tidak ada keraguan, karena yang memberikan telah memberikan izin 
3. Emas dan permata 
4. Pastinya mengucapkan terima kasih 
5. Membawa pulang dan menggunakannya sesuai kebutuhan, sebagian akan disumbangkan 
6. Ya tolong ditanggapi. 
.
Terima kasih
.
Saya:
.
Anda merupakan sosok yang menganggap bahwa kemantapan dalam materi merupakan sumber kebahagiaan Anda. Meskipun demikian, materi ini tidak Anda nikmati sendiri, tetapi juga Anda bagikan untuk mereka yang memerlukannya. Saat ini kondisi keuangan cukup baik dan masih akan bertambah baik.
.
Penanya kesepuluh: terima kasih atas pembacaannya... Benar sekali pak Ivan... Kdg saya berpikir dgn kelimpahan materi bisa membantu sesama... Dan suatu saat sy pny impian punya foundation yang tntunya saya telah mantal dalam materi... Untuk kondisi keuangan saat ini memang cukup dab mudah2 an akan bertambah baik lagi. Terima kasih Pak Ivan telah membantu membacanya. Salam hormat. Sukses selalu.
.
Saya: Sama-sama Pak. Senang bisa bermanfaat.
.
PENANYA KESEBELAS
.
Penanya kesebelas:
.
1.kotak akan saya buka setelah mendapatkan persetujuan raja 
2.tidak ragu2 
3.buku/kitab kuno terbungkus dengan kain sutra benang emas yg sangat indah, dan ada sebuah perhiasan cantik khas kerajaan. 
4.pasti akan mengucapkan terima kasih dan memberi hormat 
5.buku Dibaca, perhiasan disimpan di dalam kotak.. 
6.ya. Jika ko Ivan berkenan.. Terima kasih banyak ko..
.
Saya:
.
Saya akan melakukan pembacaan sebagai berikut. 
.
1) Ini merupakan suatu perpaduan yang amat unik. Pada satu sisi Anda merupakan orang yang menganggap uang atau materi sebagai sesuatu yang penting; sementara itu pada sisi lain Anda juga menganggap bahwa pencarian pengetahuan merupakan hal yang sama pentingnya. 
2) Keduanya merupakan kunci kebahagiaan Anda dan perlu dilakukan secara bersamaan serta berimbang. 
3) Sehubungan dengan pandangan Anda terhadap materi, maka Anda mempunyai pendekatan konvensional terhadap uang: "Untuk mendapatkan uang seseorang harus bekerja keras." Itulah sebabnya, Anda kurang menyukai spekulasi atau kegiatan yang sifatnya untung-untungan. Tentu saja ini tidaklah salah dan tiap orang boleh saja memiliki pandangannya sendiri-sendiri. 
4) Sehubungan dengan pengetahuan, maka Anda menyukai pengetahuan yang ada kaitannya dengan pengetahuan klasik. Sebagai contoh, mengenai sejarah masa lalu atau sastra-sastra lama. 
5) Sebagai saran, Anda dapat mengunjungi tempat-tempat wisata yng ada kaitannya kegemilangan masa lampau, tempat kelahiran para tokoh inspiratif ternama dunia, dan lain sebagainya. Semua itu akan memperkaya wawasan Anda, 
.
Demikian hasil pembacaan saya.
.
PENANYA KEDUABELAS
.
Penanya keduabelas:
.
1. Kotaknya saya buka pak 
2. Tanpa ragu saya buka karena diberikan raja... Maka sudah menjadi hak saya untuk membuka 
3. Isinya cincin emas bertahta berlian besar 
4. Saya tidak mengucapkan terimakasih karena kagum dengan cincin berlian itu 
5. cincin dalam kotak itu saya kenakan. 
6. Silahkan ditanggapi Terimakasih sebelumnya.
.
Saya:
.
Anda adalah sosok yang sangat sadar akan hak Anda dan orang lain. Anda tidak mau menganggu hak orang lain, tetapi Anda juga tidak mau hak Anda dilanggar. Sumber kebahagiaan Anda dalam hidup adalah penghargaan yang diberikan orang lain terhadap pencapaian Anda. Anda merasa bangga apabila orang lain merasa senang dan bahagia terhadap karya-karya Anda; dimana hal tersebut dituangkan dalam bentuk pujian atau penghargaan lainnya. Hal tersebut juga merupakan sumber percaya diri Anda. Kelemahannya, jika sudah berhasil meraih sesuatu yang Anda rasa luar biasa, maka Anda sering lupa untuk terus menerus mengasah kemampuan tersebut. Anda terlalu terpukau pada prestasi tersebut dan lupa menengok masa lampau. Padahal suatu ilmu harus terus menerus diasah. Jika tidak, prestasi Anda berpeluang merosot. Selain itu, Anda perlu belajar menerima apa pun yang Anda dapat dalam kehidupan ini. Berikut ini adalah saran-saran yang mungkin bermanfaat:
1. Anda perlu mendukung orang lain agar mendapatkan penghargaan atau prestasi pula sebagaimana yang Anda sendiri dambakan.. Mendukung orang lain adalah berarti juga mendukung diri Anda sendiri. 2. Anda perlu pula menghargai prestasi dan karya orang lain. Menghargai orang lain adalah juga berarti menghargai diri sendiri.
Dengan melakukan hal-hal tersebut maka keberuntungan beserta kebahagiaan hidup Anda akan makin meningkat..
.
Penanya keduabelas: terimakasih pak
.
Saya: Apakah benar demikian?
.
Penanya keduabelas: Benar.
.
PENANYA KETIGABELAS.
.
Penanya ketigabelas:
.
1. Ya, saya buka sesaat setelah Raja memberikannya. 
2. Tidak ragu, karena saya percaya pada Raja. 
3. Emas Batangan. 
4. Saya sangat berterimakasih pada Sang Raja. 
5. Saya menyimpannya baik-baik, untuk digunakan pada saat yang urgen dimasa depan. 
6. Ya.
.
Saya:
.
Ternyata hasil pembacaannya juga sejalan dengan sesi meditasi mengenai gua tersebut. Emas batangan ini kembali melambangkan kebebasan keuangan (financial freedom), karena nilai emas itu stabil dan cenderung meningkat. Oleh karenanya, ini menegaskan lagi bahwa kunci kebahagiaan Anda adalah kebebasan dari sisi keuangan (financial freedom). Dengan demikian, tugas Anda sekarang adalah berdaya upaya sekuat tenaga agar kunci kebahagiaan tersebut terwujud.
.
Penanya ketigabelas: Terimakasih Pak Ivan, ternyata seputar itu ya. Terimakasih banyak.
.
PENANYA KEEMPAT BELAS
.
Penanya keempatbelas:
1. Saya tidak akan membuka kotaknya, karena apapun isi nya saya akan menerimanya dan membawa nya pulang. 
2.- 
3.- 
4. Sya akan tetap mengucapkan terima kasih dan memberi hormat 
5. Berisi sebuah kain yang indah dan saya hanya memyimpannya dilemari pakaian beserta kotaknya. 6. Mohon ditanggapi.
.
Saya:
.
Hasil pembacaan saya adalah sebagai berikut. Anda adalah seseorang yang cenderung menerima segala sesuatu sebagaimana adanya. Dalam hidup ini Anda tidak terlalu banyak menuntut dan memang itulah letak kunci kebahagiaan Anda. Anda merupakan orang berterima kasih terhadap apa pun yang Anda terima. Entah baik atau pun buruk. Anda menyadari bahwa Anda memiliki berbagai kelebihan. Hanya saja, Anda tidak mau terlalu menonjol dan jarang sekali memanfaatkannya. Mungkin orang di sekitar Anda sering mengkritik bahwa Anda adalah orang yang terlalu mudah puas dan tidak terlalu banyak mencari kemajuan hidup. Kendati demikian, apabila apa yang Anda jalani selama ini telah membuat Anda merasa berbahagia, maka jangan pedulikan kritik tersebut. Bagaimana pun juga setiap orang berhak menentukan jalan hidupnya masing-masing.
.
Penanya keempatbelas: Ty ko Ivan Taniputera. Bersyukur memang membuat sy lbh bahagia. Tanggapan org luar, utk ini sy msh perlu bljr utk tdk memperdulikanny 😊 dan benar kata ko ivan semua org pny hak utk menjalankan hidupny. Ty bgt ko saranny.
.
PENANYA KELIMABELAS
.
Penanya kelimabelas:
.
1. Kotaknya akan dibuka setelah mendapatkan jawaban apa isi kotak tersebut. 
2. Pasti ada keragu2an karena tidak tahu apa isinya. Setelah tanya ke Sang Raja apa isinya, kotak akan dibuka untuk memastikan apakah Raja tsb bohong atau tidak. 
3. Berbagai jenis benih tanaman obat. 
4. Sangat diharuskan utk mengucapkan terima kasih atas pemberian seseorang. 
5. Menanam bibit tanaman obat tersebut di pekarangan rumah, di halaman kuil kecil tempat persembahyangan kepada 3 Dewa, 1 Buddha dan 1 Boddhisatva : Sin Long Tay Tee, Hian Thian Siang Tee, Poo Seng Tay Tee, Medicine Buddha dan Kwan Im Po Sat. Setiap hari melafalkan nama Dewa, Buddha dan Boddhisatva yang dipuja sebanyak 108 kali, sambil berkeliling membunyikan genta 108x. 
6. Sangat ingin ditanggapi. Terima kasih utk kesempatan yg diberikan.
.
Saya:
.
Anda merupakan orang yang tidak mudah percaya. Anda baru akan menerima sesuatu setelah yakin betul seluk beluknya. Mungkin di masa lalu Anda banyak dibohongi atau ditipu orang lain. Oleh karenanya, hal tersebut lalu Anda jadikan pelajaran sehingga tidak terulang lagi. Pada dasarnya, menumbuhkan sesuatu merupakan sumber kebahagiaan Anda. Dalam hal ini menumbuhkan sesuatu yang sanggup memperbaiki atau mengobati kondisi masyarakat (dilambangkan dengan tanaman obat). Makhluk-makhluk suci yang Anda sebutkan itu juga semuanya ada kaitan dengan pengobatan atau penyembuhan. Secara harafiah, barangkali itu petunjuk bagi Anda untuk mulai menekuni pengembang-biakan tumbuhan herbal. Barangkali Anda akan meraih lebih banyak kesuksesan di sana. Dapat juga diartikaan sebagai petunjuk untuk menekuni ilmu pengobatan tradisional.
.
Penanya kelimabelas: Betul Om Ivan Taniputera ... akhir2 ini mmg sering banyak belajar ttg tanaman obat ...
.
Saya: Baik kembangkan saja terus. Suatu saat pasti akan berguna bagi banyak orang.
.
Penanya kelimabelas: Amiiinnn Om Ivan Taniputera ....
.
PENANYA KEENAMBELAS.
.
Penanya keenambelas:
.
1. pasti saya buka, karena ada rasa penasaran dan keingin tahuan apa isi dari kotak ersebut. tentu jg apalagi diserahkan kekita dari seorang raja. 
2. saya tidak ragu2 membukanya krn keragu raguan pasti tidak akan mememukan hasil yang baik. 
3. isi dari kotak itu adalah sebuah permata jingga yang diengahnya ada bulu emas. 
4. pasti mengucapkan terima ksih karena beliu sudah bermurah hati memberikan sesuatu. 
5. saya akan menyimpannya dengan baik2 dan akan membukanya pada saat tertentu pada saat saya membutuhkanya. 
6. ya ingin ditanggapi, terima kasih
.
Saya:
.
Bagi Anda terdapat dua hal yang dianggap penting dan menjadi sumber kebahagiaan hidup Anda; yakni: 
.
1. Kehidupan sosial atau persahabatan. 
2. Kemantapan dalam materi. 
.
Kedua hal itu sangat mungkin berjalan beriringan dalam hidup Anda. Anda mungkin merupakan sosok yang menyukai kegiatan sosial atau bersama-sama dengan orang lain. Anda mungkin kurang menyukai kesendirian dan gemar melakukan kegiatan bersama orang lain. Contoh yang paling sederhana adalah bepergian bersama atau sekedar mengobrol di kafe. Keberuntungan Anda pun juga diperoleh dari pergaulan. Namun, bukan hanya keberuntungan dari sisi materi yang diperoleh, melainkan juga wawasan-wawasan lainnya. Jadi, semakin luas pergaulan Anda, maka kekayaan Anda baik secara materi atau kebijaksanaan juga akan bertambah luas. Anda merupakan orang yang menjaga persahabatan dengan baik. Itulah sebabnya, persahabatan Anda dengan banyak orang bisa langgeng. Anda sanggup menghargai ranah-ranah pribadi (privacy) orang lain dan tidak akan melanggarnya. Anda mengetahui mana yang perlu dan tidak. Ini merupakan salah satu modal Anda dalam kehidupan yang sangat baik. Tinggal dikembangkan saja.
.
Penanya keenambelas: terima pak Ivan Taniputera atas analisisnya
.
Saya: Apakah tepat?
.
Penanya keenambelas: tepat pak Ivan Taniputera.
.
Saya: Baik senang dapat membantu.
.
PENANYA KETUJUHBELAS
.
Penanya ketujuhbelas:
.
1. Ya saya akan membuka kotak tsb, sesuai dgn perintah raja. 
2. Tidak ada perasaan keraguan. Keadaan hati tenang saja. Karena saya tahu raja akan berikan sesuatu sesuai dgn kebijaksanaannya. 
3. Dlm kotak tsb terdapat sebuah pedang ukuran tanggung, dengan bilah pedang yg mengeluarkan cahaya putih lembut. 
4. Saya mengucapkan terima kasih atas pemberian tsb. 
5. Saya akan pergunakan sesuai dengan perintah raja. Pergunakan untuk kebenaran. 
6. Silahkan di berikan komentar ko.
.
Saya:
.
Saya akan melakukan pembacaan sebagai berikut. 
.
Anda mendapatkan "pedang berukuran tanggung dan bercahaya lembut." Inilah kata kunci yang harus kita artikan. 
.
1) Pedang berarti pemecah atau pemutus masalah. 
.
Baik disadari atau tidak Anda ingin menjadi pemecah berbagai permasalahan. Anda merasa bahwa itu sudah merupakan tanggung jawab Anda, yakni dalam memecahkan masalah yang berlangsung dalam lingkungan sekitar Anda, terutama keluarga. Kendati demikian, Anda akan melakukan pendekatan yang berimbang. Artinya tidak terlalu keras dan lunak. Anda akan berupaya melakukan cara-cara yang menurut Anda tepat serta tidak berlebihan atau kekurangan. Bila sanggup menjadi pemecah masalah, kebahagiaan Anda akan semakin bertambah dan Anda semakin merasa hidup Anda berarti. 
.
2) Pedang berarti kebijaksanaan. 
.
Anda merupakan sosok yang mencari kebijaksanaan. Kebijaksanaan bagi Anda adalah jalan tengah, yakni tidak berlebihan dan kekurangan. 
.
3) Pedang berarti alat pembelaan. 
.
Anda merupakan sosok pembela keadilan baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Dalam melakukan pembelaan Anda tidak akan terlalu frontal; melainkan melakukan cara-cara lembut. Meski lembut, tetap saja hal itu merupakan perlawanan. Hanya saja caranya halus.
Demikianlah kunci kebahagiaan bagi Anda; yakni menggunakan pedang tersebut dengan bijaksana.
.
Penanya ketujuhbelas: Tepat ko, itu yg sedang saya laksanakan selama ini. Xie xie atas uraiannya.
.
Saya: Senang bisa bermanfaat.
.
PENANYA KEDELAPANBELAS
.
Penanya kedelapanbelas:
.
1.ya. 
2.tdk ragu dan perasaan bahagia. 
3.sebuah Kunci menuju tingkat pencerahan. 
4.ya. 
5.dgn tekun melatih diri. 
6.Berterima kasih kpd guru spritual yg tlh memberi kunci pencerahan.
.
Saya:
.
Sumber kebahagiaan Anda terletak pada hal-hal spiritual. Barangkali sosok raja itu mewakili guru spiritual Anda. Nampaknya Anda juga sudah mempunyai sosok guru spiritual yang diandalkan. Anda tinggal meneruskan saja latihan spiritual Anda.
.
Penanya kedelapanbelas: Terima kasih Pak Ivan Taniputera.
.
PENANYA KESEMBILANBELAS
.
Penanya kesembilanbelas:
.
1. Ya, saya akan membukanya dengan rasa suka cita. 
2. Langsung membukanya saja sesuai kehendak raja tanpa keraguan. 
3. Isi dari kotak tersebut kosong, tetapi berisi pengetahuan, pengertian, serta memancarkan cahaya kebijaksanaan, setelah itu kembali tetaplah kosong. 
4. Selanjutnya, saya tak bisa berkata, hanya bernamaskara dengan rasa puas bahagia bersyukur karena telah diberi harta tak ternilai. 
5. Merealisasi dan menjalankanya sesuai dengan apa yang telah diketahui dari isi kotak tersebut. 
6. Silahkan koko tanggapin bila tidak merepotkan, terima kasih telah berbagi ko, semoga berbahagia selalu.🙏🙏
.
Saya:
.
Ini sangat menarik karena memperlihatkan bahwa sumber kebahagiaan hidup Anda bukanlan terletak pada materi; melainkan pada penyadaran terhadap sesuatu pengetahuan lebih tinggi. Oleh karenanya, Anda mungkin merupakan pribadi yang cenderung pada pelatihan spiritual. Namun dapat juga diwujudkan dari membaca berbagai kepustakaan terkait filsafat dan kebijaksanaan lebih tinggi. Hal ini tentu saja sangat baik. Bagi Anda uang bukanlah sesuatu yang utama. Kebijaksanaan yang tidak berwujud bagi Anda merupakan sesuatu yang lebih penting.Uniknya, dalam hidup ini meski Anda tidak mengejar uang namun semuanya itu tanpa perlu diupayakan secara keras hadir dalam hidup Anda. Kemungkinan pada beberapa kehidupan lampau, Anda sudah merupakan seorang penekun spiritual. Pencarian kebijaksanaan yang lebih tinggi sudah merupakan salah satu bentuk kebajikan pula.
.
Penanya kesembilanbelas: Iyah ko, memng itulh tujuan hidup agar tak sia sia Terima kasih ko telah menjabarkannnya
.
PENANYA KEDUAPULUH
.
Penanya keduapuluh:
.
1 kotak saya coba buka 
2 tidak ada keraguan 
3 tidak tahu isinya karena kuncinya hilang 
4 berterimakasih ke raja dan menanyakan bagaimana cara membukanya jika tidak ada kuncinya 
5 saya bawa pulang kotaknya sambil berfikir cara membukanya 
6 mohon tanggapannya ko ivan makasih
.
Saya:
.
Ini merupakan sesuatu yang menarik. Sampai saat ini, Anda juga belum mengetahui apa kunci kebahagiaan Anda. Anda masih mencarinya. Anda hanya berpikir bahwa terdapat cara meraih lebih banyak kebahagiaan dalam hidup. Hanya saja masalahnya Anda belum mengetahui apakah yang sanggup membawa Anda ke sana. Mungkin pada kesempatan lain hal tersebut akan terbuka bagi Anda. Anda dapat meneruskan pencarian Anda dan tidak ada yang salah di sini.
.
Penanya keduapuluh: Makasih ko ivan
.
PENANYA KEDUAPULUHSATU
.
Penanya keduapuluh satu:
.
1. Kotaknya sya buka dirumah bersama Istri saya. 
2. Sebelum nya sya mnta kunci dulu ke raja utk buka. 
3. Isinya sebuah surat pernyataan sang Raja, bahwa saya dan istri saya dijamin segala kebutuhan dan keamanan nya di wilayah sang raja. Dan saya dberi jabatan penting di kerajaan nya. 
4. Berterima kasih sebelum dbawa k rumah. 
5. Saya gunakan surat pernyataan raja itu utk kehidupan saya dan istri, dan saya jalani jabatan yg dberi kan nya jga. 
6. TANGGAPI DONK KOH ^-^
.
Saya:
.
Anda akan lebih sukses atau beruntung jika bekerja atau berkarir di suatu perusahaan. Jika Anda hendak berusaha sendiri,maka Anda lebih cocok menjalankan perusahaan yang diwarisi dari keluarga, sehingga sudah mapan. Bagi Anda yang penting adalah kemantapan hidup. Jadi, Anda lebih cocok menekuni suatu pekerjaan yang dapat memberikan pemasukan secara teratur atau dapat diandalkan. Dengan kata lain, Anda menghendaki suatu hasil yang sudah pasti. Itulah sebabnya, Anda kurang cocok pada sesuatu yang sifatnya spekulatif. Bila menekuni hal-hal semacam itu kemungkinan akan lebih banyak gagalnya. Anda lebih mementingkan karir atau kedudukan dibandingkan uang. Apabila sudah diberi suatu kepercayaan, maka Anda akan menjalankan tanggung jawab dengan sepenuh hati.
.
Penanya keduapuluhsatu: BEnar koh,,tp periode bazi,saya,lg jelek utk berkarir, pdhl mmg di bagan bazi saya elemen yg bagus adalah officer (kedudukan/karir).
.
Saya: Iya. Karenanya bintang officer kudu dikuatkan.
.
Penanya keduapuluhsatu: Wah tyta ada ya cara menguat kan officer hehe , kirain cuma nunggu Luck Periode aja. Pernah ada yg ramal sy akn akn dpt kedudukan/jabatan penting. Mmg itu yg jd target sya drpd uang,, tp bkn utk menindas org lain y koh, melainkan agr sya bsa bnyk membantu orang dgn kekuasaan itu.
.
PENANYA KEDUAPULUHDUA
.
Penanya keduapuluhdua:
.
1. Ya 
2.Tidak ada keraguan 
3.barang yg berharga 
4.Membungkukkan badan memberi hormat dan mengucapkan terima kasih 
5.Menggunakannya sesuai kebutuhan 
6.IYA.. terima kasih🙏
.
Saya: 
.
Kunci kebahagiaan dalam hidup Anda terletak pada kemantapan finansial. Tidak ada yang salah dalam hal ini. Setiap orang mempunyai kunci kebahagiaan hidup yang berbeda-beda dan itulah tujuan meditasi ini dibuat. Anda merupakan sosok yang akan memanfaatkan dengan baik berbagai sumber daya yang Anda miliki. Jadi Anda pada hakekatnya bukan orang yang gemar menghambur-hamburkan sumber daya yang sudah Anda miliki. Hal itu tentu saja berkaitan dengan kemantapan finansial selaku kunci kebahagiaan Anda. Anda merasa bahwa menghambur-hamburkan sumber daya atau kekayaan akan membawa pada kekurangan. Berikut ini adalah berbagai saran yang barangkali bermanfaat bagi Anda. 
.
1. Selagi Anda sanggup wujudkanlah jalan menuju kemantapan finansial tersebut. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Hanya saja tetap perlu menjaga keseimbangan antara bekerja dan beristirahat. Kerja keras memang sangat baik, tetapi setiap orang juga perlu beristirahat. 
2. Godaan bagi kunci kebahagiaan ini adalah suatu perasaan bahwa Anda senantiasa merasa kekurangan. Ini justru akan membuat Anda tidak bahagia dan justru merasa khawatir. Jadi suatu kunci kebahagiaan jika tidak ditangani dengan bijaksana justru akan berbalik menyusahkan.
.
Penanya keduapuluhdua: Trims...pak Ivan 🙏🙏
.
Saya: Apakah benar yang saya katakan?
.
Penanya keduapuluhdua: Iya bener...👍👍
.
Saya: Senang dapat bermanfaat.
.
PENANYA KEDUAPULUHTIGA
.
Penanya keduapuluhtiga:
.
1.saya buka langsung dihadapan raja 
2.tidak ada keraguan 
3.kertas kosong 
4saya mengucapakn banyak terimaksih kepada sang raja 
5.saya bawa pulang dengan tujuana kertas koaong tadi saya akan tulis catatan 2 penting 
6.ya saya ingin ditanggapi Thx ko
.
Saya:
.
1. Pada dasarnya Anda merupakan penentu jalan kehidupan Anda sendiri. 
2. Diri Anda sendirilah yang merupakan penentu terhadap apa yang perlu dilakukan dan tidak. 
3. Pada dasarnya Anda merupakan seorang pembelajar yang baik. Hanya saja Anda tidak mau terlalu dituntun oleh orang lain. 
4. Mungkin semasa kecil, Anda juga tidak mau terlalu dipaksa belajar sesuatu. Jika menyukai suatu topik atau pelajaran barulah Anda mempelajarinya. Namun jika tidak, maka Anda enggan mempelajarinya. Namun ini bukan berarti Anda tidak suka belajar; justru sebaliknya-tetapi topiknya harus Anda anggap bermanfaat. 
5. Anda sanggup menyerap hal-hal baru dan memang harus selalu ada hal-hal baru yang Anda serap. 6. Kebahagiaan hidup Anda terletak pada proses belajar tersebut; namun Anda hanya bersedia mempelajari sesuatu yang Anda anggap bermanfaat. 
7. Keberuntungan Anda juga terletak pada suatu usaha yang mempunyai beberapa cabang. Setiap membuka cabang baru, maka Anda merasa bahwa itu adalah pembelajaran baru. Dengan demikian, Anda makin merasa puas dan bahagia. Masing-masing cabang itu merupakan sarana pembelajaran yang tidak pernah habis bagi Anda. Sebenarnya, bagi Anda yang penting bukanlah penghasilan yang didapat darinya; melainkan kesempatan mempelajari sesuatu. Antara cabang yang satu dengan yang lain pasti mempunyai pendekatan berbeda-beda dan mustahil sama. Selain itu, pendekatan juga berubah-ubah seiring berjalannya waktu. 
8. Hidup Anda memerlukan penyegaran. Oleh karenanya, mungkin Anda perlu merotasi tempat kediaman Anda.
.
Penanya keduapuluhtiga: Terimaksih penjabarannya ko.tepat sekali ko saya memank suka belajar hal2 baru.
.
Saya: Senang dapat bermanfaat.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . . . . . . .
.

PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.