Sabtu, 31 Desember 2016

CARA MUDAH MEMBUAT BAGAN ZIWEIODOUSHU BULANAN

CARA MUDAH MEMBUAT BAGAN ZIWEIDOUSHU BULANAN
.
Ivan Taniputera.
4 Januari 2017.
.
Sudah banyak software dan juga aplikasi online yang dapat dipergunakan membuat diagram atau bagan Ziweidoushu seseorang, hingga bagan dekade (dasawarsa) beserta tahunan; namun masih jarang piranti lunak yang dapat membuat bagan Ziweidoushu bulanan. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini, saya akan memaparkan cara membuat diagram Ziweidoushu bulanan.
.
Caranya cukup mudah. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.
.
1. Tentukan cabang bumi tahun yang hendak dianalisa; sebagai contoh tahun 2017, yakni Cabang Bumi You.
2. Kita cari Cabang Bumi You pada bagan Ziweidoushu.
3.Tentukan bulan kelahiran Lunar pemilik bagan Ziweidoushu.
4.Hitung berlawanan jarum jam seturut bulan kelahiran lunar tersebut. Sebagai contoh, lahir pada bulan ke-3 penanggalan Lunar, maka hitung tiga langkah berlawanan jarum jam dari posisi Cabang Bumi You tersebut. Hitungan pertama dimulai dari posisi You. Jadi kita menghitung You-Shen-dan tiba di Wei.
5.Tentukan cabang bumi jam kelahiran pemilik bagan Ziweidoushu tersebut. Kita ambil contoh Jam Wu.
6. Posisi Wei sebagaimana yang sudah ditentukan melalui poin ke -4 di atas. lalu dijadikan posisi perhitungan jam Zi.
7. Lalu urutkan searah jarum jam dari Zi hingga Wu, yakni sesuai dengan Cabang Bumi jam kelahiran, maka Wu akan jatuh pada posisi Chou. Inilah posisi sektor jiwa bulan pertama menurut Ziweidoushu.
8. Selanjutnya sektor jiwa bulan kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya tinggal diurutkan searah jarum jam.
9. Kini kita menentukan empat bintang perubahan (Sihua) bagi masing-masing bulan. Caranya adalah dengan mengamati rumus berikut ini.
.
a.Tahun Jia dan Ji, Batang Langit bulan pertama adalah Bing.
b.Tahun Yi dan Geng. Batang Langit bulan pertama adalah Wu.
c.Tahun Bing dan Xin. Batang Langit bulan pertama adalah Geng.
d.Tahun Ding dan Ren. Batang Langit bulan pertama adalah Ren.
e.Tahun Wu dan Gui. Batang Langit bulan pertama adalah Jia.
.
Selanjutnya tinggal diurutkan saja menurut arah jarum jam bagi bulan kedua, ketiga, dan seterusnya.
.
10. Sebagai contoh tahun 2017, Batang Langit adalah Ding, maka bulan pertama Batang Langitnya adalah Ren. Jadi bulan kedua adalah Gui, bulan ketiga adalah Jia, bulan keempat adalah Yi, dan seterusnya.
11. Penentuan Sihua adalah sesuai dengan Batang Langitnya. Sebagai contoh, bulan pertama adalah Ren, maka yang mengalami perubahan adalah sebagai berikut:
a. Tianliang menjadi Hualu.
b.Ziwei menjadi Huaquan.
c.Zuofu menjadi Huake.
d.Wuqu menjadi Huaji.
.
Dengan mengikuti pedoman di atas, kita sudah dapat membuat bagan Ziweidoushu bagi masing-masing bulan. Pertama-tama mungkin agak sulit, namun setelah mencoba berkali-kali akan menjadi mudah. Agar lebih jelasnya saya akan menuangkannya dalam bentuk gambar sebagai berikut.
.


.
Kini Anda sudah sanggup membuat bagan Ziweidoushu bulanan.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . 


PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.