Selasa, 27 Desember 2016

ILMU RAHASIA RAMALAN NASIB ANDA TAHUN 2017 DAN TAHUN-TAHUN LAINNYA BERDASARKAN SHIO

ILMU RAHASIA RAMALAN NASIB ANDA TAHUN 2017 DAN TAHUN-TAHUN LAINNYA BERDASARKAN SHIO .
.
Ivan Taniputera.
19 Desember 2016.
.
Menjelang pergantian tahun, para peramal biasanya akan menerbitkan ramalan nasib masing-masing shio di tahun yang akan datang. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengupas tuntas bagaimana cara meramalkan nasib Anda berdasarkan shio, sebagaimana yang diterbitkan para peramal tersebut. Dengan mengetahui ilmu ini, maka Anda akan dapat meramalkan sendiri nasib Anda pada setiap tahun.
.
Sebelumnya, perlu diungkapkan bahwa elemen kelahiran manusia tidak hanya shio saja. Apa yang oleh orang awam disebut shio sebenarnya hanyalah “cabang bumi pilar tahun kelahiran” saja. Padahal secara keseluruhan terdapat empat pilar yang masing-masing terdiri dari pasangan Batang Langit (Tiankan) dan Cabang Bumi (Dizi). Jadi secara keseluruhan adalah delapan karakter yang disebut Bazi (Hokkian: Peh Djie). Oleh karenanya, shio sebenarnya hanya 1 saja di antara delapan karakter. Masing-masing pilar juga mempunyai shionya sendiri-sendiri. Karenanya, masing-masing orang sebenarnya maksimal dapat mempunyai empat “shio,” yakni cabang bumi pilar tahun, bulan, hari, dan jam. Bila kita ingin meramalkan secara lebih akurat, maka perlu merujuk pada ilmu ramal yang lebih lengkap, seperti Bazi, Ziweidoushu, atau Astrologi.
.
Sebagai pengantar, saya akan menjelaskan terlebih dahulu hubungan Cabang Bumi dan shio. Secara keseluruhan terdapat 12 Cabang Bumi, yang oleh orang awam disebut “shio.” Para praktisi ilmu ramalan yang serius, biasanya tidak menyebut “shio,” melainkan “Cabang Bumi.” Makna Cabang Bumi ini sangat rumit dan luas, yakni terkait kosmologi China kuno. Oleh karenanya, saya tidak akan mengulasnya di sini. Adapun cabang-cabang bumi itu adalah: (1) Zi, yang umum disebut shio Tikus; (2) Chou, yang umum disebut shio Kerbau; (3) Yin, yang umum disebut shio Harimau; (4) Mao, yang umum disebut shio Kelinci; (5) Chen, yang umum disebut shio Naga; (6) Si; yang umum disebut shio Ular; (7) Wu; yang umum disebut shio Kuda; (8) Wei, yang umum disebut shio Kambing; (9) Shen, yang umum disebut shio Monyet; (10) You, yang umum disebut shio Ayam; (11) Xu, yang umum disebut shio Anjing; (12) Hai, yang umum disebut shio Babi. Dengan demikian, kita sudah mengetahui padanan Cabang Bumi bagi masing-masing shio.
.
Kita kita akan mempelajari nama-nama bintang tahunan beserta maknanya. Agar mudah kita akan mengurutkannya sesuai abjad.
Sebagai tambahan terdapat bintang-bintang yang mempunyai rumus berbeda pada berbagai versi. Namun artikel ini tidak bermaksud menyatakan mana yang benar atau salah. Bagaimanapun juga metafisika adalah seni. Jadi mungkin saja memang terdapat beberapa versi. Jika ada versi-versi perhitungan yang berbeda sejauh pengetahuan penulis, maka akan dicantumkan seluruhnya. Tujuan utama artikel ini adalah melestarikan ilmu-ilmu metafisika.
.
Diharapkan agar tidak mengutip atau menyebar-luaskan artikel ini tanpa izin dan tanpa menyebutkan sumbernya. Dilarang mengubah isi artikel sebagaimana tercantum di sini tanpa seizin penulis. Segenap kritik dan saran akan diterima dengan senang hati demi pelestarian ilmu-ilmu metafisika.
.
1) Baihu (白虎; arti harafiah: Bintang Macan Putih). Bintang ini menandakan bahwa orang terkena perlu berhati-hati dalam perjalanan atau mengemudikan kendaraan. Rentan mengalami kecelekaan. Sebenarnya, bintang ini dapat membangkitkan rasa kurang sabar dan mudah marah. Akibatnya saat mengemudi kendaraan menjadi mudah kesal, sehingga melakukan tindakan-tindakan berbahaya. Rumusnya adalah pada tahun Zi (Tikus) yang terkena adalah Cabang Bumi Chen (Naga); Chou-Si (Ular); Yin-Wu (Kuda); Mao-Wei (Kambing); Chen-Shen (Monyet); Si-You (Ayam); Wu-Xu (Anjing); Wei-Hai (Babi); Shen-Zi (Tikus); You-Chou (Kerbau); Xu-Yin (Harimau); Hai-Mao (Kelinci). Jadi pada tahun 2017 (You atau Ayam), yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Chou (shio Kerbau). Meskipun demikian, sumber lain mencantumkan rumus sebagai berikut. Pada tahun Zi (Tikus) yang terkena adalah Cabang Bumi Shen (shio Monyet); Chou-You; Yin-Xu; Mao-Hai; Chen-Zi; Si-Chou; Wu-Yin; Wei-Mao Shen-Chen; You-Si; Xu-Wu; Hai-Wei. Jadi pada tahun 2017 (You atau Ayam), yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Si (shio Ular). Dengan demikian terdapat dua versi di sini. Demi kelengkapan artikel ini saya akan mencantumkan kedua-duanya. Sifat bintang: Buruk. 
.
2) Bazuo (八座; arti harafiah Bintang Delapan Singgasana). Bintang ini dapat meningkatkan popularitas, sehingga sangat baik. Dapat membuat orang lain mengikuti kehendaknya, sehingga dapat memperoleh peningkatan dalam kedudukan. Rumusnya adalah: Zi-Xu; Chou-Hai; Yin-Zi; Mao-Chou; Chen-Yin; Si-Mao; Wu-Chen; Wei-Si; Shen-Wu; You-Wei; Xu-Shen; Hai-You. Jadi pada tahun 2017 (You atau Ayam), yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Wei (shio Kambing). Sifat bintang: Baik. 
.
3) Bingfu (病符; arti harafiah: Bintang Penyakit). Dari namanya kita mengetahui bahwa bintang ini membawa penyakit. Oleh karenanya, orang yang terkena bintang ini perlu mewaspadai kesehatan tubuhnya yang buruk. Bisa masuk rumah sakit atau mengalami pembedahan. Jika tidak sakit secara fisik, maka pikiran tidak pernah tenang. Rumusnya adalah sebagai berikut: Zi-Chou; Chou-Yin; Yin-Mao; Mao-Chen; Chen-Si; Si; Wu; Wei; Shen; You-Xu; Xu-Hai; Hai-Zi. Pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Xu (shio Anjing). Terdapat rumus lain yang berbeda sebagai berikut: Zi-Hai; Chou-Zi; Yin-Chou; Mao-Yin; Chen-Mao; Si-Chen; Wu-Si; Wei-Wu; Shen-Wei; You-Shen; Xu-You; Hai-Xu. Jadi pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Shen (shio Monyet). Dengan demikian, terdapat dua versi di sini. Demi kelengkapan artikel ini, saya akan mencantumkan kedua-duanya. Sifat bintang: Buruk. 
.
4) Dahao (大耗; arti harafiah: Bintang Kehilangan Besar). Bintang ini melambangkan pemborosan dan kehilangan uang dalam jumlah besar. Apa yang diperoleh susah tersimpan dan ada saja alasan mengeluarkan uang. Harus pandai-pandai mengatur keuangan. Zi-Wu; Chou-Wei; Yin-Shen; Mao-You; Chen-Xu; Si-Hai; Wu-Zi; Wei-Chou; Shen-Yin; You-Mao; Xu-Chen; Hai-Si. Jadi pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Mao (shio Kelinci). Sifat bintang: Buruk. 
.
5) Dijie (地解; arti harafiah: Bintang Perampok Bumi). Dapat menggagalkan berbagai rencana Anda. Jadi, Anda sudah mengupayakan suatu rencana yang Anda rasa pasti akan berhasil. Namun ternyata yang diperoleh justru kebalikannya. Ada saja hal-hal yang menggagalkan harapan Anda tersebut. Orang yang baik bisa berubah menjadi jahat. Rumusnya adalah: Zi-Mao; Chou-Chen; Yin-Si; Mao-Wu; Chen-Wei; Si-Shen; Wu-You; Wei-Xu; Shen-Hai; You-Zi; Xu-Chou; Hai-Yin. Jadi pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Zi (shio Tikus). Sifat bintang: Buruk. 
.
6) Dishang (地喪; arti harafiah: Perkabungan Bumi). Ini menandakan adanya duka cita atau kematian kerabat dekat dan orang yang dicintai. Namun, tidak harus diartikan secara harafiah. Dapat juga berarti Anda akan kehilangan suatu benda atau suatu prinsip yang benar-benar Anda sayangi. Boleh juga diartikan Anda kehilangan suatu jati diri Anda, yang mengakibatkan Anda kehilangan pegangan. Orang yang dikasihi itu tidak harus meninggal, namun bisa juga pergi meninggalkan Anda. Sebagai contoh, Anda mempunyai seorang guru atau sahabat yang Anda kasihi, tetapi ia harus berpindah ke kota lain, mungkin karena tugas. Rumusnya adalah: Zi-Yin; Chou-Mao; Yin-Chen; Mao-Si; Chen-Wu; Si-Wei; Wu-Shen; Wei-You; Shen-Xu; You-Hai; Xu-Zi; Hai-Chou. Pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Hai (shio Babi). Sifat bintang: Buruk. 
.
7) Fude (福德; arti harafiah Bintang Kebajikan Keberuntungan). Bintang ini dapat meningkatkan keberuntungan dan rejeki. Rumusnya adalah: Zi-Mao; Chou-Chen; Yin-Si; Mao-Wu; Chen-Wei; Si-Shen; Wu-You; Wei-Xu; Shen-Hai; You-Zi; Xu-Chou; Hai-Yin. Pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Zi (shio Tikus). Terdapat rumus lain yang berbeda: Zi-You; Chou-Xu; Yin-Hai; Mao-Zi; Chen-Chou; Si-Yin; Wu-Mao; Wei-Chen; Shen-Si; You-Wu; Xu-Wei; Hai-Shen. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Wu (shio Kuda). Dengan demikian, terdapat dua versi di sini. Demi kelengkapan artikel ini, saya akan mencantumkan kedua-duanya.Sifat bintang: Baik. 
.
8) Fushi (伏尸; arti harafiah Bintang Kematian atau Bintang Mayat). Namanya kelihatan mengerikan, tetapi ini tidak berarti kematian secara harafiah. Ini menandakan luka-luka atau bisa juga batin Anda yang terluka karena seseorang. Rumusnya adalah sebagai berikut: Tahun Zi yang terkena adalah Zi; Chou-Chou; Yin-Yin; Mao-Mao; Chen-Chen; Si-Si; Wu-Wu; Wei-Wei; Shen-Shen; You-You; Xu-Xu; Hai-Hai. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi You (shio Ayam). Sifat bintang: Buruk.
.
9) Goujiao (勾绞; arti harafiah Bintang Pengait). Bintang ini dapat mengundang kekecewaan dalam hubungan dengan orang lain. Selain itu dalam pekerjaan atau bisnis bisa juga terjadi hal-hal di luar harapan. Rumusnya adalah: Zi-Mao; Chou-Chen; Yin-Si; Mao-Wu; Chen-Wei; Si-Shen; Wu-You; Wei-Xu; Shen-Hai; You-Zi; Xu-Chou; Hai-Yin. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Zi (shio Tikus). Sifat bintang: Buruk. 
.
10) Guanfu (官符; arti harafiah Bintang Lambang Pejabat). Bintang ini melambangkan tuntutan hukum. Oleh karenanya, seseorang perlu berhati-hati terhadap segenap tindakan dan perkataannya. Kendati demikian, tidak harus diartikan harafiah. Dapat juga diartikan bahwa pada tahun seseorang terkena bintang ini, maka ia akan lebih banyak mendapatkan beban dari orang lain. Tuntutan kehidupan akan lebih berat. Bintang ini juga membawa gosip dan keributan. Rumusnya adalah: Zi-Chen; Chou-Si; Yin-Wu; Mao-Wei; Chen-Shen; Si-You; Wu-Xu; Wei-Hai; Shen-Zi; You-Chou; Xu-Yin; Hai-Mao. Pada tahun 2017 (You atau ayam), yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Chou (shio Kerbau). Sifat bintang: Buruk. 
.
11) Guchen (孤辰; dapat diterjemahkan sebagai Bintang Penyendiri). Dapat menjadikan seseorang sering merasa kesepian atau kesendirian. Perasaan mudah merasa kesal dan seringkali juga tanpa sebab yang pasti. Mungkin ia akan merasa bahwa orang lain telah mengabaikannya, padahal belum tentu demikian. Rumusnya adalah: Zi-Mao; Chou-Chen; Yin-Si; Mao-Wu; Chen-Wei; Si-Shen; Wu-You; Wei-Xu; Shen-Hai; You-Zi; Xu-Chou; Hai-Yin. Pada tahun 2017 (You atau ayam), yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Zi (shio Tikus). Sifat bintang: Buruk. 
.
12) Hongluan (紅鸞; dapat diterjemahkan sebagai Bintang Burung Hong Merah). Bintang ini dapat meningkatkan kualitas asmara dan juga hubungan dengan orang lain. Oleh karenanya, sangat baik bagi mereka yang belum menikah. Rumusnya adalah: Zi-Mao; Chou-Yin; Yin-Chou; Mao-Zi; Chen-Hai; Si-Xu; Wu-You; Wei-Shen; Shen-Wei; You-Wu; Xu-Si; Hai-Chen. Pada tahun 2017 (You atau ayam), yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Wu (shio Kuda). Sifat bintang: Baik. 
.
13) Jianfeng (劍鋒; bisa diterjemahkan sebagai Pedang Bermata Dua). Perlu waspada terhadap orang-orang yang bermuka dua; yakni di depan baik namun di belakang berniat kurang baik. Dapat terkena pembedahan. Namun dapat juga membangkitkan keberanian. Rumusnya adalah sebagai berikut. Tahun Zi yang terkena adalah Zi; Chou-Chou; Yin-Yin; Mao-Mao; Chen-Chen; Si-Si; Wu-Wu; Wei-Wei; Shen-Shen; You-You; Xu-Xu; Hai-Hai. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi You (shio Ayam). Sifat bintang: Buruk.
.
14) Jiesha (劫煞, bisa diterjemahkan sebagai Bintang Perampok). Tentu saja, ini tidak harus berarti perampokan secara harafiah. Ini berarti bahwa pada tahun ini, Anda kurang dapat mengumpulkan kekayaan. Jadi banyak pemasukan juga banyak pengeluaran. Anda akan sulit menabung. Namun kehilangan kekayaan itu akan terjadi secara paksa. Sebagai contoh, Anda harus membayar denda atas pelanggaran yang Anda lakukan. Rumusnya adalah sebagai berikut: Zi-You ; Chou-Xu; Yin-Hai; Mao-Zi; Chen-Chou; Si-Yin; Wu-Mao; Wei-Chen; Shen-Si; You-Wu; Xu-Wei; Hai-Shen. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Wu (shio Kuda). Sifat bintang: Buruk.
.
15) Jinkui (金匮; dapat diterjemahkan sebagai Bintang Keemasan Hingga Penghabisan). Bintang ini dapat meningkatkan kemakmuran. Bagi yang berkarier dapat membantu meningkatkan jabatan dan tentu saja diiringi dengan kenaikan gaji. Rumusnya adalah sebagai berikut: Zi-Zi; Chou-You; Yin-Wu; Mao-Mao; Chen-Zi; Si-You; Wu-Wu; Wei-Mao; Shen-Zi; You-You; Xu-Wu; Hai-Mao. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi You (shio Ayam). Sifat bintang: Baik.
.
16) Juanshe (卷舌; arti harafiah: Bintang Terselip Lidah). Bintang ini melambangkan perselisihan dan pertengakaran karena perkataan atau salah bicara. Perlu hati-hati dalam perkataan. Rumusnya adalah Zi-Mao, Chou-Chen, Yin-Si, Mao-Wu, Chen-Wei, Si-Shen, Wu-You, Wei-Xu, Shen-Hai, You-Zi, Xu-Chou, Hai-Yin. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Zi (shio Tikus). Sifat bintang: Buruk.
.
17) Lan-gan ( 蘭干 ; arti harafiah: Bintang Batang Anggrek). Bintang ini melambangkan gosip atau dijelek-jelekkan dari belakang. Rumusnya adalah: Rumusnya adalah: Zi-Wu; Chou-Wei; Yin-Shen; Mao-You; Chen-Xu; Si-Hai; Wu-Zi; Wei-Chou; Shen-Yin; You-Mao; Xu-Chen; Hai-Si. Pada tahun 2017 (You atau Ayam), yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Mao (shio Kelinci). Sifat bintang: Buruk.
.
18) Longde ( 龍德; arti harafiah: Bintang Kebajikan Naga). Bintang ini melambangkan status, kehormatan, dan kekayaan. Dengan demikian, bagi yang terkena bintang ini, maka berpeluang naik pangkat atau kedudukan. Karier baik. Rumusnya adalah: Zi-Si; Chou-Wu; Yin-Wei; Mao-Shen; Chen-You; Si-Xu; Wu-Hai; Wei-Zi; Shen-Chou; You-Yin; Xu-Mao; Hai-Chen. Jadi pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Yin (shio Harimau). Kendati demikian, sumber lain mencantumkan rumus yang berbeda: Tahun Zi yang terkena adalah Wei; Chou-Shen; Yin-You; Mao-Xu; Chen-Hai; Si-Zi; Wu-Chou; Wei-Yin; Shen-Mao; You-Chen; Xu-Si; Hai-Wu; Zi-Wei; Chou-Shen; Yin-You; Mao-Xu; Chen-Hai; Si-Zi; Wu-Chou; Wei-Yin. Jadi pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Chen (shio Naga). Dengan demikian, terdapat dua versi di sini. Demi kelengkapan artikel ini, saya akan mencantumkan kedua-duanya. Sifat bintang: Baik.
.
19) Pan-an (攀鞍; secara harafiah berarti Bintang Menaiki Pelana). Bintang ini mempunyai pengaruh baik dan menandakan adanya manfaat melalui bepergian. Kemungkinan Anda akan bepergian dan mendapatkan keuntungan darinya. Dapat juga ditafsirkan bahwa Anda akan mendapatkan keberuntungan melalui menjalin relasi dengan luar negeri atau luar pulau. Rumusnya adalah sebagai berikut: Zi-tidak ada; Chou-Chen; Yin-Si; Mao-Yin; Chen-tidak ada; Si-Zi; Wu-Si; Wei-Xu; Shen-tidak ada; You-Shen; Xu-tidak ada; Hai-Wu. Dengan demikian, bintang ini tidak muncul pada setiap tahun. Pada tahun 2017 tidak muncul. Sifat bintang: Baik. 
.
20) Santai (三台; secara harafiah berarti Bintang Tiga Panggung). Bintang ini sangat baik dan menandakan adanya peningkatan dalam kedudukan dan kehormatan. Bisa mengalami peningkatan jabatan atau karir atau lulus ujian. Secara umum, ini juga menandakan popularitas. Rumusnya adalah: Zi-Chen; Chou-Si; Yin-Wu; Mao-Wei; Chen-Shen; Si-You; Wu-Xu; Wei-Hai; Shen-Zi; You-Chou; Xu-Yin; Hai-Mao. Jadi pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Chou (shio Kerbau). Sifat Bintang: Baik. 
.
21) Shangmen (喪門; secara harafiah berarti Bintang Pintu Perkabungan). Ini menandakan adanya perkabungan, duka cita atau kematian kerabat dekat dan orang yang dicintai. Namun, tidak harus diartikan secara harafiah. Dapat juga berarti Anda akan kehilangan suatu benda atau suatu prinsip yang benar-benar Anda sayangi. Boleh juga diartikan Anda kehilangan suatu jati diri Anda, yang mengakibatkan Anda kehilangan pegangan. Orang yang dikasihi itu tidak harus meninggal, namun bisa juga pergi meninggalkan Anda. Sebagai contoh, Anda mempunyai seorang guru atau sahabat yang Anda kasihi, tetapi ia harus berpindah ke kota lain, mungkin karena tugas. Rumusnya adalah: Zi-Xu; Chou-Hai; Yin-Zi; Mao-Chou; Chen-Yin; Si-Mao; Wu-Chen; Wei-Si; Shen-Wu; You-Wei; Xu-Shen; Hai-You. Pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Wei (shio Kambing). Kendati demikian, terdapat rumus lain sebagai berikut: Zi-Yin; Chou-Mao; Yin-Chen; Mao-Si; Chen-Wu; Si-Wei; Wu-Shen; Wei-You; Shen-Xu; You-Hai; Xu-Zi; Hai-Chou. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Hai (shio Babi). Dengan demikian, terdapat dua versi di sini. Demi kelengkapan artikel ini, saya akan mencantumkan kedua-duanya. Disarankan agar tidak mengunjungi orang sakit atau meninggal. Sifat bintang: Buruk. 
.
22) Shifu (死符; arti harafiah adalah Bintang Jimat Kematian). Ini menandakan bahwa kesehatan orang tua perlu dijaga. Rumusnya adalah: Zi-Wei; Chou-Shen; Yin-You; Mao-Xu; Chen-Hai; Si-Zi; Wu-Chou; Wei-Yin; Shen-Mao; You-Chen; Xu-Si; Hai-Wu. Jadi pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Chen (shio Naga). Sementara itu, sumber lain mencantumkan rumus yang berbeda. Zi-Si; Chou-Wu; Yin-Wei; Mao-Shen; Chen-You; Si-Xu; Wu-Hai; Wei-Zi; Shen-Chou; You-Yin; Xu-Mao; Hai-Chen. Jadi pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Yin (shio Macan). Dengan demikian, terdapat dua versi di sini. Demi kelengkapan artikel ini, saya akan mencantumkan kedua-duanya. Sifat bintang: Buruk. 
.
23) Suipo (歲破; bisa diterjemahkan sebagai Bintang Pecah Tahun). Bintang ini melambangkan kehilangan atau kegagalan. Jadi banyak rencana tidak tercapai. Bisa menjadi boros atau membeli sesuatu yang tidak berguna. Dapat juga ditafsirkan akan mudah mengalami kerusakan pada rumah, perkakas, atau kendaraan yang dimiliki. Rumusnya adalah sebagai berikut: Zi-Wu; Chou-Wei; Yin-Shen; Mao-You; Chen-Xu; Si-Hai; Wu-Zi; Wei-Chou; Shen-Yin; You-Mao; Xu-Chen; Hai-Si. Jadi pada tahun 2017 (You atau Ayam), yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Mao (shio Kelinci). Sifat bintang: Buruk. 
.
24) Taishui (太歲; bisa diterjemahkan sebagai Bintang Penguasa Tahun Berlaku). Bintang ini melambangkan adanya permasalahan dan hambatan). Rumusnya sebagai berikut: Tahun Zi yang terkena adalah Zi; Chou-Chou; Yin-Yin; Mao-Mao; Chen-Chen; Si-Si; Wu-Wu; Wei-Wei; Shen-Shen; You-You; Xu-Xu; Hai-Hai. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi You (shio Ayam). Sifat bintang: Buruk.
.
25) Taiyang (太陽, harafiah berarti Matahari). Bintang ini sifatnya baik dan dapat memperoleh pertolongan dari orang-orang yang luhur budinya atau mempunyai kedudukan mulia. Rumusnya adalah: Zi-Hai; Chou-Zi; Yin-Chou; Mao-Yin; Chen-Mao; Si-Chen; Wu-Si; Wei-Wu; Shen-Wei; You-Shen; Xu-You; Hai-Xu. Pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Shen (shio Monyet). Kendati demikian, terdapat rumus lain yang berbeda: Zi-Chou; Chou-Yin; Yin-Mao; Mao-Chen; Chen-Si; Si-Wu; Wu-Wei; Wei-Shen; Shen-You; You-Xu; Xu-Hai; Hai-Zi. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Xu (shio Anjing). Dengan demikian, terdapat dua versi di sini. Demi kelengkapan artikel ini, saya akan mencantumkan kedua-duanya.Sifat bintang: Baik. 
.
26) Taiyin ( 太陰 , harafiah berarti Rembulan). Bintang ini sifatnya baik dan menandakan dapat memperoleh pertolongan dari kaum wanita. Namun ada yang mengatakan bahwa bintang ini mempunyai efek samping, bagi kaum pria dapat tergoda oleh wanita. Rumusnya adalah: Zi-You; Chou-Xu; Yin-Hai; Mao-Zi; Chen-Chou; Si-Yin; Wu-Mao; Wei-Chen; Shen-Si; You-Wu; Xu-Wei; Hai-Shen. Pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Wu (shio Kuda). Kendati demikian, terdapat rumus lain yang berbeda: Zi-Mao; Chou-Chen; Yin-Si; Mao-Wu; Chen-Wei; Si-Shen; Wu-You; Wei-Xu; Shen-Hai; You-Zi; Xu-Chou; Hai-Yin. Pada tahun 2017 (You atau ayam), yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Zi (shio Tikus). Dengan demikian, terdapat dua versi di sini. Demi kelengkapan artikel ini, saya akan mencantumkan kedua-duanya. Sifat bintang: Baik. 
.
27) Tiande (天德, harafiah berarti Bintang Kebajikan Langit). Bintang ini sifatnya baik dan dapat menambah kemujuran guna menangkal bintang-bintang buruk. Rumusnya adalah: Zi-Mao; Chou-Chen; Yin-Si; Mao-Wu; Chen-Wei; Si-Shen; Wu-You; Wei-Xu; Shen-Hai; You-Zi; Xu-Chou; Hai-Yin. Pada tahun 2017 (You atau ayam), yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Zi (shio Tikus). Sifat bintang: Baik. 
.
28) Tian-e (天厄, harafiah berarti Bintang Kesulitan Langit). Bintang ini dapat mengundang masalah yang ditimbulkan oleh makhluk-makhluk gaib atau energi-energi negatif. Oleh karenanya, disarankan agar tidak mengunjungi tempat-tempat angker. Bisa mudah mengalami masalah atau penyakit oleh penyebab yang tidak jelas. Rumusnya adalah sebagai berikut: Zi-Mao; Chou-Chen; Yin-Si; Mao-Wu; Chen-Wei; Si-Shen; Wu-You; Wei-Xu; Shen-Hai; You-Zi; Xu-Chou; Hai-Yin. Pada tahun 2017 (You atau Ayam), yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Zi (shio Tikus). Rumus versi lain adalah: Zi-Si, Chou-Wu, Yin-Wei, Mao-Shen, Chen-You, Si-Xu, Wu-Hai, Wei-Zi, Shen-Chou, You-Yin, Xu-Mao, Hai-Chen. Menurut versi ini, yang terkena pada tahun 2017 (You atau Ayam) adalah Cabang Bumi Yin (shio Harimau).Sifat bintang: Buruk.
.
29) Tiangou (天狗; bisa diterjemahkan sebagai Bintang Anjing Langit). Bintang ini melambangkan kemunduran dan kesia-siaan. Jadi Anda akan membuang sesuatu secara sia-sia atau menghabiskan sumber daya untuk sesuatu yang tidak berguna. Karier dan bisnis akan mengalami kemunduran. Pada tahun yang terkena bintang ini kemungkinan Anda akan ditipu orang lain, sehingga kehilangan banyak uang. Rumusnya adalah:Zi-Yin; Chou-Mao; Yin-Chen; Mao-Si; Chen-Wu; Si-Wei; Wu-Shen; Wei-You; Shen-Xu; You-Hai; Xu-Zi; Hai-Chou. Pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Hai (shio Babi). Kendati demikian, terdapat rumus lain yang berbeda: Zi-Xu; Chou-Hai; Yin-Zi: Mao-Chou; Chen-Yin; Si-Mao; Wu-Chen; Wei-Si; Shen-Wu, You-Wei; Xu-Shen; Hai-You. Pada tahun 2017 (Y0u atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Wei (shio Kambing). Dengan demikian, terdapat dua versi di sini. Demi kelengkapan artikel ini, saya akan mencantumkan kedua-duanya. Sifat bintang: Buruk. 
.
30) Tianjie (天解; secara harafiah berarti Bintang Pelerai Langit). Bintang ini dapat meredakan dan menghilang berbagai pengaruh buruk. Dengan demikian, meski Anda mendapatkan masalah, namun dapat terselesaikan dengan baik. Rumusnya adalah: Zi-Xu; Chou-You; Yin-Shen; Mao-Wei; Chen-Wu; Si-Si; Wu-Chen; Wei-Mao; Shen-Yin; You-Chou; Xu-Zi; Hai-Hai. Dengan demikian, pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Chou (shio Kerbau). Sifat bintang: Baik. 
.
31) Tiankong ( 天空 ; secara harafiah berarti Bintang Langit Kosong). Bintang ini menandakan ketidak-mampuan menabung. Jadi penghasilan yang diperoleh akan mudah habis atau mengalami kebocoran. Rumusnya adalah: Zi-Chou; Chou-Yin; Yin-Mao; Mao-Chen; Chen-Si; Si-Wu; Wu-Wei; Wei-Shen; Shen-You; You-Xu; Xu-Hai; Hai-Zi. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Xu (shio Anjing). Sifat bintang: Buruk. 
.
32) Tianku (天哭; secara harafiah berarti Bintang Tangisan Langit). Bintang ini menandakan adanya kesedihan, duka cita, kekhawatiran, dan ketakutan. Jadi dapat mempengaruhi perasaan Anda ke arah negatif. Rumusnya adalah: Zi-Wu; Chou-Si; Yin-Chen; Mao-Mao; Chen-Yin; Si-Chou; Wu-Zi; Wei-Hai; Shen-Xu; You-You; Xu-Shen; Hai-Wei. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi You (shio Ayam). Sifat bintang: Buruk. 
.
33) Tianxi ( 天喜; secara harafiah berarti Bintang Kebahagiaan Langit). Bintang ini menandakan kebahagiaan dalam hubungan jangka panjang. Jadi sangat menguntungkan bagi mereka yang belum menikah. Kendati demikian, bintang ini juga menguntungkan bagi suatu kerja sama jangka panjang. Rumusnya adalah Zi-You; Chou-Shen; Yin-Wei; Mao-Wu; Chen-Si; Si-Chen; Wu-Mao; Wei-Yin; Shen-Chou; You-Zi; Xu-Hai; Hai-Xu. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Zi (shio Tikus). Sifat bintang: Baik. 
.
34) Wugui (五鬼; bisa diterjemahkan sebagai Bintang Lima Setan). Bintang ini menandakan adanya orang-orang berniat jahat pada Anda. Kemungkinan karena iri hati mereka lalu merancang sesuatu yang kurang baik pada Anda. Juga bisa mengalami kerugian karena difitnah orang lain. Intinya adalah mengalami permasalahan karena faktor luar. Rumusnya adalah: Zi-Shen; Chou-You; Yin-Xu; Mao-Hai; Chen-Zi; Si-Chou; Wu-Yin; Wei-Mao; Shen-chen; You-Si; Xu-Wu; Hai-Wei. Pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Si (shio Ular). Kendati demikian, sumber lain mencantumkan rumus yang berbeda: Zi-Chen; Chou-Si; Yin-Wu; Mao-Wei; Chen-Shen; Si-You; Wu-Xu; Wei-Hai; Shen-Zi; You-Chou; Xu-Yin; Hai-Mao. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Chou (shio Kerbau). Dengan demikian, terdapat dua versi di sini. Demi kelengkapan artikel ini, saya akan mencantumkan kedua-duanya. Sifat bintang: Buruk. 
.
35) Xiaohao (小耗; arti harafiah: Bintang Kehilangan Kecil). Artinya mirip dengan Dahao, hanya saja nilainya lebih kecil. Rumusnya adalah: Zi-Si; Chou-Wu; Yin-Wei; Mao-Shen; Chen-You; Si-Xu; Wu-Hai; Wei-Zi; Shen-Chou; You-Yin; Xu-Mao; Hai-Chen. Pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Yin (shio Harimau). Sifat bintang: Buruk. 
.
36) Xueren (血刃; terjemahan harafiah Bintang Pisau Berdarah). Bintang ini menandakan adanya kecelakaan atau operasi; yakni sesuatu yang mengeluarkan darah. Namun, kita jangan mengartikan segala sesuatu terlalu harafiah, karena akan membuat kita merasa tidak nyaman. Bisa juga diartikan bahwa pembedahan itu berlaku pada rumah atau perbendaharaan kita. Pada salah satu kasus, orang yang terkena bintang ini diharuskan merenovasi rumahnya. Ini adalah semacam pembedahan atau operasi juga, namun dilakukan pada rumah. Rumusnya adalah: Zi-Xu; Chou-You; Yin-Shen; Mao-Chou; Chen-Wu; Si-Si; Wu-Chen; Wei-Mao; Shen-Yin; You-Chou; Xu-Zi; Hai-Hai. Pada tahun 2017 (You atau ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Chou (shio Kerbau). Sifat bintang: Buruk. 
.
37) Yuede (月德, arti harafiah adalah Bintang Kebajikan Rembulan). Ini adalah bintang baik yang dapat meningkatkan keberuntungan Anda. Rumusnya adalah: Zi-Wei; Chou-Shen; Yin-You; Mao-Xu; Chen-Hai; Si-Zi; Wu-Chou; Wei-Yin; Shen-Mao; You-Chen; Xu-Si; Hai-Wu. Pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Chen (shio Naga). Namun terdapat rumus lain yang berbeda: Zi-Si; Chou-Wu; Yin-Wei; Mao-Shen; Chen-You; Si-Xu; Wu-Hai; Wei-Zi; Shen-Chou; You-Yin; Xu-Mao; Hai-Chen. Pada tahun 2017 (You atau Ayam); yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Yin (shio Harimau). Dengan demikian, terdapat dua versi di sini. Demi kelengkapan artikel ini, saya akan mencantumkan kedua-duanya. Sifat bintang: Baik. 
.
38) Yuekong (月空, arti harafiah adalah Bintang Kekosongan Rembulan). Bintang ini mempunyai dua sisi, yakni jika nasib Anda buruk, maka ia dapat mengurangi keburukan tersebut; sebaliknya jika nasib Anda baik, maka ia dapat mengurangi keburukan tersebut. Rumusnya adalah: Zi-Wu; Chou-Wei; Yin-Shen; Mao-You; Chen-Xu; Si-Hai; Wu-Zi; Wei-Chou; Shen-Yin; You-Mao; Xu-Chen; Hai-Si. Pada tahun 2017 (You atau Ayam), yang terkena bintang ini adalah Cabang Bumi Mao (shio Kelinci). Sifat bintang: Netral. 
.
39) Zhibei (指背 dapat diterjemahkan sebagai Bintang Gosip). Anda berpeluang menjadi korban gosip, fitnah, dihina, atau direndahkan orang lain. Anda akan dijelek-jelekkan orang di belakang. Tidak muncul pada setiap tahun. Rumusnya adalah sebagai berikut: Tahun Zi yang terkena adalah Chen (Naga); Chou-You; Yin-tidak ada; Mao-tidak ada; Chen-Zi; Si-Si; Wu-Xu; Wei-Mao; Shen-Shen; You-tidak ada; Xu-Wu; Hai-Hai. Pada tahun 2017 (You atau ayam) dengan demikian bintang ini tidak muncul. Sifat bintang: Buruk. 
.
Sebenarnya masih terdapat bintang-bintang lainnya. Namun pada artikel ini dicukupkan terlebih dahulu pada bintang-bintang di atas. Dengan berpedoman pada artikel ini, Anda sudah dapat memprediksikan nasib tahunan berdasarkan shio Anda, tidak hanya bagi tahun 2017 saja, melainkan seluruh tahun selanjutnya.
.
Artikel menarik lainnya mengenai ramalan, Astrologi, Fengshui, Bazi, Ziweidoushu, dan lain-lain silakan kunjungi: https://www.facebook.com/groups/339499392807581/ . . . . 





PERHATIAN: Sebagai tambahan, saya tidak memberikan analisa atau konsultasi gratis. Saya sering menerima email atau message yang meminta analisa gratis. Ini adalah sesuatu yang sia-sia dan juga sangat mengganggu saya. Jika ingin berkonsultasi atau saya analisa, maka itu berbayar. Oleh karenanya, jika Anda ingin analisa atau konsultasi gratis maka mohon agar tidak menghubungi saya. Demikian harap maklum.