Minggu, 10 Juni 2018

PELAJARAN DASAR NUMEROLOGI LINGKARAN SEMESTA

PELAJARAN DASAR NUMEROLOGI LINGKARAN SEMESTA.
.
Ivan Taniputera.
18 April 2018.
.
Saya akan memberi nama ilmu ini sebagai Numerologi Lingkaran Semesta (NLS). Pada artikel ini kita akan menggunakannya untuk mengenali bakat-bakat dalam diri seseorang, yakni dengan mengenali pola-polanya. Ilmu ini cukup sederhana. Sesungguhnya, dasar ilmu metafisika adalah pengenalan berbagai pola dan setelah itu menafsirkannya. Hal ini tidak berbeda jauh dengan sains atau ilmu pengetahuan. Dalam sains kita juga berupaya mengenali berbagai pola dan setelah itu menafsirkannya serta menjadikannya sebagai sebuah teori. Tidak ada yang bersifat gaib di sini.
.
Terdapat banyak sistim ilmu numerologi, dimana masing-masing juga terdapat pemahamanan berbeda terhadap makna suatu angka. Namun menurut saya tidak ada yang benar atau salah. Setiap sistim mempunyai dasar dan kegunaannya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, kita hendaknya tidak saling menyalahkan. Alih-alih saling menyalahkan lebih baik kita saling menghormati, menghargai, dan belajar satu sama lain. Jangan saling mencela. Ilmu Numerologi Lingkaran Semesta ini boleh juga digunakan bersama sistim-sistim ilmu numerologi lainnya, sehingga didapatkan pemahaman lebih jelas. Boleh juga dipergunakan bersama sistim ilmu Astrologi lainnya, baik yang berasal dari dunia Barat atau Timur; seperti Astrologi Barat, Bazi, Ziweidoushu, Qimendunjia, dan lain sebagainya. Semuanya akan saling melengkapi. Apabila kita sanggup memadukan ilmu-ilmu ini, maka manfaatnya bagi kemanusiaan tentu akan sangat besar.
.
Pertama-tama, kita akan belajar membuat bagannya terlebih dahulu. Bentuk bagan dasarnya adalah sebuah lingkaran yang dibagi menjadi sembilan bagian. Delapan bagian mengelilingi di tepi lingkaran dan satu bagian di tengah lingkaran. Masing-masing merupakan bagian bagi angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Bagian kiri atas diperuntukkan bagi angka 1. Bagian kiri tengah diperuntukkan bagi angka 2. Bagian kiri bawah diperuntukkan bagi angka 3. Bagian tengah atas diperuntukkan bagi angka 4. Bagian tengah lingkaran diperuntukkan bagi angka 5. Bagian tengah bawah diperuntukkan bagi angka 6. Bagian kanan atas diperuntukkan bagi angka 7. Bagian kanan tengah diperuntukkan bagi angka 8. Bagian kanan bawah diperuntukkan bagi angka 9. Untuk jelasnya silakan perhatikan gambar sebagai berikut.
.
 
.
Selanjutnya kita akan membuat bagan Numerologi Lingkaran Semesta masing-masing. Sebagai contoh kita akan mengambil tanggal kelahiran 10 Januari 1984. Ini kita ubah menjadi 10-1-1984. Pada tanggal itu terdapat tiga angka satu, satu angka sembilan, satu angka delapan, dan satu angka empat. Tempatkan angka-angka pada tanggal tersebut di bagiannya masing-masing pada bagan. Hasilnya adalah sebagai berikut.
.
 
.
Hasilnya terdapat tiga angka 1 di kiri atas, yakni bagian yang diperuntukkan bagi angka 1.
Terdapat satu angka 4 di tengah atas, yakni bagian yang diperuntukkan bagi angka 4.
Terdapat satu angka 8 di kanan tengah, yakni bagian yang diperuntukkan bagi angka 8.
Terdapat satu angka 9 di kanan bawah, yakni bagian yang diperuntukkan bagi angka 9.
.
Cukup mudah bukan?
.
Selanjutnya kita akan belajar mengenal makna masing-masing angka.
.
Angka 1 dalam sistim ini melambangkan semangat individualistik, yakni menempuh jalannya sendiri dan tidak mau terlalu tergantung pada orang lain. Sebenarnya, orang yang lahir mulai dari tahun 1000-1999, pasti mempunyai angka 1 dalam bagan Numerologi Lingkaran Semestanya. Karena itu, selama masa kurang lebih 1.000 tahun tersebut kita akan menyaksikan bertumbuhnya semangat individualisme di dunia secara umum. Dalam kurun waktu tersebut hak-hak kesadaran pribadi akan bertunas, tumbuh, dan berkembang. Angka ini juga melambangkan pencetus atau pendorong sesuatu. Itulah sebabnya, seorang pemimpin yang baik juga memerlukan angka 1 ini. Namun angka 1 juga diperlukan dan mendukung pula dalam profesi-profesi lainnya, sebagaimana akan diperlihatkan dalam artikel ini. Kendati demikian, terlalu banyak angka 1 dalam bagan Numerologi Lingkaran Semesta seseorang juga mempunyai efek negatif, yakni menjadikan seseorang terlampau individualistik dan bahkan egoistik. Ia akan merasanya dirinya benar dan lebih hebat dibandingkan orang lain, walau tidak selalu ditunjukkan terang-terangan. Ia akan mengambil jalannya sendiri, yakni yang dianggapnya baik dan agak kurang peduli terhadap perkataan atau pandangan orang lain. Terdapat kecenderungan kuat bahwa diri sendiri adalah yang terpenting atau harus menjadi pusat perhatian. Orang yang tidak mempunyai angka 1 mungkin akan kekurangan rasa percaya diri atau merasa dirinya tidak begitu penting. Ia lebih mudah mengikuti arus. Kata kunci: individu, individualistik.
.
Angka 2 melambangkan perpaduan. Bukankah perpaduan ini paling sedikit harus terdapat dua hal yang berbeda? Jika hanya satu apakah yang hendak dipadukan? Angka ini juga melambangkan harmoni atau penggabungan selaras berbagai hal. Kelenturan dan fleksibilitas juga diwakili oleh angka 2; yakni kesanggupan menerima serta hidup di dua ranah berbeda. Kelembutan dan sopan santun diwakili pula oleh angka 2. Hal-hal lain yang diwakili oleh angka 2 adalah intuisi, strategi, dan sesuatu yang sifatnya di belakang layar atau tidak terang-terangan. Angka dua ini melambangkan kemampuan bermain di belakang layar. Orang yang mempunyai angka ini dalam bagan Numerologi Lingkaran Semestanya pandai dalam memecahkan atau mendamaikan masalah orang lain; kendati demikian ia merupakan sosok yang susah menentukan pilihan. Ia seperti terombang-ambing dalam dua pilihan yang susah ditentukannya. Ia mudah terpengaruh, tetapi pandai memanfaatkan dan merancang strategi terhadap apa yang berlaku di sekitarnya, sehingga akhirnya keberuntungan berpihak padanya. Pandai bermain di dua sisi. Kelemahan lain adalah ia mudah dihasut, dimana hal tersebut muncul karena ketidak-mampuannya dalam menentukan pilihan; terutama jika terdapat angka 2 lebih dari 1. Kata kunci: harmoni.
.
Angka 3 melambangkan kegiatan atau aktifitas baik pikiran maupun jasmani. Oleh karenanya, ia senantiasa memerlukan aktifitas dan sulit berdiam diri saja. Dengan demikian, angka ini juga mewakili seorang pekerja yang rajin. Kemalasan merupakan sesuatu yang sangat bertolak belakang dengan angka ini. Orang yang mempunyai angka ini biasanya selalu harus ada kegiatan. Jika tidak ada kegiatan biasanya akan merasa tertekan. Angka ini juga mewakili perbendaharaan atau penyimpanan. Oleh karenanya, sangat baik dalam menyimpan apa saja atau tidak mudah menghilangkan sesuatu, termasuk dalam hal ini adalah menjaga rahasia. Biasanya juga mempunyai ingatan yang cukup baik dan tidak mudah melupakan sesuatu. Angka ini juga mewakili kreatifitas. Meskipun demikian, jika terlalu banyak angka 3 dapat memberikan pengaruh yang tidak baik. Pikiran menjadi sulit ditenangkan karena akan bergerak terus menerus. Dapat melakukan aktifitas berlebihan yang pada akhirnya melelahkan diri sendiri. Kata kunci: gerakan.
.
Angka 4 melambangkan stabilitas atau kemantapan; yakni kesanggupan mengerjakan sesuatu yang memerlukan ketekunan serta ketelitian. Angka ini juga bersifat konvensional dan cenderung bermain aman. Biasanya, ia akan membangun semacam kubu di sekitar dirinya, yakni demi menjaga rasa aman tersebut. Hal itu diwujudkan dalam menjaga jarak dengan orang lain. Tidak bersedia menjalin hubungan yang terlalu dekat dengan orang lain atau bersikap lebih memilih bersikap pendiam. Harus kenal lama terlebih dahulu baru bisa menjalin hubungan yang erat. Bisa dianggap sombong atau dingin oleh orang lain. Angka ini sebenarnya berkaitan erat pula dengan perhitungan, jadi boleh dianggap mewakili sesuatu seperti matematika atau pengenalan terhadap hukum-hukum alam (sains atau ilmu pasti). Bersikap teliti dan sanggup mengenali berbagai rincian kecil. Itulah sebabnya, angka ini juga boleh dikaitkan dengan pembukuan atau akuntansi. Kurang menyukai sesuatu yang sifatnya spekulatif (bertolak belakang dengan angka 5). Bersifat kaku dan kuno, dimana hal itu akan menjadi berlebihan apabila terdapat angka 4 lebih dari satu. Kata kunci: kemantapan, ketekunan.
Angka 5, yang mewakili sesuatu yang tidak dapat diduga, pergerakan, semangat mendapatkan sesuatu yang baru, kebebasan, dan inspirasi. Sesuatu yang tidak dapat diduga ini juga mewakili jiwa spekulasi. Itulah sebabnya, seorang yang berbakat bisnis memerlukan angka 5 ini, karena bisnis pada hakikatnya juga memerlukan keberanian dalam berspekulasi. Angka ini juga melambangkan petualangan dan mencoba hal-hal baru. Meskipun demikian, seorang seniman juga memerlukannya. Angka ini juga melambangkan seorang pembaharu. Terlalu banyak angka 5 juga mempunyai efek negatif. Dapat menjadikan seseorang terlalu berjiwa pemberontak dan sulit diatur. Ia akan terlalu memuja kebebasan dan malah membenci segenap aturan atau adat istiadat di tengah masyarakat. Dapat membangkitkan perlawanan terhadap apa saja yang mereka anggap tidak bermanfaat. Akibatnya, pribadi-pribadi seperti itu dapat dianggap sebagai "orang aneh" yang sulit menerima dan mengikuti norma berlaku. Orang lain mungkin akan menganggap mereka urakan, seenak sendiri, aneh, dan ceroboh. Kata kunci: tidak terduga.
.
Angka 6 melambangkan cinta kasih dan pelayanan beserta pengabdian bagi orang lain. Mereka akan terdorong memecahkan berbagai permasalahan rumit orang lain. Dengan demikian, angka ini melambangkan pelayanan dan pengabdian bagi masyarakat. Angka ini juga berorientasi pada hasil dan pencapaian tertentu. Dalam bekerja orang yang memiliki angka ini biasanya akan cenderung merumuskan dan menerjemahkan pekerjaannya berdasarkan tahapan atau hasil-hasil telah dicapai. Intinya bagi mereka apa yang dikerjakan itu harus mempunyai hasil. Angka ini juga berkaitan dengan otoritas atau kekuasaan. Artinya mereka akan berupaya mewujudkan otoritas terkait bidangnya. Ia akan bekerja keras agar menjadi yang terkemuka di bidangnya. Tentu saja definisi menjadi terkemuka atau sukses itu juga relatif. Bergantung juga seberapa besar tingkat kepuasaan seseorang. Ada orang yang begitu mencapai suatu tingkat tertentu sudah puas dan menganggap dirinya telah menjadi pemegang otoritas atau menjadi seorang ahli dalam bidang tersebut. Tetapi orang lain lagi mungkin belum puas dan merasa bahwa tingkatan itu tidak atau belumlah cukup. Ia akan menggali lebih dalam lagi. Namun, apa pun tingkat kepuasannya, ia tetap akan berjuang keras mencapai tingkatan tersebut. Itulah sebabnya, orang yang mempunyai angka 6 mempunyai kecenderungan mengejar tujuan hidupnya, apapun itu. Kata kunci: pelayanan, pengabdian, pencapaian tujuan.
.
Angka 7 melambangkan intelektualitas, pemikiran dan juga pengetahuan. Angka ini melambangkan pula penggunaan pikiran atau otak dibandingkan fisik. Oleh karenanya, orang yang mempunyai angka 7 bisanya akan cenderung menyelesaikan masalah melalui serangkaian pemikiran matang atau dianggapnya matang (ingat bahwa kematangan di sini juga relatif). Terdapat kemampuan intelektualitas yang baik, sehingga sanggup melogika sesuatu. Dapat menemukan berbagai prinsip tersembunyi di balik bekerjanya sesuatu. Gemar pula meneliti berbagai hal yang masih tersembunyi atau belum banyak diketahui orang lain. Angka ini juga melambangkan pencarian kebenaran, khususnya yang lebih mendalam. Segenap tindakannya dilandasi perhitungan dan alasan yang masuk akal (sekali lagi pengertian masuk akal di sini juga relatif). Kelemahannya, dapat menjadi terlalu skeptis dan menganggap segala sesuatu harus dicari alasan yang masuk akal (bersikap sok ilmiah). Padahal tidak segala sesuatu dapat dibahas secara ilmiah, misalnya seni atau keindahan. Lambat dalam menerima sesuatu yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah atau menolak terlebih dahulu. Berusaha mengetahui sesuatu yang sesungguhnya tidak begitu perlu. Analoginya adalah seseorang yang terkena anak panah beracun. Sebenarnya yang diperlukan sesegera mungkin adalah mencabut anak panahnya terlebih dahulu dan mencari penawar bagi racun tersebut. Namun, ia malah bertanya-tanya dari mana asal usul anak panah itu, siapakah yang telah menembakkannya, mengapakah ia menembakkan anak panah, bagaimana komposisi kimia racunnya, dari mana racun berasal atau disintesa, bagaimana reaksi kimianya, dan lain sebagainya. Apabila semua pertanyaan tersebut harus dijawab terlebih dahulu, maka racun terburu menjalar ke seluruh tubuh dan berakibat fatal. Kata kunci: intelektualitas.
.
Angka 8 melambangkan disiplin, aturan, hukum, pengendalian, manajemen, dan lain sebagainya. Angka ini mewakili pula kejujuran dan menepati apa yang sudah dijanjikan. Bukankah menepati janji juga merupakan bentuk kedisiplinan? Daya tahan dan kerja keras juga diwakili oleh angka 8. Orang yang mempunyai angka 8 dalam bagan Numerologi Lingkaran Semestanya sangat mungkin menggemari sesuatu yang berkaitan dengan “hukum.” Tentu saja hukum ini sangat luas cakupannya dan juga meliputi hukum-hukum alam yang dipelajari oleh sains atau ilmu pengetahuannya. Oleh sebab itu, seorang ilmuwan sangat baik bila mempunyai angka 8 ini; begitu pula halnya dengan ahli hukum. Namun setiap angka juga mempunyai sisi negatifnya, yakni dapat menjadikan seseorang terlalu terobsesi pada hukum. Akibatnya menjadi kaku dan kolot. Dengan demikian, sulit menerima kemajuan. Terdapat kecenderungan menyalahkan dan menghukum diri sendiri. Senantiasa merasa bersalah. Mudah kurang sabar terhadap orang-orang yang dianggapnya melanggar hukum dan dengan agresif menyerang atau mencela mereka. Tentu saja hukum di sini adalah dari sudut pandang mereka sendiri. Kata kunci: aturan, hukum.
.
Angka 9 melambangkan pencarian kebijaksanaan, pengetahuan yang lebih tinggi atau melakukan karya-karya mulia. Oleh karenanya, angka 9 ini mewakili pula gagasan-gagasan ideal dan dianggap mulia. Adapun gagasan-gagasan mulia itu antara lain semangat pengorbanan bagi lebih banyak orang atau hal-hal yang dianggap lebih agung, spiritualisme, nilai-nilai luhur, tradisi, adat istiadat, dan tentunya masih banyak lagi. Angka ini juga berkaitan dengan persahabatan atau kegiatan terkait banyak orang. Terdapat pula semangat untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik bagi banyak orang. Filsafat dan keagamaan juga terkait dengan angka ini. Meskipun demikian, jika angka ini terlalu banyak dapat pula mengakibatkan seseorang menjadi terlampau idealis. Ia akan menjadi pejuang yang gigih atau bahkan terlampau gigih bagi karya-karya beserta pandangan dianggapnya mulia. Akibatnya dapat menimbulkan perselisihan dengan orang lain. Lebih jauh lagi, angka 9 ini juga melambangkan kesediaan dalam mendahulukan sesuatu yang dianggapnya lebih besar, mulia, atau penting. Tentu saja, perlu ditambahkan bahwa sesuatu yang lebih besar, mulia, atau penting itu adalah menurut pandangan orang tersebut sendiri. Belum tentu demikian pula menurut pandangan orang lain. Jika kita telusuri sejarah kehidupan para diktaktor atau pemimpin yang umum dianggap buruk pun, awalnya selalu terdapat gagasan “terkesan mulia.” Mereka ingin mengubah dunia “menjadi lebih baik,” walau akhirnya yang terjadi adalah tewasnya jutaan orang secara sia-sia. Mereka akan menjadi pejuang gagasannya sendiri. Itulah sebabnya, orang yang mempunyai banyak angka 9 perlu sering-sering mengintrospeksi pikiran dan niatnya sendiri. Kata kunci: kebijaksanaan, idealisme.
.
Kini kita akan mencoba menerapkan pengetahuan dasar mengenai makna angka-angka di atas ke dalam bagan Numerologi Lingkaran Semesta para tokoh terkemuka dunia. Saya akan membagi pemaparannya ini berdasarkan bidang serta profesi tokoh-tokoh tersebut.
.
PEMIMPIN NEGARA.
.
Kita akan mengambil bagan Numerologi Lingkaran Semesta berikut ini.
.
 
.

.
Perhatikan bahwa semuanya mempunyai kombinasi 1, 6, dan 9. Hal ini tidak mengherankan mengingat bahwa angka 1 melambangkan kekuatan individu. Angka 6 melambangkan pengabdian bagi banyak orang. Angka 9 melambangkan gagasan ideal. Itulah sebabnya, perpaduan ketiga angka tersebut sangat menunjang jiwa kepemimpinan seseorang, walau tidak setiap orang memilikinya pasti menjadi seorang politisi atau presiden. Bisa saja ia hanya menjadi pemimpin di divisi, departemen, atau desa tempat tinggalnya. Namun jiwa kepemimpinan itu akan tetap ada.
.
Meskipun demikian, mungkin timbul pertanyaan, bukankah Gaddafi dan Ceausescu merupakan diktaktor-diktaktor di negaranya? Benar. Namun sebagaimana telah diungkapkan di atas, prinsip yang baik itu bersifat relatif. Para pemimpin seburuk apa pun, pasti awalnya juga dilandasi oleh prinsip-prinsip ideal. Mereka merasa sedang memperjuangkan sesuatu yang mereka anggap benar. Mereka merasa sedang mengabdi negaranya. Saat sedang menghadapi sidang di pengadilan, Ceausescu masih menyebutkan jasa-jasanya bagi Rumania. Ia bersikeras telah memajukan Rumania, walaupun kenyataannya negara saat itu sedang dalam keadaan porak poranda. Pada bagan Presiden Nicolae Ceausescu nampak adanya tiga angka 1. Ini menandakan sikap individualistik yang terlalu kuat dan berlebihan. Pada kenyataannya, ia menganggap Rumania adalah miliknya pribadi.
.
Kita dapat menyimpulkan bahwa kombinasi angka 1-6-9 ini melambangkan kepemimpinan.
.
ILMUWAN.
.
Berikut ini adalah bagan Numerologi Lingkaran Semesta beberapa ilmuwan terkemuka.
.
 .
Jelas sekali bahwa kombinasi 1-4, 1-4-7, atau 1-4-8 sangat menunjang bagi seorang ilmuwan. Apalagi jika terdapat kombinasi 1-4-7-8 sekaligus. Angka 1 yang melambangkan individu dipadukan dengan 4, yakni wakil bagi pekerjaan memerlukan ketekunan beserta ketelitian. Angka 7 melambangkan intelektualitas; sedangkan 8 mewakili hukum alam. Itulah sebabnya, semua itu merupakan ranah kerja seorang ilmuwan. Tentu saja, tidak semua orang yang mempunyai perpaduan ini akan menjadi ilmuwan sekaliber Albert Einstein; namun paling tidak sifat-sifat seperti seorang ilmuwan itu ada. Biasanya, kombinasi 1-4-7-8 itu melambangkan kejeniusan luar biasa.
.
Berikut ini adalah contoh lain berupa bagan Numerologi Lingkaran Semesta Rabbi Vilna Gaon.
.
 
.
Rabbi Vilna Gaon merupakan sosok istimewa yang telah dapat menghafalkan Tanakh pada usia empat tahun. Ia konon mempunyai ingatan istimewa dan sanggup mengingat apa saja yang telah dibacanya.
.
PENGUSAHA.
.
Kita akan menelaah bagan beberapa pengusaha terkemuka berikut ini. Nama-nama mereka tentunya telah kita kenal.
.
 
.
Nampak bahwa mereka mempunyai angka 1-5 atau 1-4-5. Adanya angka 5 ini tidaklah mengejutkan, mengingat bahwa angka 5 mewakili keberanian dalam berspekulasi atau menerima hal-hal tidak terduga. Angka 4 juga melambangkan ketekunan. Pada kenyataannya, memang hal-hal tersebut yang diperlukan oleh seorang pengusaha sukses. Memang benar bahwa seseorang yang mempunyai perpaduan angka 1-4-5 belum tentu menjadi pengusaha setenar mereka; tetapi jiwa wira usaha (enterpreneurship) itu akan tetap ada. Apabila Anda mempunyai paduan angka 1-4-5 mengapa tidak mencoba membuka usaha atau bisnis sendiri?
.
PELUKIS.
.
Mari kita pelajari bagan Numerologi Lingkaran Semesta beberapa pelukis ternama berikut ini.
.
.
Sekilas saja kita dapat menyaksikan adanya angka 5 pada bagan para pelukis ternama dunia. Hal ini mirip dengan bagan para pengusaha ternama. Apakah hal ini mengherankan? Jawabnya tidak, karena angka 5 juga melambangkan kebebasan dalam berekspresi. Bukankah seorang seniman memerlukan kebebasan berekspresi? Yang menarik adalah banyak bagan mempunyai lebih dari angka 1. Seorang seniman memang memerlukan semangat individualistik yang unik. Mereka akan menjadi pribadi-pribadi yang mandiri dan menentukan jalannya sendiri. Banyak orang mungkin akan menganggap mereka aneh atau eksentrik. Namun seni itu adalah ranah seseorang mengekspresikan segenap keunikan individuliastiknya. Angka 2 juga mendukung bagi seorang seniman karena seni pada hakikatnya adalah harmoni. Sebagai contoh, seni lukis memadukan berbagai warna di alam agar menjadi sesuatu yang elok dipandang. Seni musik memadukan berbagai nada agar menjadi lagu nan indah didengar. Jadi jika Anda mempunyai banyak angka 1, yang dipadukan dengan angka 2 dan 5; maka mungkin sekali Anda mempunyai bakat seni.
.
ATLIT.
.
Silakan perhatian bagan-bagan Numerologi Lingkaran Semesta para atlit ternama berikut ini.
.
.
Perhatikan bahwa hampir sebagian besar bagan mempunyai paduan angka 1-2-3. Kita dapat membacanya sebagai berikut “seorang individu (1) mengharmonikan (2) gerakan (3) tubuh jasmaninya.” Bukankah itu memang mencerminkan seorang atlit? Lalu apakah seseorang yang mempunyai paduan angka 1-2-3 pasti menjadi atlit ternama? Tentu saja tidak. Namun yang pasti Anda mungkin merupakan seorang penyuka olah raga atau gerak tubuh. Tubuh Anda mungkin merasa kurang nyaman jika lama tidak bergerak.
.
Demikianlah kita sudah mempelajari dasar-dasar Numerologi Lingkaran Semesta. Kita sudah membuktikan pula keakuratannya. Anda akan sanggup mengenali kelebihan dan kelemahan Anda sendiri. Selamat mencoba.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . . . . . . . 
.
 
PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.