Minggu, 06 April 2014

MENGUNGKAP RAHASIA TAFSIRAN ASTRONOMIS BAGI LIU DING DAN LIU JIA (六丁六甲)

MENGUNGKAP RAHASIA TAFSIRAN ASTRONOMIS BAGI LIU DING DAN LIU JIA (六丁六甲)

Ivan Taniputera
6 April 2014


Saya berupaya mencari kaitan atau benang merah antara astrologi Barat dan China. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai Liu Ding dan Liu Jia (六丁六甲). Liu Ding dan Liu Jia adalah dua belas dewa pelindung dalam Daoisme, yang bertugas mengendalikan cuaca. Selain itu, juga melindungi jasmani dan rohani umat manusia. Saat seseorang nasibnya kurang baik atau mengalami pengaruh buruk, maka dapat mengundang dewa Liu Ding dan Liu Jia. Berikut ini adalah gambarnya.


(picture source/sumber gambar: http://www.guoxuecc.com/xianfeng/2009/6880.html)

Secara harafiah Liu Ding dan Liu Jia berarti Enam Ding dan Enam Jia.

Liu Ding adalah enam pasangan dalam siklus enam puluh Jiazi yang mempunyai batang langit Ding, yakni:

  • Ding Mao
  • Ding Si
  • Ding Wei
  • Ding You
  • Ding Hai
  • Ding Chou

Liu Jia adalah enam pasangan dalam siklus enam puluh Jiawi yang mempunyai batang langit Jia, yakni:

  • Jia Zi
  • Jia Xu
  • Jia Shen
  • Jia Wu
  • Jia Chen
  • Jia Yin

Saya mencoba mencari tafsiran astronomis bagi Liu Ding dan Liu Jia, karena keduanya pasti perhubungan dengan pergerakan bintang dan planet. Ternyata setelah mencoba perhitungan dengan berbagai planet. Ternyata Liu Ding dan Liu Jia itu berhubungan dengan siklus planet Mars (火星, Huo Xing) dan Yupiter (木星, Mu Xing).

Jika kita mengurutkan Batang Langit (Tiangan): Jia, yi, bing, ding, wu, ji, geng, xin, ren, dan gui, maka nampak bahwa dari jia ke ding berjarak 3, sedangkan dari ding ke jia lagi akan berjarak 7. Jadi terdapat angka 3 dan 7 di sini. Angka 3 dan 7, secara kebetulan juga berkaitan dengan konsep 3 hun dan 7 po dalam filsafat Daoisme.

Berikut ini adalah daftar letak Mars dan Yupiter pada tahun-tahun batang langit Ding dan Jia.


Nampak terdapat siklus keterkaitan antara letak planet Mars dan Yupiter pada tahun-tahun berbatang langit Ding dan Jia.

Sebagai contoh, pada tahun 1977 (Ding Si), Mars terletak pada Taurus, sedangkan Yupiter terletak pada Gemini. Sementara itu, pada tahun 2024 (Jia Chen), Mars kembali terletak pada Taurus dan Yupiter pada Gemini. Tahun 1987 (Ding Mao) akan memiliki konfigurasi Mars dan Yupiter yang sama dengan tahun 2034 (Jia Yin). Demikian seterusnya.
Jadi konfigurasi pada tahun Ding kelak akan muncul pada tahun Jia, dimana siklus ini akan berlangsung selama 47 tahun.
Tentu saja, karena waktu revolusi (gerak planet mengedari matahari) tidak berupa bilangan bulat, maka lambat laun pasti akan terjadi perbedaan atau selisih.

Berikut ini adalah letak Mars dan Yupiter bagi tahun 1977 dan 2024 pada bagan astrologis.






Namun, di sini kita berupaya membuktikan bahwa ada kaitan antara metafisika China dengan gerakan benda langit. Dengan demikian, pada zaman dahulu bangsa China telah mengadakan pengamatan terhadap gerakan benda langit. Keterkaitan lainnya antara metafisika China dengan gerakan benda langit masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Artikel-artikel menarik lainnya silakan kunjungi https://www.facebook.com/groups/339499392807581/