Rabu, 09 April 2014

CATATAN PEMILIHAN UMUM 9 APRIL 2014

CATATAN PEMILIHAN UMUM 9 APRIL 2014

Ivan Taniputera
9 April 2014


Berikut ini adalah catatan pengalaman saya bagi pemilihan umum tanggal 9 April 2014. Saya memberikan suara saya menjelang jam 12.00 siang, yakni kurang lebih satu jam sebelum pemungutan suara ditutup.


Hari pelaksanaan pemilihan umum kali dijadikan sebagai hari libur nasional, sehingga dapat menjaring sebanyak mungkin pemilih.

Kurang lebih jam 17.00 melalui radio saya mendengar mengenai perhitungan suara yang masuk. Ternyata PDIP mendapatkan suara terbanyak, yakni sekitar 19,5 persen lebih. Kemudian disusul oleh Golkar dan Gerindra.

Saya terus memasang radio dan mendengarkan mengenai keterangan Bapak Jokowi terkait kemenangan PDIP. Hal yang menurut saya paling mengagumkan adalah apa yang disampaikan Beliau. Ketika itu Bapak Jokowi ditanya bila partainya mencapai peroleh suara 20 persen lebih, apakah dengan demikian tidak memerlukan koalisi dengan pihak lain. Beliau menjawab bahwa dalam membangun negara ini diperlukan kerja sama dengan pihak lainnya.

Saya berpendapat bahwa ini jawaban yang luar biasa dan tidak mencerminkan kesombongan. Meski partainya memiliki perolehan suara yang unggul, namun ia tetap bersedia menggandeng pihak lainnya. Kita memerlukan sosok yang rendah hati dan berkualitas sebagai pemimpin.

Semoga siapa pun yang terpilih sebagai pemimpin dapat menciptakan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.